Cerita Abdul Gafur, Videografer Indonesia Garap Project Internasional

Abdul Gafur
Sumber :
  • IG @russell_bumak

VIVA – Menjadi ahli videographer yang mampu menembus dunia internasional jadi dambaan banyak anak muda Indonesia. Hal ini yang dialami oleh Abdul Gafur. 

Epson Undang Fotografer se-Asia Tenggara

Ia merupakan seorang pria yang mempunyai tiga gelar akademis. Lulus dengan tiga gelar Advanced Diplomanya yang berbeda, Abdul Gafur berhasil menaklukan dunia internasional dengan kemampuan videografinya.

Berbagai project internasional berhasil ia garap, salah satunya Miss Earth Australia. Abdul atau biasa disapa Russell Bumak memulai perjalanan dari Universitas Negeri Makasar. Kala itu ia menjabat sebagai Kepala Sekretariat Badan Eksekutif Mahasiswa.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

“Mungkin, begitu mendengar kata Russell, Anda akan berpikir itu nama panggilan yang keren. Tapi sebenarnya, Russell ini merupakan plesetan dari kata rusak seluruhnya,” ujarnya saat dihubungi baru-baru ini. 

Setelah tamat dari  UNM pada 2012, ia bertekad untuk kuliah di luar negeri, salah satunya Australia. Ia mulai mencari berbagai cara. Akhirnya berhasil lolos di The Sydney Business and Travel Academy and The Sydney English Language Academy pada 2013 lalu.

Kisah 2 Pemuda Mualaf yang Bikin Geger, Orang Sekampungnya Auto Masuk Islam

Perjuangan Abdul di negeri seberang berhasil dengan apik. Ia meraih 4 gelar Advanced Diploma di jurusan yang berbeda, yakni Advanced Diploma Hospitality SBTA Sydney, Advanced Diploma of Business MEGA Sydney, Advanced Diploma of Tourism MEGA Sydney, Diploma Hospitality Evolution Sydney.

Selama di Sydney, Abdul tidak punya cukup uang. Ia harus bekerja paruh waktu di sebuah hotel, menjadi petugas kebersihan, hingga pengantar makanan.

“Anehnya, saat-saat tersibuk itulah saya menemukan passion saya, yaitu menjadi videographer,” kata Abdul.

Demi mendalami passion-nya tersebut, Abdul pun mengikuti teater dan film berjudul Menunggu Godog dan juga beberapa pementasan lainnya. Pada 2013, Abdul pernah tampil di teater Solo juga menjadi juara aktor monolog di Makassar.

Perpaduan dunia peran, bahasa, dan komposisi warna pada dunia videografi membuatnya peka terhadap estetika. Hasilnya, ia dipanggil ke berbagai proyek internasional, salah satunya menjadi videografer Miss Earth Australia.

“Aku memang tipikal orang yang suka menantang diri sendiri dan tidak pernah ragu untuk mencoba berbagai hal. Gagal nggak masalah, yang penting aku sudah berani ambil risiko,” katanya.

Dengan kegigihannya tersebut, ia melatih diri untuk tetap fokus menyelesaikan setiap tugas satu persatu. Meski dalam perjalannya Abdul harus pusing dengan biaya kuliah yang tinggi sampai pernah ditipu temannya, ia tetap berusaha agar terus berkembang dan baik ke siapapun.

Kini, Abdul Gafur yang masih berada di Sydney, sedang sibuk menggarap web series bersama sejumlah selebgram Indonesia sebagai executive producer. Ia pun mengikuti kegiatan sosial dengan bersama Ketua Mualaf Center Indonesia, Koh Steven.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya