Sedikit Demi Sedikit Menjadi Bukit, Ini 9 Tips Menabung Harian

Menabung.
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Tips menabung harian jarang diketahui oleh sebagian orang, walaupun menabung bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah menabung di rumah. Kamu tidak harus menabung dalam jumlah besar, karena sebetulnya yang diperlukan adalah konsistensi dalam menjalaninya. Tips menabung harian ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan celengan agar kegiatan menabung kamu menjadi semakin menyenangkan.

5 Negara dengan Tingkat Tabungan Tertinggi di Dunia

Sebab, banyak orang yang enggan menyetorkan uangnya ke bank karena malu jumlahnya yang kecil. Alhasil, mereka tidak jadi menyisihkan sebagian uangnya untuk ditabung. Padahal, tabungan sangat diperlukan supaya ketika ada keperluan mendesak, kamu tidak kelabakan sendiri mencari pinjaman ke sana ke sini. Nah, untuk lebih lengkapnya, simak ulasan mengenai tips menabung harian yang disadur dari berbagai sumber.

Lalu, Apa Saja Tips Menabung Harian?

Viral Seorang Wanita Terapkan Hidup Hemat Ekstrem: Bisa Menabung Rp1,1 Miliar

1. Mulai menabung dengan nominal kecil

mENABUNG

Photo :
  • U-Report
Luncurkan Tabungan Prospera, BTN Targetkan Dana Kelolaan Lebih dari Rp 9 Triliun

Cara alami untuk menabung di rumah adalah dengan menabung sedikit uang. Meskipun nilainya memang meningkat seiring waktu, tapi jumlah uang dalam menabung tentunya dengan angka kecil. Oleh karena itu, untuk membentuk komitmen menabung, kamu bisa memulainya dengan sejumlah kecil uang logam atau uang kertas, seperti uang pecahan Rp1.000 hingga Rp20.000.

2. Wadah untuk menabung

Ilustrasi menabung.

Photo :
  • U-Report

Sebagai tempat menyimpan uang, kamu bisa menyiapkan wadah dalam bentuk apa pun untuk menyimpan uang receh ini. Untuk membangun konsistensi menabung ini sangat sederhana. Misalnya, setiap kali kamu berbelanja atau membeli sesuatu dalam bentuk uang receh atau koin, dan setiap kali ada kembalian, simpanlah di wadah ini. Jika budaya menabung ini sudah terbentuk, maka kamu akan mengembangkan kepekaan untuk mengelola keuangan pribadi sekaligus.

3. Simpan wadah di tempat yang aman

Menabung.

Photo :
  • Freepik

Pastikan wadah tabungan uang kamu disimpan di tempat yang aman. Kamu tentunya cukup tahu tentang lokasi yang aman untuk menyimpan barang berharga. Ingat, walaupun isi tabungan kamu masih berupa uang receh, tetap saja uang tersebut mempunyai nilai. Jadi, tetap perhatikan sepeser uang yang kamu simpan.  

4. Naikkan nominal menabung

Menabung.

Photo :
  • U-Report

Awalnya hanya recehan saja, namun lama kelamaan, jika sudah terbiasa, kamu bisa menambah jumlah nominal tabungan rutin. Misalnya, Anda biasanya menabung dengan nominal Rp2.000 per hari. Nah, jika sudah berkomitmen dan bisa menabung secara rutin, mulailah menaikkan nominalnya menjadi Rp 5.000, Rp 10.000, atau Rp 20.000.

5. Kalau sudah terkumpul, pindahkan ke bank

Ilustrasi menabung.

Photo :
  • Halomoney

Menabung di rumah sebenarnya merupakan jembatan sebelum uang tersebut disimpan lagi di bank atau digunakan untuk keperluan lain. Namun, jika untuk menabung, tentu merupakan pilihan bijak untuk mentransfer ke bank. Dengan mendepositokan di bank, tentu uang kamu lebih aman.

Pilihan menabung di bank juga berbeda, bisa deposito misalnya bunganya cukup tinggi. Deposito juga tidak memungkinkan pelanggan mereka untuk menarik uang setiap saat. Oleh karena itu, dana tabungan relatif lebih aman dibandingkan dengan sifat konsumsi yang mungkin terjadi.

6. Batalkan langganan yang tidak digunakan

tips menabung ala miliarder

Photo :
  • U-Report

Cara sederhana dan cepat untuk menabung adalah dengan membatalkan langganan yang tidak digunakan. Ada alat yang berguna saat ini seperti Trim yang dapat membantu mengidentifikasi langganan yang mungkin tidak diperlukan lagi, atau kamu dapat menggunakan alat penganggaran untuk mengidentifikasi langganan dengan cepat.

7. Bekal makan siang

Ilustrasi menabung.

Photo :
  • U-Report

Makan di luar untuk makan siang, memesan secara pengiriman, atau secara langsung, adalah kebiasaan yang boros. Perencanaan ke depan adalah dengan membawa makan siang sendiri dari rumah untuk menghemat uang dan kemudian menabungnya.

8. Bergaul dengan teman bermindset sama

Ilustrasi menabung.

Photo :
  • U-Report

Tujuan menabung bisa tercapai karena dipengaruhi oleh lingkungan pergaulan. Mempunyai teman dengan gaya hidup sama akan membantu kamu dengan pola saving money yang sedang diterapkan. Hal ini karena teman paham tentang bagaimana sulitnya membiasakan kebiasaan menabung dan membatasi biaya hidup yang mahal. Sebaliknya, bila kamu berteman dengan orang yang bergaya hidup tinggi dan berlebihan akan membuat kamu kesulitan dalam menabung.

9. Menabung sesuai tanggal

Menabung.

Photo :
  • U-Report

Tips menabung harian terakhir adalah sesuai tanggal. Dengan metode ini, kamu harus menentukan nominal menabung setiap hari yang disesuaikan dengan tanggalnya. Contohnya tanggal 1 Januari menabung Rp1.000 perhari sampai seterusnya tanggal 31 Januari kamu menabung sebanyak Rp31.000 perhari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya