Menakjubkan, 7 Fakta Menarik Pegunungan Alpen yang Jarang Diketahui

Ilustrasi Pegunungan Alpen
Sumber :
  • http://www.onvsoff.com/

VIVA – Pegunungan Alpen merupakan salah satu wilayah yang memiliki pemandangan alam paling menakjubkan di Eropa, bahkan mungkin di dunia. Alpen juga menjadi daya tarik utama untuk sebagian besar pelancong ke Swiss dan menapaki jalan sepanjang 1.200 km yang dimulai dari utara Nice, Prancis, dan berakhir di Slovenia. Pegunungan ini telah terbentuk sejak 23 juta sampai 34 juta tahun yang lalu.

Pemilu di AS dan Eropa Diprediksi akan Pengaruhi Iklim Investasi Indonesia

Perlu diketahui bahwa Pegunungan Alpen terbagi atas enam wilayah yang berbeda, mulai dari Pegunungan Alpen Swiss, Pegunungan Alpen Prancis, Pegunungan Alpen Austria, Pegunungan Alpen Italia, Pegunungan Alpen Bavaria, dan Pegunungan Julian. Selain itu, Gletser Aletsch yang membentang sekitar 23 km dengan kedalaman 900 meter saat ini telah menjadi situs Warisan Dunia UNESCO.

Pegunungan ini juga menjadi rumah untuk beberapa area ski terbesar dan terkenal di dunia. Nah, untuk kamu yang ingin mengenal lebih dekat dengan pegunungan ini, simak ulasan berikut mengenai fakta menarik pegunungan Alpen yang disadur dari berbagai sumber.

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Fakta Menarik Pegunungan Alpen

Membentang dari Prancis sampai Slovenia

Ditambah Atletico Madrid, 22 Klub Ini Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Pegunungan Alpen

Photo :
  • utoronto.ca

Terdapat delapan negara yang dilewati oleh pegunungan Alpen ini. Dimulai dari barat sampai ke timur, terdapat Prancis, Monako, Italia, Swiss, Liechtenstein, Jerman, Austria, dan Slovenia. Di antara negara-negara tersebut, 28,7 persen Pegunungan Alpen terletak di Austria, 27.2 persen berada di Italia, 21.4 persen terletak di Prancis, dan 13.2 persen berada di Swiss.

Memiliki Panjang 1.200 Kilometer

Pegunungan Alpen

Photo :
  • utoronto.ca

Kehidupan warga Eropa dapat dikatakan bergantung pada Pegunungan Alpen. Hal ini karena Alpen menyediakan 90 persen air ke dataran rendah Eropa khususnya untuk daerah kering ketika musim panas tiba. Air di pegunungan ini juga dipakai untuk keperluan irigasi dan sekitar 500 pembangkit tenaga listrik tenaga air bisa menghasilkan daya sampai 2900 GWh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya