Terbukti Manjur, Ini 13 Tips Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

Ilustrasi jerawat
Sumber :
  • Freepik/Tongpatong

VIVA – Tips menghilangkan jerawat sebenarnya cukup mudah dilakukan dengan bahan alami. Tapi, terkadang banyak orang yang enggan untuk melakukannya sehingga jerawat malah semakin bertumbuh banyak. Jerawat sendiri merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan oleh peradangan kronis kelenjar pilosebasea dengan tanda hadirnya komedo, kista, pustula, dan papula. Jerawat umumnya muncul di bagian wajah, tapi tak jarang jerawat juga muncul di bagian tubuh lain seperti bahu, dada, punggung, sampai pinggul.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Hadirnya jerawat, baik di wajah atau bagian tubuh lain, bukan hanya memicu rasa sakit atau tidak nyaman, tetapi juga bisa menyusutkan rasa percaya diri. Orang juga sering menangani masalah jerawat ini dengan cara yang salah sehingga membuat kulit wajah menjadi kusam dan bahkan muncul noda hitam sampai bopeng. Perawatan jerawat dapat dilakukan secara konvensional, namun tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan muncul efek samping yang tidak diinginkan, seperti kemerahan, iritasi, atau kulit kering.

Tips menghilangkan jerawat ini bisa dilakukan dengan cara alami dan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah, ketimbang dengan memakai teknologi kekinian. Karena, bahan alami ini tidak terlalu berbahaya untuk semua jenis kulit daripada memakai bahan kimia. Nah, untuk kamu yang semakin penasaran dengan tips menghilangkan jerawat dengan memakai bahan-bahan alami dan mudah ditemukan di sekitar rumah, simak ulasan berikut yang disadur dari Health Line.

Kelebihan Pakai Essential Oil, Hadirkan Kekuatan Alam dalam Kehidupan Sehari-hari

Lalu, Apa Saja Tips Menghilangkan Jerawat?

1. Cuka Apel

5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

Cuka apel.

Photo :
  • U-Report

Tips menghilangkan jerawat yang pertama adalah dengan memakai cuka apel. Cuka apel dibuat dengan melumatkan apel dan kemudian memeras cairannya. Sesudah cairan tersebut didapatkan, nantinya akan ditambahkan bakteri dan ragi guna memulai proses fermentasi alkohol. Layaknya jenis cuka lain, cuka apel dikenal karena kecakapannya dalam melawan jenis virus dan bakteri yang ada di dalam tubuh. Diketahui cuka apel juga mengandung berbagai asam organik yang sudah terbukti bisa membunuh bakteri penyebab jerawat yaitu Propionibacterium acnes.

Kandungan asam suksinat dalam cuka apel sudah terbukti dapat menekan peradangan yang diakibatkan oleh P. acnes dan bisa mencegah datangnya jaringan parut. Selain itu, asam laktat juga telah terbukti bisa menghilangkan noda bekas jerawat. Terlebih, cuka apel ini juga akan membantu untuk menekan produksi minyak berlebih yang dapat memicu munculnya jerawat. Cara menggunakannya cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan 1 sendok makan cuka apel dan 3 sendok air. Kemudian oleskan dengan lembut ke kulit wajah. Setelah 5-20 detik, bilas dengan air bersih.

2. Madu dan Kayu Manis

Madu dan Kayu Manis.

Photo :
  • U-Report

Sumber antioksidan yang sangat baik terkandung di dalam madu dan kayu manis. Sebuah penelitian menemukan bahwa antioksidan dalam kulit lebih efektif untuk mengurangi jerawat ketimbang benzoil peroksida dan retinoid. Selain itu, madu dan kayu manis juga mempunyai sifat antibakteri yang bisa mengurangi peradangan yang mana dua faktor ini adalah sebab munculnya jerawat.

Madu dan kayu manis memang terbukti mempunyai kandungan anti-inflamasi, antibakteri, dan antioksidan yang bermanfaat untuk kulit berjerawat, namun belum ada penelitian yang membuktikan bahwa kemampuan dua bahan alami tersebut bisa mengobati jerawat. Cara penggunananya cukup mudah, campurkan 2 sdm madu dan 1 sdt kayu manis. Setelah itu, oleskan pada bagian wajah selama 10-15 menit dan kemudian bilas dengan air bersih.

3. Es Batu

Es batu.

Photo :
  • dok. pixabay

Tips menghilangkan jerawat selanjutnya adalah dengan es batu yang mungkin saja sering dilakukan oleh setiap orang. Walaupun es batu ini tidak bisa menyembuhkan jerawat secara tuntas, tapi manfaat es batu ini bisa meredakan peradangan akibat jerawat. Cara menggunakannya pun cukup mudah, kompres jerawat menggunakan es batu yang dibalut dengan kain atau handuk bersih. Es batu bermanfaat untuk mengencangkan pembuluh darah sehingga peradangan akan mereda.

4. Air Lemon

Air lemon.

Photo :
  • Unsplash

Kandungan asam sitrat yang ada di dalam air perasan lemon baik untuk digunakan sebagai tips menghilangkan jerawat secara alami. Cara menggunakan bahan ini cukup mudah, dimulai dengan kapas steril kemudian celupkan ke dalam air perasan lemon. Setelahnya, oleskan ke dalam area yang berjerawat. Diamkan selama semalam untuk hasil maksimal. Tapi, perlu diketahui bahwa tips ini mungkin saja akan menimbulkan iritasi.

5. Tea Tree Oil

Tea tree oil

Photo :

Tea tree oil sudah dimanfaatkan sejak berpuluh-puluh tahun dan disebutkan sebagai tips menghilangkan jerawat. Tak ayal jika bahan ini sudah menjadi campuran dari berbagai produk kecantikan untuk menghilangkan jerawat. Tea tree oil mempunyai sifat antibakteri dan antiradang sehingga banyak yang menganggap efektif untuk menghilangkan jerawat secara alami.

Penelitian yang terdapat dalam Journal of Cosmetology menerangkan bahwa salep yang mengandung bahan ini menimbulkan efek samping kulit kering dan iritasi. Sehingga bila kamu akan memakai bahan ini harus berhati-hati. Cara menggunakan tea tree oil cukup mudah dengan mencampurkan sedikit tea tree oil dengan 12 tetes minyak zaitun atau minyak kelapa. Setelah itu, aplikasikan ke dalam kulit yang berjerawat.

6. Teh Hijau

Teh hijau

Photo :
  • Times of India

Kandungan antioksidan polifenol yang bernama katekin di dalam teh hijau bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Tak heran bila banyak orang yang mengonsumsi atau memakai teh hijau sebagai salah satu tips menghilangkan jerawat dengan bahan alami. The hijau juga banyak digunakan sebagai produk kecantikan sehingga membantu untuk menghilangkan kotoran dan bahan yang dapat menyebabkan kerusakan sel, termasuk jerawat.

7. Putih Telur

Masker putih telur.

Photo :
  • U-Report

Tips menghilangkan jerawat berikutnya adalah putih telur. Hal ini karena mengandung protein dan vitamin yang diyakini bisa membantu untuk mengencangkan kulit dan mengeluarkan minyak berlebih. Putih telur juga bisa mencegah penyumbatan dalam pori-pori dan juga membantu untuk meredakan peradangan yang diakibatkan oleh jerawat.

Cara menggunakan putih telur untuk menghilangkan jerawat sangat mudah. Oleskan putih telur ke dalam area yang berjerawat dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Perlu diketahui juga bahwa telur mentah bisa mengandung bakteri yang akan mengganggu kesehatan. Oleh karena itu, pilihlah telur bersih dan organik untuk meminimalisir efek sampingnya.

8. Minyak Kelapa

Ilustrasi Minyak kelapa Murni

Photo :
  • U-Report

Bahan dapur ini disinyalir dapat menjadi salah satu tips menghilangkan jerawat secara alami. Minyak kelapa mengandung antiinflamasi dan antibakteri yang diyakini bisa menghancurkan bakteri yang menyebabkan jerawat. Selain itu, masker alami yang terbuat dari minyak kelapa juga dipercaya bisa mengurangi kemerahan dan pembengkakan dalam jerawat. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak kelapa pada area yang berjerawat dan kemudian bilas dengan air bersih.

9. Bawang Putih

Teh bawang putih

Photo :
  • Times of India

Bahan ini sudah dipercaya bisa menghilangkan jerawat secara alami. Tips menghilangkan jerawat dengan bawang putih diyakini bisa membantu untuk Mengatasi infeksi dan juga meningkatkan kemampuan tubuh dalam membunuh bakteri. Untuk menghilangkan jerawat dengan bahan ini, kamu hanya perlu mengonsumsinya setiap hari dengan memasukan ke dalam masakan. Dengan begitu, manfaatnya akan lebih optimal. Karena bila langsung mengaplikasikan ke dalam area berjerawat, rentan untuk terjadi iritasi.

10. Lidah Buaya

Gambar lidah buaya.

Photo :
  • vstory

Gel lidah buaya banyak sekali manfaatnya, salah satunya adalah untuk mengilangkan jerawat. Lidah buaya akan membantu untuk meredakan peradangan yang diakibatkan oleh jerawat. Bahan aktif yang terkandung dalam lidah buaya adalah asam salisilat dan sulfur yang bermanfaat untuk mengobati jerawat. Caranya cukup mudah, oleskan gel lidah buaya ke dalam arena berjerawat. Lakukan cara tersebut selama 1 sampai 2 kali sehari.

11. Mentimun

Mentimun.

Photo :
  • U-Report

Kandungan anti-inflamasi dalam mentimun dipercaya bisa menghilangkan jerawat. Inilah sebabnya banyak orang yang sudah memakai irisan timun untuk melawan mata bengkak. Selain itu, mentimun juga bisa bermanfaat untuk memerangi dan menghilangkan jerawat serta membantu untuk meredakan kemerahan. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu memotong dan blender mentimun. Setelah itu masukkan 2 sdm gel lidah buaya dan ½ sdt sari lemon. Aplikasikan ke dalam kulit berjerawat dan bilas dengan air bersih.

12. Hindari Stres

Ilustrasi wanita/marah/stres.

Photo :
  • Freepik/wayhomestudio

Selain dengan bahan alami, jerawat juga bisa hilang asalkan kamu menghindari stres. Hormon yang dilepaskan ketika sedang stres bisa meningkatkan produksi sebum dan juga peradangan kulit yang akan membuat jerawat lebih buruk. Karena banyak penelitian yang membuktikan bahwa ada keterkaitan antara stres dengan keparahan jerawat. Bahkan, stres juga akan memperlambat penyembuhan luka sampai 40%.

13. Olahraga

Inovasi daur ulang botol plastik menjadi pakaian olahraga

Photo :
  • ist

Olahraga bisa meningkatkan sirkulasi darah sehat. Peningkatan aliran darah ini bisa membantu untuk menyehatkan sel-sel kulit yang bisa membantu untuk mencegah jerawat. Olahraga juga turut berperan dalam mengatur hormon. Sebuah penelitian juga menerangkan bahwa olahraga bisa mengurangi stres dan kecemasan karena kedua berperan untuk memunculkan jerawat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya