Resep Kue Jahe & Deretan Manfaatnya bagi Tubuh

Kue jahe
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Resep kue jahe atau gingerbread merupakan salah satu kudapan yang identik dengan momen perayaan Natal. Kue ini mempunyai ciri khas yang manis, gurih, dan teksturnya renyah.

5 Cara Masukkan Lemon ke Dalam Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

Pada mulanya, kue jahe ini mempunyai berbagai versi dan cerita, karena berasal dari berbagai belahan dunia seperti Prancis, Jerman, Belanda, dan Inggris. Lalu, bagaimanakah resep kue jahe?

Sejarah Kue Jahe
Sejarah menyebutkan bahwa kue jahe ini diperkenalkan oleh salah seorang prajurit Eropa yang tengah bertugas di Kawasan tersebut. Sampai akhirnya terkenal dan menjadi kudapan lezat di acara-acara spesial.

5 Manfaat Puasa untuk Penderita Diabetes, Pengelolaan Gula Darah yang Efektif

Sedangkan untuk versi cerita dari Inggris, kue jahe terkenal pada masa pemerintahan Ratu Elizabeth I yang kerap menghidangkan kue jahe untuk para tamu istana.

Terdahulu, bentuk kue jahe mirip tanaman atau hewan. Tapi, seiring berjalannya waktu, kue ini dikreasikan sampai berbentuk seperi orang atau gingerbread man cookie.

Rahasia Cantik Alami: Ini Manfaat Luar Biasa Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Kecantikan

Namun, ada juga yang melukiskan bentuk kue jahe ini dengan bentuk rumah yang terdapat dalam dongeng Hansel and Gretel ketika mereka menyantap gingerbread house saat kelaparan.

Terlepas dari berbagai bentuk kue jahe, bahan yang dipakai pun masih sama. Hanya saja, kamu bisa memakai bahan tertentu yang disesuaikan dengan selera.

Resep Kue Jahe

Bahan-bahan:

  • 3 cup terigu
  • 2 sendok teh kayu manis bubuk
  • 1 butir telur
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh baking soda
  • 1 sendok teh jahe bubuk
  • ¾ cup butter atau margarin yang sudah dilelehkan
  • ¾ gula pasir
  • ½ cup gula tebu
  • ½ cup air

Bahan pelengkap:

  • 2 putih telur
  • 2 cup gula tepung
  • 1 sendok makan madu
  • Pewarna makanan
  • Trimit sprinkle warna-warni

Cara membuat:

  1. Langkah pertama, campurkan seluruh bahan-bahan dalam satu wadah. Lalu, aduk sampai merata menggunakan mixer pengaduk.
  2. Bila sudah tercampur, tutup adonan dengan memakai plastik wrap dan diamkan ke dalam kulkas selama 4 jam atau semalaman.
  3. Setelah disimpan, rolling adonan sampai pipih dan siap dicetak memakai cetakan atau cookie cutter sesuai dengan selera.
  4. Kemudian siapkan loyang, dan lapisi dengan memakai kertas roti. Setelah itu, susun semua adona yang telah di cetak ke dalam loyang.
  5. Panggang dalam oven yang bersuhu 180 derajat kurang lebih 7 menit atau sampai matang. Jika masih empuk, biarkan sampai mengeras.
  6. Bila sudah mengeras, hiasi dengan aneka topping sesuai selera. Untuk hiasannya, campurkan semua bahan pelengkap dan bagi menjadi 4 bagian dengan warna yang berbeda.
  7. Masukkan adonan hiasan ke dalam plastik piping kemudian potong dan mulai hiasi kue jahe tersebut. Lalu, sajikan untuk disantap bersama keluarga.

Manfaat kue jahe:

Mengatasi mual
Setelah kita mengetahui sejarah dan resep kue jahe, selanjutnya kita akan mengetahui mengenai manfaat kue jahe pertama yaitu untuk mengatasi mual. Jahe sering dipakai untuk melawan rasa mual dan muntah. Nah, untuk kamu ibu hamil yang sering merasakan morning sickness, konsumsi kue jahe untuk meredakan gejala tersebut.

Membantu menurunkan berat badan
Berdasarkan salah satu penelitian tahun 2019, menjelaskan bahwa dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung jahe bisa mengurangi berat badan secara signifikan. Suplemen jahe ditemukan bisa pangkas berat badan rasio pinggang dan pinggul pada orang dengan obesitas.

Menurunkan kadar kolesterol
Kadar kolesterol yang tinggi kerap dihubungkan dengan risiko penyakit jantung. Dengan mengonsumsi 3 gram bubuk jahe dalam bentuk kapsul akan mengalami penurunan kadar kolesteron sebesar 10 persen dalam waktu 45 hari menurut salah satu penelitian.

Antioksidan kuat
Jahe sudah lama dipakai sebagai bahan alami dan obat-obatan tradisional. Jahe mempunyai aroma dan rasa yang unik karena berasal dari minyak gingerolnya. Gingerol merupakan senyawa utama yang ada di dalam jahe dan memiliki manfaat sebagai antiinflamasi dan antioksidan yang sangat kuat.

Mengatasi osteoarthritis
Osteoarthritis merupakan salah satu kondisi degenerasi sendi dalam tubuh. osteoarthritis bisa menyebabkan gejala nyeri sendi atau kekakuan. Maka dengan mengonsumsi jahe, akan mengalami pengurangan rasa sakit akibat osteoarthritis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya