Ketahui 10 Tips Public Speaking yang Baik untuk Para Pemula

Ilustrasi Public Speaking, Pidato, konpers
Sumber :
  • Pixabay/ mohamed_hassan

VIVA – Tips public speaking yang baik mesti dipahami oleh semua orang, karena akan sangat membantu untuk dapat melakukan interaksi dan menempatkan diri dengan baik di lingkungan sekitar, baik lingkungan kerja, kuliah, atau di masyarakat. Ketika berada di dunia kerja, nantinya aka nada waktu untuk kamu berbicara di depan orang banyak, bahkan atasan, pada saat presentasi. Oleh karena itu, tips public speaking harus dipelajari dengan baik sejak dini atau sejak di bangku sekolah menengah. Sebab, berbicara di depan khalayak ramai bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Apalagi untuk kamu yang tidak memahami teknik dan cara berbicara di depan umum.

Mahfud Ungkap Obrolan dari Hati ke Hati dengan Jokowi

Public speaking sendiri adalah sebuah cara untuk berkomunikasi dengan orang lain supaya maksud dan tujuan yang akan disampaikan bisa dipahami oleh audiens. Belajar public speaking saat ini sangat diperlukan. Karena, kamu dapat mempresetasikan sebuah hal dengan lebih lancar dan juga mengurangi rasa grogi berbicara di hadapan orang lain yang bahkan tidak kamu kenali. Nah, untuk lebih memahaminya, simak ulasan mengenai tips public speaking yang baik yang disadur dari berbagai sumber.

Lantas, Apa Saja Tips Public Speaking yang Baik?

Demi Moore Berbagi Cerita Bruce Willis yang Sedang Berjuang Melawan Demensia

1. Pahami Materi

Ilustrasi menulis.

Photo :
  • pixabay.com
Gen Z dan Milenial Dilatih Public Speaking Progresif Menuju Indonesia Emas

Tips public speaking yang baik pertama adalah dengan menguasai terlebih dahulu apa materi yang hendak disampaikan kepada para audiens. Sesudah mempelajari materinya, kamu mesti benar-benar paham dan mengerti materi tersebut. Sebab, dengan menguasai materi yang hendak disampaikan, maka rasa grogi atau gugup akan semakin berkurang. Kamu juga bisa lebih percaya diri dengan apa yang akan disampaikan kepada para audiens. Bila perlu, kamu juga bisa membuat catatan mengenai garis besar dari materi tersebut supaya tidak lupa ketika nanti akan berbicara di hadapan audiens.

2. Berlatih

Ilustrasi Berbicara

Photo :
  • pixabay.com

Untuk kamu yang baru mengawali atau memulai dunia public speaking, biasakan untuk berlatih terlebih dahulu di depan kaca. Hal ini dilakukan supaya kamu bisa mengetahui apa kekurangan dan juga akan membuat diri kamu semakin siap berbicara di hadapan audiens. Selain itu, kamu juga bisa minta kepada teman atau keluarga untuk memperhatikan dan memberikan kritik kepadamu dengan jujur mengenai penampilan. Kamu harus menerima saran dan kritik dari mereka bila memang itu bisa membuat penampilan kamu jauh lebih baik.

3. Ketahui Siapa Audiens

Ilustrasi berbicara.

Photo :
  • U-Report

Tips public speaking yang baik berikutnya adalah dengan mengetahui siapa audiens. Sebelum kamu muncul di hadapan audiens, akan lebih baik bila kamu mengetahui terlebih dahulu siapa yang akan menjadi audiensnya. Hal ini dilakukan supaya kamu mempunyai strategi untuk bisa menarik perhatian mereka ketika berbicara di hadapan publik.

4. Mempunyai Pesan yang Jelas

Ilustrasi berbicara.

Photo :
  • U-Report

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, termasuk kamu yang akan melakukan public speaking. Jadi, tidak ada orang yang tidak akan melakukan kesalahan, dan kamu tidak usah mengkhawatirkan hal tersebut. Salah ketika berbicara atau lupa merupakan hal umum terjadi dalam dunia public speaking, hanya saja itu bukanlah menjadi fokus utama. Menjadi penting pada saat kamu melakukan kesalahan dan kamu bisa memulihkan diri adala sebuah kemenangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya