Berbagai Keutamaan Surat An Nas, Salah Satunya Cegah Ain

Ilustrasi berdoa.
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Mengamalkan surat Alquran memberikan banyak fadilah untuk kehidupan. Salah satunya adalah surat An Nas. Meski hanya terdiri dari 6 ayat, keutamaan surat An Nas sangatlah banyak.

Pinjam Uang di Bank Syariah Apakah Riba? Ini Penjelasan Buya Yahya

Surat An Nas termasuk dalam golongan surat Makiyyah atau surat yang diturunkan di Kota Mekkah. Dalam Alquran, surat ini adalah surat terakhir atau penutup. Sebab, An Nas menjadi surat ke-114, turun sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah.

An Nas artinya adalah manusia. Surat ini turun sesudah Al Falaq dan sebelum surat Al Ikhlas. Sebab turunnya ayat surat ini pun dijelaskan ketika Rasululllah hampir dicederai oleh Kafir Quraisy Makkah dengan ain.

Viral Seorang Pria Jadi Mualaf Setelah Lakukan Hal Unik Ini di Masjid

Lalu, Allah SWT menurunkan dan mengajarkan pada beliau surat Al Falaq dan An Nas untuk menangkalnya. Inilah salah satu pendapat yang menguatkan bahwa kedua suart ini termasuk Makkiyah.

Berdasarkan 'Tafsir Al Mishbah jilid 15' karya Prof Dr M Quraish Shihab, surat An Nas berisi mengenai permohonan dan perlindungan pada Allah SWT.

Terpopuler: Pembakar Alquran Dikabarkan Tewas, Wanita Mualaf Meninggal hingga Pakistan Geser RI

Memohon perlindungan dari kejahatan diri sendiri

Nabi saw. bersabda, "Allah telah menurukan kepadaku ayat-ayat yang tidak ada bandaingannya; Qul A 'uudzu bi Rabbian-Nas dan Qul A 'uudzubi Rabbal-Falaq (dst)." (HR. Muslim dan at-Tirmidzi melalui 'Uqbah Ibn 'Amir al-Juhani).

Hal yang dimaksudkan dengan tak ada bandingannya tersebut adalah doa dalam memohonkan perlindungan. Dalam surat An Nas, ayatnya dimulai dengan memohonkan erlindungan dari kejahatan dari dalam diri sendiri. Boleh jadi, godaan dan hal yang bersifat kejahatan datang dari manusia itu sendiri.

Baca lebih lengkap keutamaan surat An Nas lainnya lewat tautan berikut ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya