Inspiratif, Perjuangan Ade Hilwan Berhasil Dirikan Produk Kosmetik

Ade Hilwan
Sumber :
  • Ist

VIVA – Nama Ade Hilwan dikenal sebagai salah satu pemilik perusahaan yang bergerak di bidang kosmetik. Namun, ia punya kisah inspiratif yang tidak mudah menyerah sebelum tiba di perjalanan hoidupnya saat ini.

Deretan Kisah Mistis yang Terjadi dalam Perang Dunia

Pria yang lahir di Kampung Geres, Lombok Timur, ini harus tumbuh tanpa sang ibu di sampingnya. Sang ibu memutuskan untuk mencari rezeki di tempat yang jauh. Sementara ayahnya pergi meninggalkan ibunya sejak Ade berada dalam kandungan, hingga saat ini tak diketahui keberadaanya.

Sejak ditinggal ibunya, Ade Hilwan dirawat oleh dua bibi yang sudah dianggap sebagai ibu kandung. Mereka yang memperjuangkan Ade Hilwan agar mendapat pendidikan yang layak.

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

"Saya harus tetap sekolah bagaimanapun caranya. Entah dengan utang, dan yang paling menyedihkan harus menjual satu-satunya tanah warisan dari almarhumah nenek. Saya juga mendapat dukungan dari almarhum paman yang saya panggil Bapak. Dengan gaji kecil sebagai PNS ia membiayai sekolah saya," kata Ade saat dihubungi melalui telepon baru-baru ini.

"Sampai sekarang saya terngiang kata-kata almarhum Bapak Buhari beberapa hari sebelum meninggal. Beliau menitip pesan ke ibu saya, 'Sekolahkan anak ini, kelak dialah yang akan mengangkat keluarga kita'," katanya lagi. 

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

Ketika sekolah di SMAN 1 Selong, Ade Hilwan harus tinggal terpisah dengan keluarganya. Jarak rumah ke sekolahnya sangat jauh. Suatu ketika, saat pulang kampung, Ade mendapati ibunya kembali dari perantauan.

Ia merasakan kebahagiaan luar biasa ketika memeluk ibunya yang bahkan wajahnya hampir ia lupakan. Saat ibunya kembali, pria bernama lengkap Hilwan Aprisardi itu merasa hidupnya sudah lengkap. Sebab, ia kini memiliki ayah baru yang selalu menjaga ibunya dan berharap terus bertanggung jawab pada ibunya.

Singkat cerita, pada tahun 2010 Ade Hilwan mulai meneruskan pendidikan di bangku kuliah dengan mengejar beasiswa di Universitas Mataram. Meski sudah mendapatkan beasiswa, ia tetap harus kuliah sambil bekerja yang berdampak pada kuliah yang butug 6 tahun untuk selesai.

Selama kuliah, Ade Hilwan memuaskan rasa penasaran tentang bagaimana cara mencari uang lewat internet. Ia banyak menghabiskan waktu dan rela memakai uang jajan untuk terus menggali rasa penasarannya.

Ketika sudah menemukan caranya, lantas ia memohon kepada ibunya untuk dibelikan laptop. Ia tak menyangka rupanya ibunya menyanggupi permintaan itu. Padahal ia tahu ibunya tak memiliki uang untuk membeli barang mewah tersebut.

"Saya minta dibelikan laptop saat semester 4 kuliah. Tentu ibu saya kaget, tapi yang sangat luar biasa dari ibu saya adalah rasa pengertian. Saya dibelikan laptop tanpa saya tahu uangnya dari mana. Belakangan saya tahu uang itu hasil pinjam dari rentenir. Menyedihkan," tuturnya.

Pria berusia 29 tahun itu tak mau menyia-nyiakan pengorbanan sang ibu. Lantas dengan laptop itu, Ade Hilwan memulai mencari rupiah lewat PTC, Bitcoin hingga menjadi publisher aplikasi Android. Sebagai seorang yang memiliki sifat royal dan loyal, Ade Hilman tak lupa berbagi rezeki pada teman-teman kosan yang senasib sepenanggungan.

"Pengalaman saat kuliah adalah awal dari semua bisnis yang sekarang saya jalani. Sebuah kos-kosan kumuh bernama Kos Zebra, mempertemukan saya dengan teman-teman yang kini menjadi mitra bisnis saya," katanya.

Nama dari kosan tersebut dijadikannya sebagai cikal bakal terciptanya sebuah induk bisnis bernama Zebra Team yang sekarang mempunyai dua anak perusahaan yakni PT Rinjani Royal Cosmetinco (@aderacosmetic) berlokasi di Lombok dan CV Sigerindo Jaya Media yang ada di Lampung.

Brand miliknya yang diberi nama Adera Cosmetic mengeluarkan produk skincare hingga kosmetik dengan berbagai varian, mulai dari krim kecantikan, sabun collagen, serum, dan masih banyak lagi. Selain Adera Cosmetic, perusahaan Ade juga memiliki beberapa brand kosmetik lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya