Tenang! Ini 10 Tips Sukses Pubertas Pada Remaja Laki-Laki & Perempuan

 Tips sukses pubertas
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tips sukses pubertas harus diketahui oleh setiap orang baik itu laki-laki atau perempuan, karena semua orang pasti akan mengalami hal ini. Masa pubertas akan dialami oleh manusia ketika remaja dengan usia 10 atau 12 tahun. Masa pubertas sendiri adalah masa peralihan dari remaja menjadi dewasa. Dalam masa peralihan ini, terjadi beberapa perubahan fisik, emosi, sikap, dan perilaku.

Populasi Perempuan yang Alami Menopause Diperkirakan Meningkat

Seluruh perubahan ini sangat wajar dialami oleh setiap orang, bahkan ada orang yang panik pada saat memasuki masa pubertas, terutama ketika menghadapi beberapa perubahan tersebut. Ketika masa pubertas, beberapa orang mulai merasa canggung dan tidak percaya diri dengan teman atau lawan jenis mereka. Padahal, hal itu sangat normal terjadi pada remaja yang sedang pubertas.

Penanda utama bagi perempuan yang sedang mengalami masa pubertas adalah menstruasi pertama yang terjadi di usia 12 sampai 13 tahun. Sedangkan pada laki-laki ejakulasi pertama yang umumnya terjadi di usia 13 tahun. Nah, untuk lebih memahaminya, simak tips sukses pubertas berikut ini yang disadur dari healthline.com.

4 Tips Sukses dari Bill Gates dan Daniel Lubetzky untuk Para Pejuang

Lalu, Apa Saja Tips Sukses Pubertas?

1. Amati Perubahan Tubuh

Keluar Haid Jelang Berbuka Batalkah Puasanya? Begini Kata Ustaz Adi Hidayat

Remaja putri di masa pubertas

Photo :
  • inmagine

Pada masa pubertas kamu harus mengamati tinggi badan dan juga berat badan yang terjadi. Bukan hanya itu, beberapa bentuk fisik pun juga akan berubah, seperti ukuran kaki yang akan lebih besar dari bentuk biasanya. Ketika mengalami ini, jangan panik, persiapkan diri, dan atur pola makan. Selain itu, hindari begadang karena akan berbahaya untuk masa pertumbuhan.

2. Tangani Bau Badan

Bau badan

Photo :
  • U-Report

Pada masa remaja kamu akan disibukan dengan berbagai kegiatan dan biasanya akan lebih berkeringat, baik untuk laki-laki maupun perempuan. Cegah bau badan dengan cara mandi secara tertatur, pilihlah sabun mandi yang bisa mengatasi keringat berlebih. Selain itu, bawa dan pakailah deodorant serta parfum untuk menjaga tubuh supaya tetap wangi.

3. Atasi Jerawat dengan Benar

Gaya Hidup Sehat dapat Menghilangkan Jerawat

Photo :
  • vstory

Pada masa pubertas, hormon akan membawa berbagai perubahan yang dampaknya terlihat seperti munculnya jerawat. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan pelembab, toner, dan pembersih wajah sesuai dengan kulitmu. Hati-hati ketika memilih produk, karena tidak semua produk bisa bersahabat dengan kulit seorang remaja. Jadi, gunakan produk yang berbahan dasar tumbuhan atau masker alami.

4. Kontrol Suasana Hati

Emoticon suasana hati perasaan.

Photo :
  • U-Report

Masa pubertas yang dialami oleh seseorang akan berbeda dengan orang lain. Tapi, ketika masa remaja ini, emosi cenderung lebih meluap-luap. Jadi, kontrol suasana hati kamu supaya lebih tenang, dekatkanlah diri dengan Tuhan, keluarga, dan cobalah untuk hangout yang positif bersama teman-teman.

5. Menstruasi dan Mimpi Basah

Kram perut seringkali dialami wanita saat periode menstruasi.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Pada suatu waktu, seorang remaja perempuan akan mengalami menstruasi, dan seorang remaja laki-laki akan mengalami mimpi basah. Untuk perempuan, mulailah catat tanggal pertama haid sampai akhir, dan kemudian hitunglah siklus ketika bertemu dengan haid bulan berikutnya. Waspadalah bila kamu merasa siklus haid tidak teratur atau bahkan bulan depan tidak haid.

6. Lebih Bersih

gaya hidup sehat

Photo :
  • U-Report

Dengan menerapkan hidup bersih sejak remaja, maka kamu akan terbiasa hidup bersih sampai kapan pun. Misalnya dengan mandi tepat waktu, memakai parfum, membersihkan dan merapikan kamar, serta memantaskan diri sebelum keluar dari rumah.

7. Dekati Keluarga

Ilustrasi keluarga makan bersama

Photo :
  • U-Report

Pada masa remaja, emosi seseorang biasanya tidak akan terkontrol dan mempunyai banyak sekali pemicu, salah satunya adalah lingkungan sekitar. Jadi, cobalah berani bercerita dan terbuka kepada keluarga sejak dini serta ceritakanlah keluh kesahmu.

8. Jangan Bandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Ilustrasi membandingkan diri dengan yang lain

Photo :
  • U-Report

Perasaan minder dan takut kerap dialami oleh seorang remaja yang tengah pubertas. Jadi, cobalah untuk lebih percaya diri, temukan dan lakukan hobi apa yang disukai. Kamu juga bisa dengan mengikuti ekstrakurikuler yang ada di sekolah dan mulai berteman dengan teman di kelas lain.

9. Kontrol Hasrat Seksual

 Tips sukses pubertas

Photo :
  • U-Report

Terdapat berbagai hal yang bisa membangkitkan Hasrat seksual seseorang, terlebih untuk mereka yang sudah mengalami mimpi basah dan menstruasi. Atasi hal ini dengan baik, cobalah dekati Tuhanmu, pelajari dampak sec bebas, dan ceritakan kegelisahan kepada orang terdekat yang dipercaya.

10. Siapkan Diri untuk Hal-Hal Baru

Laki-laki puber / gambar via momjunction.com

Photo :
  • U-Report

Di masa pubertas ini akan banyak sekali hal-hal baru yang muncul seperti perubahan fisik, seperti pertumbuhan bulu yang lebih banyak dan perubahan lainnya. Persiapkan hal ini seperti dengan memakai pakaian dalam yang sesuai atau pembalut yang nyaman ketika menstruasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya