4 Cara Agar Tetap Semangat Jalankan Ibadah Sholat

Ilustrasi sujud/sholat.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA – Sholat lima waktu adalah ibadah yang wajib dikerjakan umat Muslim. Namun, tak sedikit yang masih malas mengerjakannya dengan berbagai alasan. 

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

Nah, agar tetap bersemangat menjalankan ibadah sholat, berikut beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk memotivasi diri agar lebih giat beribadah, yang dikutip dari berbagai sumber:

Tekadkan niat untuk bersungguh-sungguh
Segala sesuatu harus diawali dengan niat. Dengan niat yang sungguh-sungguh, apa yang dicita-citakan dapat segera tercapai, termasuk soal urusan beribadah. 

Pemotor Kaget ke Bengkel Ini Saat Maghrib, Netizen: Tau Kan Kenapa Mereka Bisa Seramai Ini Usahanya

Meminta Kemudahan pada Allah SWT
Berdoalah kepada Allah SWT supaya dipermudah dan diringankan ketika hendak beribadah, agar Allah senantiasa meridhoi niat yang sedang kamu usahakan, sehingga kemudahan selalu menyertai langkahmu. 

Berkumpul dengan Orang Saleh
Lingkungan bergaul sangat menentukan untuk memotivasimu lebih bersemangat dalam beribadah. Maka, pilihlah lingkungan yang lebih kondusif dengan berkumpul bersama orang-orang saleh, agar kebaikan mereka bisa menular ke kamu. 

Viral Imam Masjid di Turki Ajak Main Anak-anak di Masjid, Warganet: di Indo Mah Boro-boro

Gunakan Peralatan Sholat yang Nyaman
Memakai peralatan sholat dengan yang nyaman dan berkualitas baik juga bisa menambah semangat beribadah lho. Misalnya sajadah, baju koko, peci atau bagi kaum Hawa, mukena.

Sebagai rekomendasi, kamu bisa mencoba mukena dari brand lokal Belimukena. Owner Belimukena, Devina Limanjaya, mengatakan, produknya memiliki beragam warna, motif dan material yang nyaman, namun tetap mengutamakan syariat agama. Selain itu, menurut dia, motif yang dihadirkan juga unik dan jarang dijumpai serta menggunakan pilihan warna yang sangat apik. 

"Jika berdasarkan dari tingkat kenyamanan, selama 10 tahun sejak berdiri, kami selalu membuat cutting yang baik dan bagus. Serta untuk produk terbaru kami, Belimukena Premium menggunakan bahan kain organic atau tencel yang berasal dari serat kayu bersumber lestari dengan proses yang tidak merusak lingkungan," ujar Devina dalam keterangannya. 

Selain itu, menurut dia, kelebihan dari kain organic atau tencel adalah memiliki karakter yang lembut, sangat kuat baik dalam keadaan basah maupun kering, nyaman digunakan karena memiliki sifat mengatur suhu secara alami, tidak mudah luntur, serta anti bakteri karena sifat dari kainnya yang mampu menyerap kelembapan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya