Zaidul Akbar Beri Tips untuk Menghafal Al-Quran

Membaca Al-quran
Sumber :
  • www.rizalimasri.com

VIVA – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Wahdah Islamiyah Jawa Tengah dan Jawa Timur menggelar kegiatan tablig akbar virtual bertema Satu Rumah Satu Hafidz Alqur’an untuk Kejayaan Indonesia, Minggu, 10 Oktober 2021.
Acara ini dalam rangka menuju perhelatan Muktamar IV Wahdah Islamiyah yang akan digelar di Makassar, Sulawesi Selatan, pada Desember 2021 mendatang.

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Dalam kesempatan tersebut, panitia mengundang Zaidul Akbar sebagai pembicara utama.

Dalam penjelasannya, Zaidul Akbar memberikan beberapa tips agar mampu menghafal kitab suci Al-Quran dengan mudah.

Houthi: Arab Saudi Ingin Hapus Ayat Al Quran dari Buku Pelajaran untuk Menenangkan Tuntutan Zionis

Membaca Al-quran

Photo :
  • www.rizalimasri.com

Ahli kesehatan dan pengobatan kenabian (thibbun nabawi) ini merinci, jika ingin mudah menghafal Al-Quran, maka mulai dari sekarang harus memaksakan diri.

Pentingnya Mencintai Diri: Melawan Depresi dan Maraknya Percobaan Bunuh Diri

“Kenapa harus dipaksa, karena kita juga kadang memaksakan kejahatan. Loh, kenapa yang baik-baik kita tidak seperti itu juga. Kalau tidak dipaksakan, jadi kapan mau menghafal. Sama juga dengan ibadah shalat malam, kan gitu, harus dipaksa biar terbiasa. Kalau perlu tiga bulan berturut-turut, ini menurut penelitian ya,” terang dr Zaidul.

Hindari Maksiat

Selanjutnya adalah dengan menghindari maksiat. Ia mengutip kisah Imam Syafi’i yang mengadukan kurang bagusnya hafalannya kepada sang guru.

Membaca Alquran

Photo :
  • vstory

“Ini kisah paling sering kita dengar. Imam Syafi’i pernah tak sengaja melihat aurat lawan jenis, dan hilang beberapa lembarlah hafalannya,” tuturnya.

Di akhir pembahasan, Zaidul Akbar berharap, program satu rumah satu hafizh yang dicanangkan Wahdah Islamiyah bisa menjadi corong kebaikan umat dan bangsa.

Kegiatan ini juga diisi oleh Ketua DPP Wahdah Islamiyah, yang juga merupakan pakar parenting, Ustaz Muhammad Qosim Saguni. Serta hadir pula juara hafiz Alquran Indonesia 2017, Ahmad dan Kamil, yang juga berbagi tips menjaga hafalan dalam keluarga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya