Mengenal 13 Istri Nabi Muhammad SAW dengan Perannya Masing-Masing

Ilustrasi Rasulullah.
Ilustrasi Rasulullah.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Istri Nabi Muhammad SAW yang kita ketahui hanyalah beberapa orang saja dan jarang mengetahui seluruh nama-namanya. Dalam sebuah Sirah Nabawiyah menyebutkan bahwa keseluruhan istri dari Nabi Muhammad SAW berjumlah 13 orang.

Abdul Hasan ‘Ali al-Hasan an-Nadwi di dalam sebuah Sirah Nabawiyah menyebutkan bahwa tidak ada perbedaan pendapat bahwa Nabi Muhammad SAW meninggal dengan meninggal 9 istri. Sang Penghulu Rasul tersebut juga meninggal 2 orang istri lain dari budak yang dimerdekakannya.

Keduanya bernama Mariyah binti Syam’un dan Raihanah binti Zid. Selain itu, Kedua istri-Nya meninggal pada saat Nabi Muhammad masih hidup. Mereka bernama Siti Khadijah binti Khuwailid dan Zainab binti Khuzaimah. Nah, berikut ulasan mengenai istri Nabi Muhammad SAW yang disadur dari berbagai sumber.

Lalu, Siapa Saja Istri Nabi Muhammad SAW?

Khadijah binti Khuwailid

Kaligrafi Nabi Muhammad SAW.

Kaligrafi Nabi Muhammad SAW.

Photo :
  • U-Report

Istri pertama dari Nabi Muhammad SAW merupakan seorang perempuan yang berasal dari bangsa Quraisy. Sebelum menikah dengan Nabi Muhammad, Khadijah sempat menikah sebanyak dua kali dan menjanda. Kedua suami Khadijah terdahulu bernama Abi Haleh Al Tamimy dan Oteaq Almakzomy.