15 Jenis Tanaman Hias Daun yang Paling Populer, Ada Lidah Mertua

Lidah mertua
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Tren tanaman hias daun semakin menjamur seiring dengan merebaknya pandemi Covid-19 yang memaksa seluruh masyarakat untuk banyak melaksanakan aktivitas dari rumah. Karena, mempunyai banyak waktu luang, para anak muda atau dewasa banyak yang memilih untuk bercocok tanam dengan memelihara tanaman hias.

Tidak Penuhi Kewajiban Karantina, Tumbuhan Kaktus Asal Impor Dimusnahkan

Tanaman hias daun ini biasanya ditempatkan di luar rumah, teras, atau beranda supaya lingkungan sekitar menjadi tampak lebih asri. Selain segar ketika dipandang, tanaman ini juga dapat membantu untuk memperbaiki kualitas udara, lho! Terutama bila kamu memilih tanaman yang bisa menyerap racun di udara.

Selain itu, tanaman hias daun juga mempunyai harga yang cukup fantastis lho. Karena mempunyai warna yang indah, bentuk yang unik, dan kesan segar yang dibawa oleh tanaman hias daun ini. Nah, untuk lebih lengkapnya simak tanaman hias daun berikut yang disadur dari berbagai sumber.

Jadi Makanan Warga Gaza Cegah Kelaparan, Ini Kandungan Nutrisi Tanaman Kaktus

Lalu, Apa Saja Tanaman Hias Daun?

Lidah Mertua

Warga Gaza Dilanda Kelaparan, Incar Kaktus Jadi Makanan

Tanaman Lidah Mertua

Photo :
  • http://pencangkul.blogspot.com

Jenis tanaman hias daun pertama adalah lidah mertua yang mempunyai tampilan unik dan mudah dirawat. Tanaman ini mempunyai nama latin Sansevieria trifasciata. Tamanan lidah mertua yang kerap dijumpai adalah bentuk memanjang, corak garis vertikal, dan tekstur keras.

Tanaman ini juga mempunyai manfaat untuk lingkungan dan kesehatan manusia mulai dari menyerap racun seperti karbon dioksida, formaldehyde, trichloroethylene, dan benzene yang tidak baik untuk tubuh manusia.

Monstera

Monstera Deliciosa

Photo :
  • The Shill

Tanaman hias daun ini banyak digemari oleh orang-orang karena memiliki bentuk yang mirip dengan tanaman janda bolong. Monstera diambil dari bahasa latinnya yaitu monstrous yang memiliki arti tidak normal karena bentuk daunnya yang berlubang. Namun, ada juga yang tidak berlubang.

Tanaman dengan ukuran daun yang besar ini kerap dipakai untuk dekorasi rumah atau property foto karena mempunyai nilai yang estetik. Diketahui bahwa tanaman hias daun ini tergolong ke dalam keluarga talas atau Araceae.

Gelombang Cinta

Aglonema atau Aglaonema

Photo :
  • Instagram

Aglaonema juga tergolong ke dalam keluaga tanaman hias jenis talas-talasan. Terdapat banyak jenis aglaonema dengan berbagai corak, ukuran, dan warna yang menarik perhatian. Harga dari tanaman ini pun cukup terjangkau bergantung pada jenisnya, mulai dari Rp30 ribu sampai jutaan rupiah.

Sirih Gading

Tanaman sirih gading.

Photo :
  • U-Report

Beberapa waktu lagu, sirih gading sempat populer di kalangan pecinta tanaman hias. Sirih gading merupakan tanaman yang merambat semi-epifit dengan warna hijau pada daunnya yang tampak semakin segar. Tanaman ini juga termasuk mudah dirawat dan dapat ditanam dengan media air.

Kuping Gajah

Daun Suplir.

Photo :
  • U-Report

Pemilik nama latin Adiantum cuneantum atau yang lebih dikenal dengan nama suplir ini merupakan jenis tanaman hias daun yang memiliki ukuran daun kecil, majemuk, dan berwarna hijau yang segar. Suplir lebih menyukai lingkungan yang lembap, bersih, dan sedikit sinar matahari.

Buah kaktus.

Photo :
  • AYSI

Ketahanan dari tanaman kaktus sudah terkenal dan sangat mudah untuk merawatnya. Tapi, kamu harus memastikan untuk menjauhkan tanaman kaktus ini dari jangkauan anak-anak. Kaktus juga menyuguhkan berbagai jenis mulai dari Ariocarpus, Echinocactus grusonii, Astrophytum, Haworthia attenuate, Cereus tetragonus, dan lain sebagainya.

Puring

Tanaman Hias Puring

Photo :
  • tanaman-hias-puring.blogspot.com

Tanaman yang memiliki nilau jual cukup tinggi ini sangat mudah ditemukan di perumahan atau bahkan liar. Jenis puring yang banyak diminati oleh masyarakat adalah red aple, oscar, puring anting raja, logam, puring arjuna, tanaman puring asmara jingga, dan puring kura.

Pucuk Merah

Sesuai dengan namanya, tanaman hias daun ini mempunyai warna daun pucuk yang berwarna merah. Tanaman ini juga bisa tumbuh dengan rimbun sehingga kerap dipakai untuk pagar tanaman.

Kadaka

Pakis sarang burung atau kadaka ini mempunyai bentuk daun yang tebal dan dapat ditemukan di hutan. Pada awalnya tanaman ini dianggap tidak berharga karena dikatakan sebagai hama. Namun, kini tanamanan kadaka laris dipasaran karena mempunyai tampilan unik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya