9 Tips Foto Aesthetic dengan Menggunakan HP, Cocok untuk Traveling

ilustrasi kamera ponsel
Sumber :
  • www.pixabay.com/Pexels

VIVA – Tips foto aesthetic sebenarnya tidak terlalu sulit meski menggunakan ponsel sekalipun. Seiring dengan kemajuan teknologi semakin banyak orang yang menginginkan foto aesthetic untuk dibagikan ke dalam feed media sosial. Aethetic sendiri merupakan seperangkat prinsip yang membuat sebuah foto menjadi lebih indah. Walaupun kamu tidak memiliki kamera DSLR yang canggih, bukan berarti kamu tidak dapat menciptakan foto yang aesthetic. Jika kamu mengetahui cara foto yang tepat, maka kamera ponsel pun akan menghasilkan foto yang aesthetic.

Hyundai Santa Fe Baru Tertangkap Kamera sedang Tes Jalan di Jakarta

Kebanyakan orang saat ini ogak untuk mengulik lebih dalam mengenai kamera yang ada di ponselnya. Dengan kata lain, mereka hanya menggunakan model default saja. Akhirnya, gambar yang diciptakan sangat standar dan bahkan tidak aesthetic seperti kebanyakan orang. Padahal bila kita mengikuti tips foto aethetic memakai kamera ponsel dengan benar, dijamin hasil fotonya akan terlihat profesional. Apalagi untuk kamu yang mempunyai hobi traveling, tips ini pastinya akan sangat berguna. Nah, untuk lebih jelasnya, simak ulasan mengenai tips foto aesthetic yang disadur dari Pixpa.

Lalu, Bagaimana Tips Foto Aesthetic?

Merinding, Beredar Gambar yang Diduga Penampakan Seorang Youtuber Cantik Swafoto dengan Setan

Tentukan Objek Fokus

ilustrasi kamera ponsel

Photo :
  • www.pixabay.com/Pexels
Fakta-fakta WNA China Tewas Terjatuh di Kawah Ijen, Rok Tersangkut Pohon saat Foto

Tips foto aesthetic yang pertama adalah menentukan dan memastikan objek fokus. Karena, semua ponsel tentunya sudah dilengkapi dengan fitur yang bisa mengatur fokus dan exprosure. Tips ini dapat diawali dengan menjaga objek untuk tetap fokus supaya tidak buram. Kamu hanya perlu melakukan klik di layar ponsel dan lensa akan secara otomatis menangkap titik fokus dari objek yang dipilih. Tips ini memang cukup sederhana, namun kerap dilupakan.

Angle yang Tepat

Sudut pandang (angle) menentukan bagus atau tidaknya hasil foto makanan.

Photo :
  • Dok. Polytron

Kunci dari sebuah foto yang keren adalah angle foto yang tepat. Pada tahap ini, kamu dituntut untuk lebih kreatif dalam memilih angle mana yang sesuai, sebab setiap sudut dapat menghasilkan cerita yang berbeda-beda. Salah satu angle dari tips foto aesthetic yang kerap digunakan sampai saat ini adalah prespective photography. Teknik tersebut akan membuat perubahan pada bentuk, ukuran, dan kedalaman bidang karena perbedaan sudut pandang dalam objek dan kamera.

Aktifkan Grid

Tips foto aesthetic selanjutnya bila memakai ponsel adalah dengan mengaktifkan grid dalam layar. Grid merupakan garis bantu di dalam layar yang akan memudahkan kamu dalam membagi posisi setiap objek yang ada di dalam kamera. Biasanya posisi ideal dari objek harus berada di titik persimpangan dari garis bantu atau berada di tengah. Bila posisi berada d tengah, kamu tidak usah khawatir bila foto yang dihasilkan akan miring.

Atur Cahaya

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kualitas pencahayaan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan selain beberapa hal di atas. Karena dengan pencahayaan yang tepat akan menghasilkan foto yang tampak lebih jelas dan tentunya aesthetic. Kamu dapat memakai cahaya matahari sebagai cahaya alami. Biasanya, waktu yang tepat untuk bisa mendapatkan hasil jepretan yang aesthetic adalah di pagi hari atau menjelang sore hari.

Manfaatkan Properti

Foto objek menggunakan Nokia 6.1 Plus

Photo :

Tips foto aesthetic berikutnya adalah dengan memanfaatkan properti yang ada di lingkungan sekitar pemotretan atau yang ada di rumah. Misalnya adalah dengan outfit yang sedang kamu pakai, atau jam tangan yang sedang kamu pakai, sepatu, tas, kacamata, atau aksesoris lain. Selain itu, kamu juga dapat menyusun di tempat tidur. Namun, warna sprei harus selaras dengan outfit yang akan dipakai sebagai aksesoris.

Atur Shutter Speed

Agar memperoleh foto yang aesthetic, kamu harus mengatur shutter speed pada kamera. Karena ini sangat berguna bila kamu menginginkan untuk memotret dengan cahaya yang diserap oleh kamera. Cara mengaturnya dalam kamera sangat mudah. Bila kamera bawaan ponsel tidak mempunyai pengaturan tersebut, maka gunakan bantuan aplikasi yang sudah tersedia di toko aplikasi.

Gunakan Tripod

DIY Tripod

Photo :
  • YouTube

Tips foto aesthetic ini memang terdengar cukup ribet. Tapi, foto yang dihasilkan dengan memakai tripod tampak lebih stabil. Memakai tripod akan mencegah shaky yang berpotensi untuk membuat foto tampak buram. Dengan memamakai tripod ini, akan lebih memudahkan kiamu dalam mengatur fokus gambar. Bahkan, tripod juga begitu efektif untuk dipakai memotret dengan slow speed dalam keadaan minim cahaya, lho!

Gunakan Filter yang Sesuai

Kesalahan yang kerap dialami oleh kebanyak orang adalah penggunakan filter yang sangat berlebihan. Perlu diingatkan bahwa tujuan utama kamu bukan hanya menghiasi, melainkan untuk memperkuat kesan foto sehingga tampak lebih aesthetic. Kamu harus memakai aplikasi yang pas untuk menyesuaikan dan memanfaatkan fitur crop, kontras, vignette, dan lain sebagainya. Tapi ingat, jangan memberikan filter yang berlebihan.

Edit Sebelum di Unggah

Aplikasi edit foto.

Photo :
  • Meitu

Tips foto aesthetic ini cukup penting diterapkan supaya hasil foto menjadi semakin keren. Jadi, pastikan gambar yang akan kamu unggah ke media sosial adalah foto terbaik yang sudah diedit sebelumnya. Kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi yang sudah tersedia di toko aplikasi karena sudah mempunyai fitur pengeditan yang cukup menarik.

Selain itu, kamu juga dapat memilih aplikasi edit foto yang telah terbukti bisa menghasilkan foto terbaik. Sebaiknya memilih aplikasi yang praktis atau sudah dikuasai supaya kamu tidak kesulitan ketika melakukan pengeditan. Misalnya aplikasi edit foto Photoshop, Lightroom, Google Camera, dan lain sebagainya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya