Hindari Stres Saat Pandemi COVID-19, Coba Lakukan Ini

Memelihara kucing.
Memelihara kucing.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kesadaran akan pentingnya kesehatan mental, terutama di masa pandemi ini tercatat sangat rendah, seiring dengan meningkatnya jumlah kasus depresi, frustasi, kecemasan berlebih, dan gangguan jiwa lainnya yang berujung pada percobaan bunuh diri, hingga bunuh diri. 

Saking pentingnya kesehatan mental, 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Dunia. World Health Organization (WHO) menyebutkan tujuan dari peringatan ini adalah untuk menyosialisasikan, sekaligus untuk meningkatkan kesadaran seluruh masyarakat dunia akan masalah kesehatan mental. 

Pandemi tak dipungkiri memaksa sebagian besar dari kita untuk beradaptasi dengan berbagai dinamika kehidupan yang baru, dan beragam kebiasaan baru. Perubahan besar yang tidak diantisipasi tentunya dapat berdampak pada kesehatan mental. 

Lalu bagaimana kita menjaga kesehatan mental di tengah situasi yang tidak menentu ini? Menurut para ahli, menyalurkan hobi, atau mencoba melakukan kegiatan yang baru menjadi salah satu cara untuk menjaga mental dan psikis untuk tetap sehat. 

Banyak hobi, atau kegiatan menarik yang dapat dilakukan di rumah, baik sendiri maupun bersama anggota keluarga lainya. Sebut saja, berkebun dan mengoleksi tanaman hias, memasak variasi menu makanan dan minuman, hingga memelihara hewan peliharaan seperti ikan, burung, anjing, atau kucing

Menurut penelitian dari Department of Business Management, Saurashtra University, Rajkot, India, hewan peliharaan dapat membantu mengatasi perasaan kesepian dan terisolasi selama pandemi. 

Memelihara hewan peliharaan, kucing misalnya, dapat memberikan dukungan mental serta menurunkan tingkat stres, sehingga memotivasi pemiliknya untuk lebih rileks, dan menikmati hidup.