Ingin Cepat Kaya? Ini 9 Tips Menabung 1 Juta Per Bulan

Tips Menabung 1 Juta Per Bulan
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tips menabung 1 juta per bulan sebetulnya susah-susah gampang bergantung pada pribadinya masing-masing. Menabung adalah salah satu kegiatan menghemat atau menyisihkan uang dari sedikit penghasilan dan suatu saat uang tersebut dapat lebih banyak. Seseorang yang akan menabung harus mempunyai ketekunan dan kedisiplinan tersendiri.

Luhut Sebut Apple Juga Sangat Tertarik Investasi di IKN

Selain itu, banyak sekali impact yang didapatkan karena uang yang ditabung umumnya tidak akan terasa, tetapi semakin lama tentunya akan semakin besar uang yang bisa kamu dapatkan. Membiasakan untuk menabung memang cukup sulit, bahkan banyak orang yang gagal menabungkan uangnya karena sesuatu hal. Salah satunya adalah tidak dapat menahan keinginan untuk belanja sesuatu.

Untuk kamu yang kesulitasn menabung, terdapat beberapa tips menabung 1 juta per bulan yang bisa dipraktikkan sehari-hari. Kamu juga tidak usah khawatir pos keuangan menjadi berantakan karena terdapat beberapa hal yang perlu diubah untuk mencapai tujuan menabung. Nah, berikut adalah tips menabung 1 juta per bulan yang dapat kamu aplikasikan sendiri di rumah.

Luhut Sebut Apple Bakal Investasi Besar: Tim Cook Baru Sadar RI Potensial

Lantas, Apa Saja Tips Menabung 1 Juta Per Bulan?

Ubah Pemikiran

Bahlil Bocorkan Isi Pembicaraan Jokowi dan Tony Blair: Energi Baru hingga IKN

Ilustrasi memikirkan keputusan.

Photo :
  • vstory

Tips menabung 1 juta per bulan yang pertama adalah mendisiplinkan diri dan mengubah pemikiran terlebih dahulu. Ketika menabung, banyak orang yang menyatakan bahwa kamu harus menyisihkan uang atau penghasilan untuk ditabung. Namun, dalam pemikiran ini tentu cara tersebut akan relatif lebuh lama dan tidak dapat memberikan kedisiplinan terhadap diri sendiri.

Jadi, ubahlah pemikiran menabung dengan cara menyisihkan uang untuk ditabung dan sisanya dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan demikian, kamu akan konsisten dalam menabung dengan jumlah yang sama. Sebagai ilustrasi, kamu mempunyai gaji sebesar 3 juta, kemudian kamu akan menabung 1 juta per bulan, maka yang 2 juta sisanya dapat digunakan untuk kebutuhan lain seperti makan, memberikan kepada orang tua, dan lain sebagainya.

Pakai Rekening Khusus Tabungan

Ilustrasi Kartu ATM

Photo :
  • istockphoto.com

Tips menabung 1 juta per bulan dapat dilakukan dengan menggunakan cara apa pun, termasuk dengan menabungnya di rekening bank. Terdapat banyak manfaat bila kamu memutuskan untuk menabung di bank, mulai dari disiplin, keamanan yang terjaga, dan bahkan kamu bisa mendapat hadiah yang tidak terduga. Namun, hal ini balik lagi pada kebiasaan pribadi apakah lebih senang menabung sendiri atau di rekening bank.

Selalu Hemat

Gaya Hidup Hemat.

Photo :
  • U-Report

Menghemat keuangan merupakan salah satu cara supaya bisa menambah pundi-pundi rupiah. Dengan berhemat, maka kamu akan mempunyai sisa uang lebih yang dapat digunakan untuk menabung. Selain itu, hemat juga merupakan salah satu cara untuk dapat bertahan hidup dengan tidak menghambur-hamburkan uang untuk sesuatu hal yang tidak penting.

Oleh sebab itu, biasakan untuk berhemat sejak saat ini karena mempunyai berbagai manfaat mulai dari mengubah mindset yang tidak boros, gemar menabung, tidak membuang uang untuk sesuatu yang tidak penting, mendahulukan kebutuhan daripada keinginan dan untuk menghindari impulsive buying sehingga kamu dapat menjalankan tips menabung 1 juta per bulan.

Buat Buku Catatan Keuangan

Ilustrasi catatan

Photo :
  • U-Report

Ketika ada pengeluaran yang tidak tercatat, maka hal ini dapat menggagalkan keinginan untuk menabung karena uang yang seharusnya ditabung malah terpakai untuk kebutuhan yang lain. Oleh karena itu, kehadiran catatan keuangan ini bida menjadi pedoman dalam mengatur keluar masuknya keuangan. Selain itu, kamu juga bisa mencatat keperluan apa saja yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Kurangi Nongkrong yang Tidak Perlu

Nongkrong asyik cicipi kopi.

Photo :
  • VIVAnews/Kusnandar/Mataram

Di luar jam kerja kamu mungkin akan nongkrong bersama dengan teman-teman sambil melepas penat. Ketika berkumpul bersama teman-teman, mau tidak mau kamu harus ikut membeli makanan maupun minuman. Bila tidak ingin pengeluaran semakin meledak, maka kamu harus membatasi kegiatan nongkrong ini, misalnya hanya dengan satu kali dalam sebulan.

Hunting Diskon dan Promo

DIskon Produk.

Photo :
  • U-Report

Saat ini pasti kamu sering menemukan diskon atau promo untuk sesuatu hal, baik itu barang atau jasa. Terdapat banyak sekali perusahaan atau layanan yang menawarkan diskon dan promo ini dalam produk-produk yang mereka jual untuk menarik minat konsumen. Nah, diskon atau promo ini harus kamu manfaatkan dengan bijak supaya bisa menghemat pengeluaran.

Cari Penghasilan Tambahan

Bekerja malam hari

Photo :
  • Times of India

Bila uang penghasilan utama tidak memungkinkan untuk mencapai target tabungan perbulan, maka kamu bisa mencoba untuk mengambil alternatif lainnya seperti mencari penghasilan tambahan dengan bekerja paruh waktu freelance di akhir pekan. Untuk menjalankan tips menabung 1 juta per bulan ini, kamu harus pintar dalam membagi waktu, jangan sampai pekerjaan utama terlantar.

Kurangi Belanja yang Tidak Perlu

Belanja Online.

Photo :
  • vstory

Sebagai seorang pekerja tentunya kamu akan mengeluarkan uang untuk memenuhi kebutuhan sekolah maupun keperluan lainnya. Tips menabung 1 juta pr bulan ini dapat dilakukan dengan cara mengurangi membeli barang yang tidak perlu. Alangkah baiknya bila kamu menuliskan kebutuhan perbulan dengan budget yang ada supaya bisa mengontrol diri.

Ilustrasi investasi.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Cara terakhir untuk menabung adalah dengan menginvestasikan uang yang kamu miliki. Investasi merupakan sebuah proses untuk tanam modal yang umumnya berbentuk uang tapi juga bisa dengan aset lain dengan harapan bisa memperoleh keuntungan di masa depan. Dengan melakukan investasi, kamu berarti telah menyelamatkan keuangan supaya terhindar dari inflasi.

Terdapat banyak jenis investasi yang dapat kamu lakukan, mulai saham, reksadana, atau obligasi. Setiap jenis dari investasi ini tentunya mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing bergantung pada jenis investasi yang kamu pilih. Namun, sebelum melakukannya, kamu harus memahami terlebih dahulu dengan instrumen investasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya