Mau Liburan? Ini 6 Tips Berwisata saat Musim Hujan

Ilustrasi hujan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Tips berwisata saat musim hujan wajib diketahui oleh seorang traveller. Sebab, curah hujan yang tinggi sempat melanda berbagai wilayah di Indonesia akhir-akhir ini. Bahkan, beberapa daerah, termasuk Jakarta, menyebabkan banjir serta musibah lainnya seperti longsor dan juga banjir bandang.

Pemilik Mobil Ini Niat Curhat karena Merasa Terzalimi Pengendara Lain, Eh Malah Kena Hujat

Walaupun tengah memasuki musim hujan, bukan berarti aktivitas travelling atau berwisata ini tidak bisa dilakukan sama sekali di musim hujan.

Pada situasi ini, masyarakat yang akan bepergian untuk berwisata dianjurkan untuk mempunyai perencanaan yang matang guna menghindari berbagai kemungkinan yang akan terjadi. Bukan hanya sekadar untuk mencegah masa sulit karena kehujanan, namun untuk keselamatan jiwa dan raga serta keluarga.

Waspada Bahaya Diare pada Anak! Kenali Gejalanya Segera!

Dihimpun dari berbagai sumber, untuk kamu yang berencana travelling, berikut adalah tips berwisata saat musim hujan yang wajib diketahui.

Lantas, Apa Saja Tips Berwisata Saat Musim Hujan?

Waspada Leptospirosis di Musim Hujan dan Banjir: Kenali Gejalanya Segera!

1. Siapkan Perlengkapan Antibasah

Wanita pakai payung dan masker.

Photo :
  • Unsplash/Tore F

Ketika musim hujan tiba dan akan bepergian, membawa perlengkapan untuk melindungi cipratan air hujan merupakan salah satu yang wajib dilakukan. Pastikan juga bahwa payung dan jas hujan selalu tersimpan rapi di dalam tas.

Kedua barang ini bukan hanya membantu untuk menutupi derasnya air hujan supaya tidak basah, tetapi juga akan melindungi barang bawaan berharga yang tidak boleh terkena air seperti ponsel, kamera, atau laptop.

Selain itu, pikirkan juga untuk memakai tas waterproof supaya perlindungan semakin maksimal dan barang-barang berharga tidak mudah rusak karena terkena air. Sandal karet dan juga pelindung sepatu dapat dipertimbangkan sebagai salah satu tips berwisata saat musim hujan.

2. Pilih Destinasi Wisata

Ilustrasi museum.

Photo :
  • U-Report

Bila kamu hendak berwisata di musim hujan seperti sekarang, dianjurkan untuk memilih tempat yang berada di dalam ruangan atau indoor. Contohnya adalah mal, museum, atau galeri.

Memang tempat-tempat tersebut tidak menawarkan pengalaman unik layaknya berwisata di alam terbuka seperti gunung atau pantai. Tapi, berwisata di dalam ruangan bisa menjadi sebuah hiburan tanpa melewatkan momentum liburan.

3. Bawa Vitamin dan Obat Ringan

Vitamin C

Photo :
  • Times of India

Pertahanan yang paling utama ketika menghadapi cuaca buruk adalah dengan daya tahan tubuh yang baik. Oleh sebab itu, biasakan untuk mengonsumsi vitamin dan juga makanan yang bermanfaat untuk menambah kekuatan imun tubuh ketika musim hujan.

Selain itu, sediakan juga obat-obatan ringan, misalnya adalah obat sakit kepala, minyak gosok, dan lainnya sebagai pertolongan pertama ketika dalam perjalanan.

4. Konsumsi Makanan Hangat

Ilustrasi Soto Ayam Madura

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Ke mana saja kamu pergi, jangan sampai perut kosong. Akan lebih baik lagi, apabila menghangatkan diri dengan memakan makanan yang berkuat di sela-sela waktu kunjungan.

Pilihan makanan hangat ini sangat beragam, mulai dari sup, soto, atau sekadar minuman hangat, contohnya adalah wedang jahe yang cocok untuk dikonsumsi ketika cuaca dingin.

5. Periksa Kondisi Cuaca

Petugas memantau kondisi cuaca di Stasiun Klimatologi dan Radar Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin mumpuni, saat ini sudah banyak kanal yang menyediakan informasi tentang ramalan cuaca pada hari itu dan juga di lokasi tujuan. Sebelum pergi, pastikan juga untuk mengetahui potensi cuaca di hari tersebut sehingga dapat dilakukan antisipasi.

Dianjurkan juga untuk memantau kondisi cuaca yang dilakukan secara rutin. Karena, situasi cuaca juga bisa saja berubah dalam waktu yang cepat.

6. Pakai Transportasi yang Sesuai

Ilustrasi kereta api melintas.

Photo :
  • KAI

Ketika musim hujan seperti sekarang, berkendara dengan memakai sepeda motor mungkin akan berisiko kehujanan. Tapi terkadang, memakai kendaraan ini bisa menjadi pilihan supaya lebih cepat sampai ke tempat tujuan. Jadi, pertimbangkan dengan baik sembari melihat kondisi cuaca dan tujuan destinasi.

Secara umum, berwisata dengan memakai kendaraan roda empat, angkot, dan bus akan lebih aman terhindar dari hujan atau bila cukup jauh, bisa memakai kereta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya