Bukan Indonesia, Ini 10 Negara Terbesar di Dunia

St. Basil's Cathedral, Moscow
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Negara terbesar di dunia harus diketahui oleh seluruh manusia yang ada di bumi dan sebagai pengetahuan umum. Selain itu, di dunia sendiri terdapat sekitar 200 negara dengan luas wilayah yang sangat beragam.

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

Luas wilayah merupakan luas daratan dan juga luas perairan yang termasuk sungai, danau, teluk dan lain sebagainya. Dari lima benua yang ada di dunia, terdapat beberapa negara yang tercatat mempunyai luas wilayah sampai jutaan dan bahkan sampai belasan juta km persegi.

10 negara terbesar di dunia ini mencakup hampir 50% dari total keseluruhan daratan yang ada di dunia, sekitar 149 km persegi. Nah, untuk lebih paham mengenai negara terbesar di dunia, simak ulasan berikut yang disadur dari worldatlas.com.

10 Negara Bagian Amerika Serikat dengan Standar Hidup Terburuk, Berjuang Melawan Kemiskinan

Lalu, Apa Saja Negara Terbesar di Dunia?
Rusia: 17.098.242 Km Persegi

Foto anjing di Rusia yang bulunya disebut berubah warna

Photo :
  • Twitter The Sun
Pertama Kali, Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Pengebom Rusia

Rusia memiliki luas 17,1 juta kilometer persegi dan dengan mudah menjadikannya sebagai negara terbesar di dunia berdasarkan wilayah. Faktanya, jika Rusia dipotong 7 juta kilometer persegi, Rusia masih akan menjadi yang terbesar dan bagian yang dipotong akan menempati peringkat ketujuh secara keseluruhan.

Seperti China, Rusia negara lintas benua yang membentang dari Asia hingga Eropa, berbatasan dengan 16 negara. Rusia juga memiliki 9 zona waktu yang berbeda. Meskipun menjadi negara terbesar di dunia, Rusia sangat jarang penduduknya dan hanya menampung sekitar 2% dari populasi dunia.

Asal muasal Rusia dapat ditelusuri ke Rus Kievan pada abad ke-9 yang berkembang di bawah pemerintahan kepala suku Viking Rurik. Perluasan wilayah lainnya terjadi pada akhir abad ke-16 selama pemerintahan Ivan the Terrible, kaisar resmi pertama Rusia.

Pada awal abad ke-18, Rusia menjadi kekaisaran terbesar ketiga di dunia dan merupakan bagian terbesar dari Uni Soviet ketika yang terakhir didirikan. Pada tanggal 25 Desember 1991, Federasi Rusia atau yang kita kenal sekarang lahir dengan runtuhnya Uni Soviet.

Kanada - 9.984.670 Km Persegi

kereta gantung gondola, kanada

Photo :
  • U-Report

Luas Kanada 9,984 juta kilometer persegi menjadikannya negara terbesar di dunia yang terletak di belahan bumi barat dan di Amerika Utara. Namun, hal yang menarik untuk dicatat adalah bahwa 9% dari permukaan negara ditempati oleh danau. Negara ini menampung sekitar 50% danau alami dunia.

 Jika area perairan danau dibiarkan, Kanada akan lebih kecil dari AS berdasarkan ukuran daratan saja. Kanada juga memiliki garis pantai terpanjang di dunia dengan panjang 202.080 kilometer. Hal ini karena berbatasan dengan tiga samudera, yaitu Atlantik di timur, Arktik di utara, dan Pasifik di barat.

Di selatan, negara ini berbatasan dengan Amerika Serikat sepanjang hampir 9.000 kilometer menjadikannya perbatasan darat terpanjang di dunia. Seperti Rusia, Kanada juga memiliki populasi yang relatif kecil dibandingkan dengan ukuran dengan sebagian besar terkonsentrasi dalam jarak 100 km dari perbatasan Kanada-AS.

Amerika Serikat - 9.833.517 Km Persegi

California Selatan, Los Angeles, AS

Photo :
  • KJRI Los Angeles

Amerika Serikat menempati urutan ketiga dalam negara terluas di dunia dengan luas total 9,83 juta kilometer persegi. Negara bagian dan District of Columbia yang bersebelahan merupakan 83,65% dari total luas negara. Sisanya milik Alaska, Hawaii, dan wilayah AS yang terpencil. Negara ini berbagi perbatasan darat dengan hanya dua negara, Kanada di utara dan Meksiko di selatan.

Dengan garis pantai sepanjang 19.924 km, negara ini menempati urutan ke-8 di dunia dalam hal panjang garis pantai. Dalam hal populasi, AS kembali menempati urutan ketiga di antara negara-negara di dunia tetapi populasinya jauh lebih rendah daripada China dan India yang keduanya memiliki populasi lebih dari satu miliar. AS memiliki perkiraan populasi lebih dari 330 juta.

Republik Rakyat Tiongkok - 9.596.960 Km Persegi

Lift tertinggi di Tiongkok.

Photo :
  • U-Report

China adalah negara Asia terbesar kedua setelah Rusia dengan luas total 9,59 juta km persegi. Cina menempati peringkat sebagai negara terbesar keempat di dunia. Ini adalah negara terbesar di Asia yang terletak seluruhnya di benua itu saat Rusia meluas ke Eropa.

Cina berbatasan dengan 14 negara. Dengan luas daratan saja, ia berada di tempat kedua. Namun, penentuan ukuran yang tepat dari Cina adalah bahan perdebatan besar sebagai negara mengklaim banyak wilayah yang ditantang oleh sengketa perbatasan seperti Taiwan, Tibet Selatan, dan lain-lain.

Namun, tidak seperti Rusia dan Kanada, China juga menempati peringkat tinggi dalam skala populasi. Faktanya, ini adalah negara terpadat di dunia dengan lebih dari 1,4 miliar orang. Populasi tersebar tidak merata di wilayahnya yang luas.

Brasil - 8.515.770 Km Persegi

Patung Kristus Penebus di Rio de Janeiro, Brasil

Photo :
  • VIVAbola/Edwan Ruriansyah

Dengan 8.515.767 km persegi, Brasil menempati urutan kelima dalam negara terbesar di dunia dan merupakan negara terbesar di Amerika Selatan berdasarkan ukuran. Brasil menempati 47,3% dari luas daratan benua. Negara ini memiliki garis pantai sepanjang 7.491 kilometer.

Brasil berbatasan dengan semua negara Amerika Selatan lainnya kecuali Chili dan Ekuador serta memiliki empat zona waktu. Brasil juga merupakan negara terpanjang di dunia yang terbentang sepanjang 4.395 kilometer dari utara ke selatan. Baik Khatulistiwa dan Tropic of Capricorn berjalan melalui Brasil, satu-satunya negara di mana ini terjadi.

Australia - 7.741.220 Km Persegi

Sydney, Australia.

Photo :
  • Pixabay

Dengan 7,74 juta km persegi, negara Australia adalah negara terbesar keenam di dunia berdasarkan ukuran. Perbedaan sekitar 4,4 juta kilometer persegi antara Australia dan India mewakili perbedaan ukuran terbesar kedua antara negara-negara yang menempati peringkat 10 besar secara berurutan. Australia lebih dari dua kali ukuran India.

Australia adalah negara terbesar di Oseania sejauh ini. Secara teknis sangat besar bahkan tidak memenuhi syarat sebagai pulau tetapi sebagai daratan kontinental. Sebagian besar penduduknya tinggal di pesisir kota-kota seperti Sydney di timur dan Perth di barat, karena pedalaman Australia adalah salah satu daerah terkering dan terpanas di dunia.

India - 3.287.263 Km Persegi

Biara Buddha di negara bagian Sikkem, India

Photo :
  • Sumber BBC

Negara terbesar ketujuh di dunia, India, terletak di Asia Selatan dengan luas 3,28 juta kilometer persegi. Negara ini memiliki perbatasan darat sepanjang 15.000 kilometer dan garis pantai sepanjang 7.516,6 kilometer. India berbagi perbatasan darat dengan tujuh negara.

Meskipun masuk pada urutan ketujuh dalam negara terbesar di dunia, India menempati urutan kedua dalam daftar negara terpadat di dunia. India memiliki populasi lebih dari 1,3 miliar dan diperkirakan India akan melampaui China untuk menjadi peringkat nomor satu dalam populasi pada tahun 2027.

Argentina: 2.780.400 Km Persegi

Kapten Timnas Argentina, Lionel Messi.

Photo :
  • Football Reporting

Argentina dari Amerika Selatan, negara terpadat ke-32 di dunia, adalah negara terbesar kedelapan di dunia, dan negara berbahasa Spanyol terbesar di dunia berdasarkan wilayah. Argentina juga berbatasan dengan lima negara lain. 2,78 juta kilometer perseginya mencakup beberapa geografi dan iklim paling bervariasi di dunia.

Kazakstan - 2.724.900 Km Persegi

Warga Kazakstan dan burung rajawali.

Photo :
  • U-Report

Negara lintas benua Kazakhstan meliputi area seluas 2,72 juta kilometer persegi di Asia Tengah dan Eropa Timur. Dahulu bagian dari Uni Soviet, negara terbesar di dunia selama sebagian besar abad ke-20, klaim ketenaran utama Kazakhstan saat ini adalah statusnya sebagai negara terkurung daratan terbesar di dunia dan satu-satunya negara terkurung daratan di 10 besar. Kazakhstan setara dalam ukuran ke Eropa Barat dan berbatasan dengan lima negara.

Aljazair - 2.381.741 Km Persegi

Kondisi wajah patung di Aljazair setelah seorang pria mencoba menghancurkannya.

Photo :
  • Al Arabiya

Satu-satunya negara Afrika dalam daftar 10 negara terbesar di dunia ini, Aljazair menempati urutan nomor 10 dengan luas 2,38 kilometer persegi di wilayah Maghreb Afrika Utara. Berbatasan dengan enam negara dan wilayah Sahara Barat yang disengketakan. Bagian selatan negara itu sebagian besar ditempati oleh Gurun Sahara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya