Catat, 5 Tips Minum Beralkohol yang Aman & Bertanggung Jawab

Ilustrasi minuman beralkohol.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Bagi orang dewasa, mengonsumsi minuman beralkohol seperti bir, wine, wiski, dan vodka memang tidak dilarang. Akan tetapi, bukan berarti Anda lantas boleh minum-minum sepuasnya. Anda harus menguasai dulu bagaimana caranya mengonsumsi minuman beralkohol secara aman, tetap sehat dan bertanggung jawab

Pentingnya Mencintai Diri: Melawan Depresi dan Maraknya Percobaan Bunuh Diri

Lantas bagaimana cara mengonsumsi minuman beralkohol yang aman dan bertanggung jawab? Berikut ini 5 tipsnya seperti dilansir dari laman Havard.edu.

1. Jika Anda bukan peminum, tidak perlu memulai
Bagi sebagian orang terutama wanita hamil, orang yang baru pulih dari kecanduan alkohol, orang dengan riwayat keluarga alkoholisme, orang dengan penyakit hati, dan orang yang menggunakan satu atau lebih obat yang berinteraksi dengan alkohol, minum alkohol bisa berbahaya bagi kesehatan.

6 Tips Super Mudah Agar Tetap Wangi Setelah Berolahraga Intensif

Ada cara lain untuk meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko diabetes, seperti menjadi lebih aktif, mempertahankan berat badan yang sehat, atau makan lemak sehat dan biji-bijian.

2. Jika Anda peminum, minumlah secukupnya dan pilih minuman apa pun yang Anda suka
Pilih anggur, bir, atau minuman beralkohol. Masing-masing pilihan tampaknya memiliki efek pada aspek kesehatan yang sama.

Viral Dugaan Pelecehan Seksual Mahasiswa Undip, Korban Curhat Malah Dicekoki Miras

Selama dikonsumsi dalam jumlah sedang, atau yang berarti tidak lebih dari 1 gelas per hari untuk wanita, dan tidak lebih dari 2 gelas per hari untuk pria, maka minuman beralkohol masih dapat dinikmati dengan aman.

3. Konsumsi Multivitamin dengan Asam Folat
Asam folat adalah bentuk sintetis dari folat, vitamin B yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker usus besar dan payudara. Mereka yang minum alkohol mungkin mendapat manfaat paling banyak dari suplemen folat, karena alkohol cukup menguras simpanan vitamin tubuh kita.

Jumlah dalam multivitamin standar yakni 400 mikrogram sudah cukup, bila dikombinasikan dengan diet sehat. Untuk mempelajari lebih lanjut, kunjungi bagian vitamin Sumber Nutrisi.

4. Tanyakan kepada dokter Anda tentang kebiasaan minum Anda
Jika Anda (atau teman Anda) berpikir Anda mungkin memiliki masalah dengan minum, bicarakan dengan dokter atau profesional kesehatan lainnya tentang hal itu. Mereka mungkin bisa membantu.

5. Pilih driver yang ditunjuk
Jika Anda telah minum alkohol, pastikan Anda memiliki sopir yang ditunjuk seseorang yang belum pernah minum untuk mengantar Anda pulang, atau memanggil taksi.

Berbicara mengenai alkohol salah satunya adalah Batavia Liquor. Toko yang terletak di Harco, Glodok Lt.3 D23 E10, ini memastikan seluruh produk minuman yang dijualnya sebagai online shop asli dan telah melewati izin edar. Hal tersebut dijelaskan dari sang  owner, Ferawati.

Dia juga menjelaskan, bahwa pihaknya telah memiliki sekitar 200 produk minuman baik impor maupun lokal, termasuk Anggur Merah yang kini sedang banyak diminati. Dari ratusan pilihan minuman tersebut, Ferawati menjamin bahwa seluruhnya asli.

Untuk memastikan bahwa produk minuman yang dibeli di storenya bukan produk palsu, ada beberapa hal yang bisa kita cek. Pertama, toko online Batavia Liquor telah resmi dan memiliki izin untuk mendistribusikan minuman. Kemudian, barang atau produk yang ditawarkan juga semuanya asli.

Selain memberikan jaminan produk asli, Batavia Liquor juga memberikan penawaran spesial dalam setiap pembelanjaan. Mulai dari promo bundling hingga bonus yang menarik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya