Sopir Vanessa Angel Videokan saat Mengemudi, Ini Bahaya Main Ponsel

Beredar video IG stories pengendara mobil Vanessa Angel dalam tragedi kecelakaan maut di Jombang
Sumber :
  • IG @tubagusjoddy

VIVA – Netizen menemukan sopir Vanessa Angel, sempat mengunggah video di fitur Instagram stories-nya. Sang sopir terlihat sedang berada di balik kemudi dan berkendara dengan kecepatan tinggi.

Viral Bocah 5 Tahun Kemudikan Mobil PLN, Begini Kronologi Sebenarnya

Kecelakaan tunggal tersebut menewaskan Vanessa Angel dan Febri Ardiansyah. Faktanya, memainkan ponsel di balik kemudi mobil saat tengah melaju kencang sangat berbahaya.

Bahaya Mengemudi Sambil Main Ponsel

Tips Aman Mengemudi Mobil saat Puasa di Bulan Ramadan

Ilustrasi menelepon saat mengemudi.

Photo :
  • Pixabay/Luxstorm

Dikutip dari laman Kr Law Group, sejumlah kecelakaan lalu lintas, cedera, dan kematian yang terkait dengan penggunaan ponsel saat mengemudi. Untuk benar-benar memahami betapa berbahayanya menggunakan perangkat elektronik saat mengoperasikan kendaraan, mari kita lihat data dari Komisi Komunikasi Federal (FCC) dan Kepolisian Negara Bagian Illinois.

Diduga Kirim Santet ke Stevie Agnecya, Icha Annisa Ternyata Dulu Dekat dengan Vanessa Angel

Sekitar sembilan orang tewas dan lebih dari seribu terluka setiap hari dalam insiden mengemudi yang terganggu. Penggunaan ponsel berkontribusi pada tingginya jumlah tabrakan tersebut. Pada tahun 2015, 3.477 orang tewas, dan 391 ribu orang terluka dalam kecelakaan mengemudi yang terganggu. 

Di Amerika Serikat, 660 ribu pengemudi menggunakan ponsel atau perangkat elektronik lainnya pada siang hari. Mayoritas pengemudi yang menggunakan ponsel saat mengemudi berusia antara 16 dan 24 tahun.

Mobil Mistubishi Pajero Sport milik Vanessa Angel yang alami kecelakaan

Photo :
  • Istimewa

Di samping itu, penggunaan ponsel menyebabkan kemacetan lalu lintas karena kinerja kognitif pengemudi menurun secara signifikan ketika mereka menggunakan ponsel. Faktanya, penggunaan ponsel saat mengemudi meningkatkan kemungkinan terjadinya kecelakaan hingga 400 persen.

Sekedar mengirim pesan di ponsel juga berbahaya karena pengemudi mengalihkan pandangan dari jalan dan tangan dari kemudi. Apalagi jika sambil merekam di tengah mobil yang melaju kencang. Sebab, mengemudi menuntut tingkat konsentrasi dan perhatian yang tinggi. 

Tentunya, menggunakan ponsel membahayakan keselamatan diri kita sendiri dan orang lain di jalan. Maka dari itu, sebaiknya tak memainkan ponsel saat sedang berkemudi dan segera melipir di bahu jalan jika sangat butuh memakai ponsel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya