Ingin Tetap Romantis? 18 Tips Hubungan Langgeng yang Kerap Diabaikan

Ilustrasi pasangan.
Sumber :
  • Freepik/halayalex

VIVA – Tips hubungan langgeng sebaiknya diketahui oleh semua orang, karena pastinya akan menjalani kehidupan bersama pasangan. Dalam sebuah hubungan pasti tidak akan semulus jalan tol, berbagai konflik akan membuat pasangan goyah dan bahkan saling meninggalkan. Mempunyai hubungan yang langgeng dan harmonis tentunya adalah dambaan untuk setiap pasangan. Karena, perpisahan merupakan sesuatu hal yan sangat menyakitkan dan tidak bisa dihindari. Tapi, memang bukan perkara mudah untuk mempertahankan sebuah hubungan. Apalagi untuk kamu yang sudah menjalin hubungan selama bertahun-tahun.

Bright Vachirawit Konfirmasi Hubungan Asmaranya dengan Nene Pornnapan

Selain itu, sifat buruk dan kebiasaan yang tidak disukai akan muncul dari pasangan seiring dengan berjalannya waktu. Bukan hanya kamu yang tidak suka, pasangan pun bisa sebaliknya, ada yang tidak disukai dalam diri kamu. berbagai masalah yang silih berganti akan membawa kamu dan pasangan ke dalam tahap ini. Nah, bila kamu baru memulai sebuah hubungan atau malah sedang menjalani hubungan, simak ulasan berikut tentang tips hubungan langgeng yang disadur dari Hello Relish.

Lalu, Apa Tips Hubungan Langgeng?

Pembunuhan di Wonogiri Ternyata Motifnya Sakit Hati, Korban Tidak Boleh Balikan dengan Mantan

1. Pertahankan identitas 

Hubungan baru sangat menggairahkan, dan meskipun mudah untuk melemparkan diri kamu dengan penuh semangat untuk menemukan minat yang sama dan cita-cita bersama, penting juga untuk mempertahankan identitas kamu sebagai diri sendiri. Kita semua tahu bahwa pasangan tak terpisahkan yang kepribadian dan minatnya tampaknya telah sepenuhnya menyatu menjadi satu. Dan kita semua bisa sepakat bahwa itu bukanlah relationship goals. Hubungan yang sehat dan jangka panjang mengakui individualitas, dan fakta bahwa identitas serta minat yang berbeda dapat saling melengkapi untuk menciptakan ikatan yang lebih kuat.

Nikita Mirzani Bongkar Kelakuan Pasangan yang Posesif: Sindir Rizky Irmansyah?

2. Buat tujuan bersama

Sementara menciptakan tujuan pribadi adalah cara yang baik untuk mempertahankan identitas kamu dalam hubungan jangka panjang, penting juga untuk berbagi tujuan masa depan dengan pasangan kamu. Tetapkan hal-hal yang ingin kamu kejar sebagai pasangan sehingga bisa membayangkan setidaknya sebagian dari masa depan kamu bersama pasangan.

Menciptakan tujuan bersama sejak dini dapat membantu umur panjang suatu hubungan dengan memastikan bahwa kamu dan pasangan memiliki pemahaman yang sama tentang keputusan hidup yang penting seperti memiliki anak, tinggal di dekat keluarga besar, memiliki hewan peliharaan, dan lain sebagainya.

3. Kompromi

Gaya berpacaran di tempat terbuka.

Photo :
  • Pixabay/AdinaVoicu

Meskipun individualitas itu penting, kamu harus berjalan di garis tipis untuk mengekspresikan diri dan pendapat kamu tanpa menutupi ekspresi atau kebutuhan pasangan kamu. Mempertahankan identitas dan menciptakan tujuan bukanlah tentang memprioritaskan diri di atas pasangan. Jadi, pastikan bahwa kamu membangun hubungan panjang dengan pikiran terbuka sehingga bisa saling mencapai keputusan dalam sebuah hubungan.

Terkadang ini berarti tidak selalu mendapatkan apa yang kamu inginkan, dan itu bisa menjadi sesuatu yang sulit untuk ditelan, tetapi pada akhirnya penting bagi hubungan untuk memberi dan menerima. Kompromi adalah salah satu dari tips hubungan langgeng, bersama dengan komitmen, kepedulian, persahabatan, dan komunikasi.

4. Pahami gaya komunikasi

Komunikasi

Photo :
  • U-Report

Sama seperti setiap orang memiliki astrologi dan tipe kepribadian mereka sendiri, setiap orang memiliki gaya komunikasi yang memengaruhi cara berinteraksi dengan orang lain dan cara untuk menangani konflik. Memahami gaya komunikasi pribadi serta gaya komunikasi pasangan  dapat membantu mengatasi kesalahpahaman dan konflik. Keterampilan ini tidak hanya akan meningkatkan komunikasi dalam hubungan kamu, tetapi juga akan bermanfaat untuk berkomunikasi di tempat kerja dengan teman atau keluarga. 

