Cerita Abdul Gafur, Videografer Indonesia Garap Project Internasional

Abdul Gafur
Abdul Gafur
Sumber :
  • IG @russell_bumak

VIVA – Menjadi ahli videographer yang mampu menembus dunia internasional jadi dambaan banyak anak muda Indonesia. Hal ini yang dialami oleh Abdul Gafur. 

Ia merupakan seorang pria yang mempunyai tiga gelar akademis. Lulus dengan tiga gelar Advanced Diplomanya yang berbeda, Abdul Gafur berhasil menaklukan dunia internasional dengan kemampuan videografinya.

Berbagai project internasional berhasil ia garap, salah satunya Miss Earth Australia. Abdul atau biasa disapa Russell Bumak memulai perjalanan dari Universitas Negeri Makasar. Kala itu ia menjabat sebagai Kepala Sekretariat Badan Eksekutif Mahasiswa.

“Mungkin, begitu mendengar kata Russell, Anda akan berpikir itu nama panggilan yang keren. Tapi sebenarnya, Russell ini merupakan plesetan dari kata rusak seluruhnya,” ujarnya saat dihubungi baru-baru ini. 

Setelah tamat dari  UNM pada 2012, ia bertekad untuk kuliah di luar negeri, salah satunya Australia. Ia mulai mencari berbagai cara. Akhirnya berhasil lolos di The Sydney Business and Travel Academy and The Sydney English Language Academy pada 2013 lalu.

Perjuangan Abdul di negeri seberang berhasil dengan apik. Ia meraih 4 gelar Advanced Diploma di jurusan yang berbeda, yakni Advanced Diploma Hospitality SBTA Sydney, Advanced Diploma of Business MEGA Sydney, Advanced Diploma of Tourism MEGA Sydney, Diploma Hospitality Evolution Sydney.

Selama di Sydney, Abdul tidak punya cukup uang. Ia harus bekerja paruh waktu di sebuah hotel, menjadi petugas kebersihan, hingga pengantar makanan.