Catat, 5 Tips Minum Beralkohol yang Aman & Bertanggung Jawab

Ilustrasi minuman beralkohol.
Ilustrasi minuman beralkohol.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Bagi orang dewasa, mengonsumsi minuman beralkohol seperti bir, wine, wiski, dan vodka memang tidak dilarang. Akan tetapi, bukan berarti Anda lantas boleh minum-minum sepuasnya. Anda harus menguasai dulu bagaimana caranya mengonsumsi minuman beralkohol secara aman, tetap sehat dan bertanggung jawab

Lantas bagaimana cara mengonsumsi minuman beralkohol yang aman dan bertanggung jawab? Berikut ini 5 tipsnya seperti dilansir dari laman Havard.edu.

1. Jika Anda bukan peminum, tidak perlu memulai
Bagi sebagian orang terutama wanita hamil, orang yang baru pulih dari kecanduan alkohol, orang dengan riwayat keluarga alkoholisme, orang dengan penyakit hati, dan orang yang menggunakan satu atau lebih obat yang berinteraksi dengan alkohol, minum alkohol bisa berbahaya bagi kesehatan.

Ada cara lain untuk meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko diabetes, seperti menjadi lebih aktif, mempertahankan berat badan yang sehat, atau makan lemak sehat dan biji-bijian.

2. Jika Anda peminum, minumlah secukupnya dan pilih minuman apa pun yang Anda suka
Pilih anggur, bir, atau minuman beralkohol. Masing-masing pilihan tampaknya memiliki efek pada aspek kesehatan yang sama.

Selama dikonsumsi dalam jumlah sedang, atau yang berarti tidak lebih dari 1 gelas per hari untuk wanita, dan tidak lebih dari 2 gelas per hari untuk pria, maka minuman beralkohol masih dapat dinikmati dengan aman.

3. Konsumsi Multivitamin dengan Asam Folat
Asam folat adalah bentuk sintetis dari folat, vitamin B yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker usus besar dan payudara. Mereka yang minum alkohol mungkin mendapat manfaat paling banyak dari suplemen folat, karena alkohol cukup menguras simpanan vitamin tubuh kita.

Halaman Selanjutnya
img_title