Cerita Emily Young Ryu, Bertahan Lewat Musik Hingga Jual Baju

Emily Young Ryu
Sumber :
  • Ist

VIVA – Nama Emily Young Ryu sempat akrab di telinga masyarakat Indonesia. Ia merupakan jebolan ajang kontes menyanyi pada 2018. Sejak kecil, Emily Young memang memimpikan jadi seorang selebriti.

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

"Waktu kecil aku tinggal di kampung di Palembang dan mimpi jadi selebriti. Baru terbuka mimpi itu lewat Indonesian Idol," ujar Emily Young saat ditemui baru-baru ini.

Mimpi tersebut mulai terbuka. Banyak tawan menyanyi setelah Emily Young lulus dari ajang tersebut. Ia merasakan bagaimana dibayar Rp100 ribu hingga puluhan juta dalam sekali manggung.

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

Sayangnya, hal itu hanya bertahan dua tahun setelahnya. Ia merasa kariernya dalam industri musik mulai meredup. Emilu Young coba bertahan hidup.

"Saya harus tetap bertahan di Jakarta. Saya kerja dan apapun saya lakukan supaya survive," ucapnya.

Konser Band All Time Low Siap Digelar, Supermusic Janjikan Hal Ini

Ia coba berdagang pakaian. Saat itu, Emily Young hanya mengambil untung Rp10 ribu dari satu baju yang berhasil dijualnya. Kala itu, ia merasa sedang berada di titik terbawahnya.

"Saya sempat mengalami fase benar-benar terjatuh," katanya.

Kisah Emily Young berlanjut setelah menikah dan memiliki anak. Ia bercerai dari sang suami dan harus membesarkan anak seorang diri. Emily masih coba bertahan hingga pandemi menerjang.

"Saya jualan apa aja, ya durian sampai baju dan obat diet, sampai akhirnya datang pandemi," katanya.

Kini, Emily young Ryu memberanikan diri dengan membuka Milovlac. Bisnis tersebut diambil dari kata Mil yang merupakan Emily dan Love yang berarti cinta. Sementara Lav dari kata live.

Di tenpat itu, Emily menjual handbody lotion dan berbagai busana. Beruntung, bisnis yang dijalani Emily Young Ryu tetap stabil meski pandemi belum selesai.

Ia juga mendapat dukungan dari teman sekitarnya. Emily sengaja hanya mengundang teman-teman dekat seperti Koko Jackson dan pakar branding Soegimitro.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya