Aisah Dahlan: Makin Tua Laki-laki Tambah Ganteng

Ilustrasi pria.
Sumber :
  • Freepik/halayalex

VIVA – Ada fase di mana laki-laki akan terlihat berbeda dan lebih berwibawa dibandingkan usianya saat muda. Rupanya, kondisi itu tak hanya ditengarai oleh pengalaman hidup namun juga kadar hormon dalam tubuh.

Heboh, Ramalan Hard Gumay Soal Nagita Slavina Punya Anak Perempuan Jadi Kenyataan

Biasanya, banyak perempuan menilai bahwa makin bertambahnya usia maka laki-laki akan terlihat lebih bijak dan mengayomi. Memang salah satu alasannya mungkin berasal dari pengalaman hidup sebelumnya yang mengubah pola pikirnya selama ini.

Tapi siapa sangka, kadar hormon pun sangat berpengaruh pada perubahan sikap laki-laki di usianya yang tak lagi muda. Hal itu dipaparkan oleh pendakwah sekaligus praktisi medis Aisah Dahlan yang menyebut perubahan hormon itu disebut sebagai fase andropause, yang serupa seperti menopause pada wanita.

Warga Kian Resah Dengan Maraknya Pelacuran di Jalanan Kota Ini

"Laki-laki enggak ada menopause, kan hormonnya enggak habis, cuma berkurang. Laki-laki disebutnya andropause. Jadi dia ingin ingin banyak ditemani karena hormon testosteronnya berkurang, hormon estrogennya tetap. Laki-laki jadi tambah ganteng," ucapnya dalam kanal YouTube Pecinta Aisah Dahlan, dikutip Rabu, 6 Oktober 2021.

Saat hormon estrogen lebih berperan, di mana itu adalah hormon yang dominan pada perempuan, akan membuat seseorang lebih detail dan memperhatikan penampilan. Tak hanya itu, hormon estrogen juga membuat pola pikir lebih bijak dan peka terhadap sekitar.

Polri: Pengemudi GranMax Kecelakaan Maut KM 58 Alami Microsleep

"Senang pakai baju lebih bagus, kalau dulu enggak merhatikan pakai baju apa. Lebih senang wangi, apalagi dulunya senang wangi, tambah lagi (wanginya)," imbuhnya.

Berbeda dengan perempuan di mana saat menopause, kadar hormon estrogen berkurang dan bahkan hilang dalam sekejap sehingga memicu perubahan drastis. Pada laki-laki, hormon testosteron tetap ada meski tak lagi dominan. Hal ini yang membuat sosok laki-laki terlihat lebih baik dan penyabar saat fase andropause.

"Lebih senang ditemani, senang diajarin. Itulah andropause laki-laki. Tapi laki-laki enggak pernah habis hormonnya kaya kita (perempuan)," jelas Aisah Dahlan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya