Hari Penglihatan Sedunia 14 Oktober, Ini Sejarah dan Tema Tahun Ini

Ilustrasi Mata
Ilustrasi Mata
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Hari Penglihatan Sedunia dirayakan setiap tanggal 14 Oktober. Hari Penglihatan Sedunia adalah hari kesadaran tahunan. Tahun ini, Hari Penglihatan Sedunia dirayakan pada hari Kamis, 14 Oktober 2021 dengan tema: #LoveYourEyes (Cintai Matamu).

Melansir dari who.int, secara global, setidaknya 1 miliar orang memiliki gangguan penglihatan jarak dekat atau jauh yang dapat dicegah atau belum ditangani. 

Gangguan penglihatan dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia, dengan mayoritas berusia di atas 50 tahun. 

Gangguan penglihatan dan kebutaan dapat memiliki efek yang sangat besar dan berjangka panjang pada semua aspek kehidupan, termasuk aktivitas pribadi sehari-hari, berinteraksi dengan masyarakat, sekolah, dan peluang kerja dan kemampuan untuk mengakses layanan publik.

Seperti penyakit katarak yang tidak dioperasi dan kelainan refraksi yang tidak dikoreksi merupakan penyebab utama gangguan penglihatan. 

Penyebab lain seperti degenerasi makula terkait usia, glaukoma, retinopati diabetik, penyakit infeksi mata, dan trauma, bagaimanapun, tidak dapat diabaikan dan perlu ditangani segera.

Baru-baru ini di Majelis Kesehatan Dunia ke-74, Negara-negara Anggota mengadopsi dua target global baru untuk perawatan mata pada tahun 2030 - peningkatan 40 persen dalam cakupan kesalahan refraksi yang efektif dan peningkatan 30 persen dalam cakupan operasi katarak yang efektif.