5. Pelajari cara mendengarkan

Menjadi pendengar yang baik adalah aset besar tips hubungan langgeng. Menjadi pendengar yang baik tidak terbatas hanya pada keterampilan mendengarkan secara aktif, tetapi juga melibatkan pemahaman tentang peran kamu dalam percakapan. Kamu harus menyadari bahwa pasangan tidak mencari nasihat, melainkan hanya ingin curhat dan didengarkan saja. Dengan demikian, kamu bisa menempatkan apa peran yang seharusnya dalam sebuah curhatan atau percakapan.

6. Rangkullah konflik yang sehat

Pasangan sedang konflik.

Photo :
  • U-Report

Bagi sebagian orang, konflik yang sehat mungkin tampak seperti sebuah oxymoron. Lagi pula, kita sering menganggap konflik sebagai perkelahian atau ledakan besar. Namun, menangani ketidaksepakatan kecil dalam tahap awas sebetulnya bisa mencegah ledakan di kemudian hari. Konflik adalah bumbu dalam sebuah hubungan, jadi menerima konflik dan belajar dari perselisihan merupakan keterampilan hidup yang penting. 

7. Pengampunan

Beberapa konflik mutlak diperlukan, tetapi agar suatu hubungan pulih dari konflik, kedua orang tersebut perlu merangkul dan menyempurnakan dengan saling memaafkan. Tidak semua konflik akan berakhir dengan penyelesaian damai, tetapi bahkan jika itu terjadi, penting untuk belajar bagaimana bergerak dari ketidaksepakatan dengan cara yang berarti. Hubungan yang sehat dan langgeng berkembang ketika kamu dapat mencintai pasangan meskipun ada perbedaan.

8. Hormat

Rasa hormat adalah aspek kunci sebagai tips hubungan langgeng. Kamu harus menghormati pasangan sebagai individu, sebagai pengambil keputusan, dan setara dalam hubungan. Rasa hormat tidak selalu berarti melihat langsung pada setiap hal kecil, tetapi itu berarti menghargai sudut pandang dan masukan pasanganmu. 

Menghargai diri sendiri dalam suatu hubungan juga sangat penting. Kamu tahu jenis perilaku apa yang baik dan tidak baik, tidak menerima apa pun di bawah standar kamu, dan berpegang teguh pada standar yang sama dengan perilaku kamu. Rasa hormat timbal balik akan membuka jalan bagi semua aspek lain dari hubungan langgeng yang sehat seperti komunikasi dan kompromi yang baik.

9. Cobalah sesuatu yang baru

Kesalahan pasangan

Photo :
  • U-Report

Ketakutan besar, dan sangat umum, dalam hubungan apa pun adalah basi atau bosan. Ketika fase bulan madu akhirnya habis dan kamu merasa terjebak dalam kebiasaan. Sebagian besar hubungan langgeng mengalami periode kedekatan. Dengan demikian, ini pasti akan datang ketika kamu dan pasangan merasa terjebak dalam kebiasaan serta rutinitas normal. 

Untuk menghindari rasa bosan, atau untuk membantu diri kamu keluar dari dalam situasi ini, cobalah sesuatu yang baru dengan pasangan, baik itu restoran baru yang ingin dicoba, aktivitas baru yang kamu berdua minati, atau sesuatu yang baru di kamar tidur, penting untuk memperkenalkan beberapa hal baru untuk hubungan.

10. Terus belajar bersama

Belajar adalah bagian besar dari segala bentuk pertumbuhan. Sebagai individu, kita belajar seiring bertambahnya usia dan menjadi lebih dewasa. Sebagai individu, kita semua harus mencari cara baru untuk belajar seiring bertambahnya usia, terutama ketika merasa terjebak dalam kebiasaan atau tidak puas. Mempelajari keterampilan baru atau pengetahuan baru adalah pengalaman berharga yang dapat mengalihkan perhatian dari situasi pekerjaan atau kehidupan yang penuh tekanan atau tidak memuaskan.

Selain menjadi keterampilan penting bagi diri sendiri, ada baiknya mendorong pasangan kamu untuk mempelajari keterampilan baru, atau bahkan menyarankan untuk mempelajari sesuatu yang baru bersama. Jika minat kamu tidak sama persis, ini mungkin agak sulit, tetapi selain itu cara yang sangat menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama dan untuk berkembang. Menemukan cara untuk tumbuh sebagai individu, bersama-sama, akan menciptakan ikatan kuat sebagai salah satu tips hubungan langgeng.

11. Aktif Berolahraga

Candreva dan istri melakukan olahraga

Photo :
  • Instagram Candreva

Menjaga kesehatan pribadi kamu adalah kunci untuk mempromosikan kesehatan fisik dan mental yang baik. Menjadi aktif adalah cara yang baik untuk tetap bertahan membentuk, dan meningkatkan endorfin yang terkait dengan suasana hati dan juga produktivitas. Kamu dapat berolahraga dengan pasangan atau sendiri.

Karena, kesehatan kamu akan menghasilkan kualitas hidup yang lebih tinggi dan juga kualitas hubungan yang lebih baik. Mendorong perilaku ini pada pasangan adalah cara untuk menunjukkan kepada mereka bahwa kamu peduli dengan kesehatan dan kehidupan mereka.

12. Dukung pasangan kamu saat sakit

Kesetaraan sangat penting dalam setiap hubungan, beberapa keadaan, seperti sakit, mengharuskan kamu untuk mengambil peran merawat pasangan. Penting untuk menunjukkan kepada pasangan kamu bahwa kamu peduli dengan mereka, dan bersedia mengorbankan sebagian dari waktu kamu untuk mendukung mereka melalui masa-masa sulit.

13. Jaga agar romansa tetap hidup

Romantis

Photo :
  • U-Report

Beli bunga, puji pasangan, dan luangkan sedikit waktu ekstra untuk tampil cantik sebelum berkencan dengan pasangan. Terus-menerus merasa diinginkan oleh pasangan adalah komponen penting dari tips hubungan langgeng. Cara sederhana untuk menunjukkan keinginan dan dedikasi adalah melalui tindakan romantis kecil yang awalnya menarik satu sama lain. Apa pun yang berhasil di awal mungkin akan tetap memikat pasangan kamu, tetapi jangan takut untuk mencoba hal baru.

14. Kepercayaan

Belajar memercayai orang lain bisa menjadi tugas yang menakutkan, karena itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Tapi, kepercayaan sangat penting untuk dipupuk sebagai salah satu tips hubungan langgeng, karena itu menciptakan kepercayaan adalah sesuatu hal yang penting.

15. Kenali bahasa cintamu

Bahasa cinta

Photo :
  • U-Report

Seperti gaya komunikasi yang disebutkan sebelumnya, penting untuk memahami bahasa cinta kamu dan pasangan. Bahasa cinta adalah cara berbeda yang diekspresikan dan alami, melalui kata-kata penegasan, waktu berkualitas, menerima hadiah, melayani pasangan, atau sentuhan fisik. Menyelaraskan dengan bahasa cinta pasangan dapat membantu kamu mengenali bagaimana mereka menunjukkan cinta mereka dan bagaimana mereka ingin kamu menunjukkan cinta kamu.

16. Terbuka untuk berubah

Saat menjalin hubungan, kedua pasangan harus terbuka untuk berubah. Bagaimanapun, perubahan adalah bagian yang tak terhindarkan dari kehidupan, jadi pasti ada beberapa perubahan dalam hubungan kamu. Perubahan seringkali merupakan konsep yang menakutkan untuk dipikirkan, terutama jika kamu melihat perubahan sebagai hilangnya aspek tertentu dari hubungan. 

17. Hindari perbandingan

Di era media sosial, mudah untuk membandingkan diri kamu dan hubungan kamu dengan apa yang kamu lihat di media sosial. Jauh di lubuk hati kita tahu bahwa orang-orang mengatur kehadiran media sosial mereka untuk menunjukkan bagian yang baik dan menarik dari kehidupan mereka. Semua hubungan mengalami pasang surut, tidak peduli apa yang tercermin pada unggahan Instagram orang lain. Jadi jangan jatuh ke dalam perangkap perasaan tidak mampu atau tidak dicintai karena perbandingan yang tidak adil yang dipicu oleh media sosial.

18. Bertanggung jawab atas kebahagiaan hubungan

Pasangan Bahagia

Photo :
  • U-Report

Hubungan dapat dan harus menjadi sumber kegembiraan dalam hidup kamu, tetapi pada akhirnya, kamu bertanggung jawab atas kebahagiaan sendiri. Tidak ada keraguan bahwa pasangan kamu akan berkontribusi pada kebahagiaan kamu, tetapi bukan peran mereka untuk membuat kamu bahagia, dan jika kamu membebani mereka dengan tugas besar itu, itu hanya akan menyebabkan frustrasi di kedua sisi.

Dalam sebuah hubungan, penting untuk menyadari bahwa kamu adalah satu-satunya yang memiliki kendali penuh atas kesehatan mental kamu. Pasangan kamu dapat berkontribusi dengan cara yang positif pada kondisi mental kamu, namun tetap kamu adalah mengambil tindakan untuk menjaga kesehatan dan kebahagiaan mental diri sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya