Cerita Pedagang Makanan di BSD, Level PPKM Turun Pembeli Ramai Lagi

Ilustrasi nongkrong di kafe/kedai kopi.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA – Pemerintah telah menurunkan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah daerah, termasuk di Jakarta. Level PPKM di Jakarta yang sebelumnya bertengger di level 4, kini berada di level 3, yang artinya ada beberapa pelonggaran untuk aktivitas masyarakat.

UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi Pemudik di Pekalongan

Tentu penurunan level PPKM ini menjadi kabar baik untuk pelaku usaha kuliner di Jakarta, apalagi bagi mereka yang memiliki kedai, karena pemerintah telah memperbolehkan masyarakat makan di tempat, meskipun ada syarat yang harus dijalani. 

Syarat tersebut, di antaranya warung makan pedagang kaki lima, lapak jajanan, dan sejenisnya diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 21.00 waktu setempat, dengan maksimal pengunjung makan 50 persen dari kapasitas, dan waktu makan maksimal 60 menit.

Fakta-fakta Menarik tentang Pakistan, Negara dengan Jumlah Muslim Terbesar di Dunia

Sambutan baik atas pelonggaran di tempat makan disampaikan oleh salah satu pelaku kuliner, Desidera Anindita. Pemilik Kembang Pao yang berdiri tahun 2015 ini, mengaku sejak PPKM turun level pada 24 Agustus 2021 lalu, sudah banyak pengunjung yang datang ke kedainya, baik untuk dibawa pulang maupun makan di tempat.

Meski sudah banyak didatangi pengunjung, Desi tetap menerapkan aturan protokol kesehatan yang diberlakukan pemerintah, seperti pembatasan kapasitas pengunjung dan memberi jarak pengunjung untuk makan di tempat.

Membanggakan! 5 Makanan dan Minuman Indonesia Sukses Pikat Hati UNESCO, Terbaru Ada Jamu

“Kami mengurangi seating jadi hanya 35 persen saja, mengharuskan menggunakan masker untuk para pelanggan dan karyawan kami, menyediakan hand sanitizer dan wastafel dengan sabun untuk mencuci tangan dengan air mengalir untuk para pelanggan yang baru saja belanja di pasar dan ingin menikmati makanan dan minuman di Kembang Pao,” kata Desi ini, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.

Karena telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat, Desi memastikan kenyamanan dan keamanan pelanggan yang datang ke Kembang Pao yang berlokasi di Pasar Modern Timur, Ruko Baru, BSD City Sektor 1.1, Blok B no. 10, Serpong, Tangerang.

Kemudian, Desi juga tetap mengandalkan penjualan online. Pasalnya penjualan online sangat membantu usahanya untuk meningkatkan omset di tengah pandemi. Menu makanan yang dijual lewat online dipasarkan melalui media sosial (Instagram @kembang_pao) dan marketplace.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya