Wajib Tahu, Ini 6 Gunung Tertinggi di Sulawesi yang Cocok Didaki

Gunung tertinggi di sukwse
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasir

VIVA – Gunung tertinggi di Sulawesi wajib tahu untuk kamu yang menyukai daerah pegunungan. Rasanya kurang lengkap bila kamu mengunjungi Sulawesi tapi tidak menikmati pemandangan alam dari atas gunung. Sulawesi merupakan salah satu pulau di Indonesia yang terkenal dengan keindahan pantai dan lautnya. Namun bukan hanya itu, Sulawesi juga mempunyai deretan gunung tertinggi yang menawarkan panorama alam ciamik.

Tiga Pendaki Dilaporkan Hilang di Gunung Latimojong

Pulau ini mempunyai banyak gunung yang keren untuk dijadikan sebagai tujuan mendaki, mulai dari gunung dengan puncak rendah, tinggi, dan bahkan medan tersulit yang berada di Sulawesi. Nah, untuk kamu yang semakin penasaran mengenai gunung tertinggi yang berada di Pulau Sulawesi, simak ulasan berikut yang disadur dari berbagai sumber.

Lalu, Apa Saja Gunung Tertinggi di Sulawesi?

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

Gunung Latimojong – 3.478 mdpl

Gunung latimojong.

Photo :
  • http://bocahpetualang.com
Ian Wright Sebut 2 Pemain Ini Dibutuhkan Arsenal untuk Taklukkan Bayern Munich, Siapa Mereka?

Latimojong adala puncak tertinggi yang berada di Sulawesi yang termasuk ke dalam kategori seven summit of Indonesia. Dengan ketinggian 3.478 meter di atas permukaan laut, puncak tertingginya dinamakan sebagai Rantemario. Titik awal untuk mendaki Gunung Latimojong adalah lewat Desa Karangan yang dapat diakses dengan memakai kendaraan roda dua atau roda empat.

Desa tersebut juga menjadi pos registrasi sebelum menapaki Puncak Rantemario. Untuk sampai ke puncaknya, kamu akan melewati 8 pos yang mana setiap pos dapat disinggahi sebagai tempat beristirahat atau mendirikan tenda. Bukan hanya itu, kamu juga akan menemukan sumber air yang berada di pos 2, 5, dan 7.

Gunung Latimojong ini menyuguhkan pemandangan yang sangat luar biasa keren dari ketinggian. Untuk mencapai puncak, kamu memerlukan waktu sekitar 15 jam, tapi jangan khawatir karena akan dibayar tunai dengan keindahan yang disuguhkan di depan mata.

Gunung Simbolong – 3.054 mdpl

Gunung tertinggi kedua di Sulawesi adalah Gunung Simbolong atau Buntu Simbolong. Gunung ini terletak di Kecamatan Masalle, Kabupaten Enrekang. Total ketinggian dari gunung ini adalah 3.054 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian tersebut, gunung ini mampu menyuguhkan pemandangan yang begitu luar biasa kepada para pendaki.

Gunung ini kerap dikunjungi oleh para wisatawan dari Enrekang sampai luar Enrekang. Gunung ini begitu dicintai oleh wisatawan karena mempunyai pemandangan awan yang indah, seolah-olah kamu sedang berada di atas awan. Bukan hanya itu, kamu juga dapat menikmati sunrise dan sunset dari atas puncak gunung ini.

Gunung Tolangi Balease – 3.016 mdpl

Gunung yang berada di Desa Bantimurung, Kecamatan Bone-Bone, Kabupaten Luwu Utara ini dikenal sebagai salah satu puncak gunung tertinggi karena mempunyai ketinggian yang mencapai 3.016 meter di atas permukaan laut. Tolangi Balease juga dikenal sebagai salah satu gunung dengan jalur pendakian yang panjang dan tanjakan yang sulit.

Bukan hanya itu, gunung ini juga minim air bersih sehingga bila kamu ingin menapaki gunung ini harus menyediakan air bersih dengan banyak. Untuk mencapai puncaknya, kamu akan melewati 7 pos pendakian dengan hutan lumut yang indah. Gunung ini termasuk sangat luas karena termasuk ke dalam 6 kabupaten di perbatasan Sulawesi Tengah.

Gunung Kambuno – 2.950 mdpl

Gunung tertinggi di Sulawesi berikutnya adalah Kambuno yang mempunyai ketinggian 2.950 meter di atas permukaan laut. Puncak gunung ini bernama Buntu Lantangunta yang merupakan tujuan utama para pendaki. Sayangnya, gunung ini dijadikan sebagai tempat penebangan pohon liar oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab sehingga tanahnya mudah longsor.

Walaupun mempunyai kekuatan magis, gunung ini menarik untuk dikunjungi oleh para pendaki. Bahkan disebut-sebut banyak pendaki yang hilang ketika menapaki gunung ini. Sebelumnya juga pernah diberitakan gunung ini menelan korban pekerja jalan yang hilang entah ke mana.

Gunung Sikolong – 2.754 mdpl

Gunung yang berada di sekitar Pegunungan Latimojong ini mempunyai ketinggian yang mencapai 2.754 meter di atas permukaan laut. Sikolong berada di Kabupaten Luwu dan Kabupaten Tana Toraja yang terkenal dengan jalur pendakiannya yang ekstrem. Menariknya, puncak dari gunung ini adalah batu setinggi 30 meter dengan lebar yang mencapai 7 meter.

Hal inilah yang membuat Gunung Sikolong sangat sulit untuk didaki dan cukup mengerikan. Terlebih, ketika semakin ke atas, maka batunya akan semakin mengecil dengan posisi yang condong ke arah barat. Selain itu, jalur pendakian gunung ini terdapat beberapa rute yaitu Desa Tabang, Desa Rante, Desa Roni, Desa Uluwai, dan Desa Karangan.

Gunung Bawakaraeng – 2.700 mdpl

Bawakaraeng berada di Kabupaten Gowa dengan ketinggian yang mencapai 2.700 meter di atas permukaan laut. Ini adalah salah satu gunung tertinggi di Sulawesi dan juga terkenal dengan titik terdingin di Sulawesi Selatan. Jalur pendakian Bawakareng dikenal cukup terjal dan tidak mudah untuk ditaklukkan, tapi hal inilah yang membuat daya tarik untuk para pendaki.

Dalam gunung Bawakareng kamu akan menemui Lembah Ramma yang mana ini adalah dataran luas dengan pemandangan bukit hijau. Di atas puncak gunung ini juga kamu bisa menikmati samudera awan yang sangat cantik. Disamping itu, Bawakareng juga mempunyai sejumlah mitos dan cerita mistis, tapi hal ini tidak menyrutkan para pendaki untuk menaklukannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya