Harus Bisa Berperan Ganda kalau Mau Melesat

Ilustrasi bisnis melesat.
Sumber :
  • Taskade

VIVA – Konsep Creating Shared Value (CSV) memang belum begitu populer di Indonesia. Kendati demikian, telah ada beberapa perusahaan yang berhasil menjalankannya dengan baik, bahkan berhasil menciptakan nilai ekonomi bersama sekaligus menyelesaikan persoalan sosial yang ada di masyarakat.

Beli Properti Bisa untuk Rumah Tinggal Sekaligus Investasi Jangka Panjang

Sederhananya, CSV adalah konsep yang mendorong perusahaan memainkan peran ganda, yaitu menciptakan nilai ekonomi (economic value) dan nilai sosial (social value) secara bersama-sama tanpa ada yang harus dikesampingkan.

Menurut Porter dan Kramer (2011), keuntungan yang didapat perusahaan dengan melibatkan nilai bersama (shared value) memungkinkan masyarakat untuk maju dan mendorong perusahaan melesat.

Ekonomi Digital di ASEAN Meningkat, HSBC Luncurkan Growth Fund Rp15,8 Triliun

Untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah berhasil menjalankan konsep CSV, Tras N Co Indonesia, melakukan proses penilaian terhadap perusahaan yang telah menjalankan CSV.

Kepala Eksekutif Tras N Co, Tri Raharjo, menjelaskan proses penilaian dilakukan dalam beberapa tahap. Pertama, mengumpulkan data perusahaan yang memiliki program sekaligus menjalankan CSV.

Catat Rekor Baru, Rukun Raharja Cetak Laba Bersih 2023 US$27,1 Juta

Ilustrasi bisnis online.

Photo :
  • Freepik

Berikutnya, CSV Impact Aspect, yaitu menilai kegiatan CSV yang memiliki dampak positif bagi perusahaan, serta berkesinambungan terhadap keberlangsungan bisnis yang bersifat menguntungkan tapi memiliki dampak efisiensi melalui Sustainable Development Goals (SDGs).

"Ketiga, CSV Branding Aspect," jelas dia, Sabtu, 16 Oktober 2021. Artinya, kegiatan CSV yang memiliki nilai branding bagi perusahaan, terhadap produk/jasa, yang mampu meningkatkan brand image perusahan, yang memiliki diferensiasi dengan kegiatan lainnya. Selain tahapan tersebut, program CSV juga fokus pada 3P, yaitu Profit, People, dan Planet.

Melalui seleks yang ketat, muncul 20 perusahaan yang berhak mendapatkan penghargaan Top CSV Award 2021. Perusahaan tersebut di antaranya PT Pertamina (Persero) dengan program CSV Pinky Movement, PT Taspen (Persero) dengan program CSV Wirausaha Pintar, dan PT Jasa Raharja (Persero) dengan program CSV Traffic Hero & Youth Traffic Innovation.

Lalu, PT Astra Tol Nusantara dengan program CSV Strengthening Sustainability Strategy Through Astra Infra’s Toll Road Safety Performance, serta PT Astra Graphia Tbk dengan program CSV Kelas ASIK - Kelas Astragraphia untuk Industri Kreatif.

"Kami ingin mengedukasi perusahaan supaya melakukan transformasi program CSR menjadi CSV (Creating Shared Value) bukan hanya fokus pada dampak lingkungan dan sosial saja, tapi juga ekonomi," ungkap Kepala Eksekutif Infobrand, Susilowati Ningsih, menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya