14 Fakta Menarik Ki Hajar Dewantara yang Jarang Diketahui

Ki Hajar Dewantara
Ki Hajar Dewantara
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Ki Hajar Dewantara atau lebih dikenal dengan Bapak Pendidikan Nasional merupakan aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia. Lewat perjuangannya di bidang politik dan pendidikan inilah, kemudian pemerintah Republik Indonesia menghormatinya dengan berbagai jabatan dalam pemerintahan RI. Ada banyak fakta menarik dari sosok Ki Hajar Dewantara yang mungkin masih jarang kita ketahui. Simak fakta-faktanya berikut ini.

14 Fakta Ki Hajar Dewantara

1. Profil Ki Hajar Dewantara

Bapak Pendidikan Nasional ini lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Nama Ki Hajar Dewantara ternyata bukanlah nama asli. Nama asli beliau yaitu Raden Mas Soewardi Soerjaningrat. Namun, pada tahun 1922 namanya menjadi Ki Hajar Dewantara hingga selanjutnya disingkat sebagai Soewardi atau KHD.

2. Melepas Gelar Bangsawan Demi Pendidikan Anak Indonesia

Terlahir sebagai pria berdarah biru dengan gelar bangsawan dari Kadipaten Paku Alaman, Ki Hajar Dewantara lebih memilih keluar dari istana untuk berbaur dengan rakyat jelata. Di usia 40 tahun, pria bernama lengkap Raden Mas Soewardi Soerjaningrat itu mengganti namanya menjadi Ki Hajar Dewantara dan tidak lagi menggunakan gelar kebangsawanan. 

3. Makna Nama Ki Hajar Dewantara