10 Tips Menghafal Al Quran untuk Para Pemula dengan Mudah

Sorot ghirah - Umat muslim muda menghafal ayat Alquran
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ampelsa

VIVA – Tips menghafal Al Quran sebaiknya dipahami oleh semua umat Islam. Sebab, membaca Al Quran merupakan salah satu amalan yang paling baik untuk umat Islam. Para penghafal kitab suci ini juga akan memperoleh tandak kehormatan yang berbentuk Tajul Karomah. Yakni, mahkota kemuliaan di hari kiamat nanti. Praktik menghafal Al Quran bukan hanya dilakukan oleh orang dewasa, tapi juga anak-anak. Sebab, hal ini perlu dibiasakan sejak kecil supaya hafalan bisa terjaga sampai dewasa dan juga sepanjang hidup di dunia.

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Selain itu, dari Buraidah RA, Rasulullah SAW bersabda yang artinya, “Siapa yang menghafal Al Quran, mengkajinya dan mengamalkannya, maka Allah akan memberikan mahkota bagi kedua orang tuanya dari cahaya yang terangnya seperti matahari. Dan kedua orang tuanya akan diberi dua pakaian yang tidak bisa dinilai dengan dunia. Kemudian kedua orang tuanya bertanya, “Mengapa saya sampai diberi pakaian semacam ini?” Lalu disampaikan kepadanya, “Disebabkan anakmu telah mengamalkan A -Quran,” (HR. Hakim). Nah, berikut adalah tips menghafal Al Quran seperti disadur dari Madrasatelquran.

Lantas, Bagaimana Tips Menghafal Al Quran?

Houthi: Arab Saudi Ingin Hapus Ayat Al Quran dari Buku Pelajaran untuk Menenangkan Tuntutan Zionis

1. Niat untuk Keridhaan Allah SWT

Ilustrasi Alquran.

Photo :
  • Freepik
Kerusakan Iklim dan Alam Jadi Tanda Kiamat? Begini Penjelasan Al Quran dan Sains

Kiat pertama yang harus kamu perhatikan untuk tips menghafal Al Quran adalah niat. Jika berniat baik, kamu akan mendapatkan yang baik. Pastikan bahwa niat yang kamu buat hanya karena Allah sub?anahu wa ta'ala, untuk mencari keridhaan-Nya sehingga insya Allah, dengan rahmat-Nya, kita akan mendapatkan balasan di Akhirat. Bukan untuk pamer di depan orang lain bahwa kamu telah banyak menghafal. Ketulusan bukanlah hal yang bisa dilakukan satu kali, melainkan pertempuran terus-menerus yang harus selalu kamu perbarui.

2. Hafalkan Al-Qur'an di Pagi Hari

Umat Muslim membaca Al Quran saat hari pertama puasa Ramadhan di Masjid Agung Sudirman, Denpasar, Bali

Photo :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Waktu terbaik untuk tips menghafal Al Quran di pagi hari tepat setelah sholat Subuh. Setelah melakukan sholat dan sebelum sarapan, luangkan waktu 30 hingga 50 menit untuk menghafal Al Quran. Di waktu tersebut, pikiran tenang dan memiliki kemampuan tinggi untuk menyerap informasi pada saat menghafal.

3. Pertahankan Bacaan & Pengucapan Quran yang Benar

Ilustrasi membaca Alquran.

Photo :
  • U-Report

Untuk tips menghafal Al Quran dengan benar, kamu harus terlebih dahulu membaca Al Quran dengan benar. Ini tidak dapat dipenuhi kecuali jika kamu mendengarkan penghafal Al Quran yang baik dan tepat. Jadi, jika kamu tahu cara membaca bahasa Arab tetapi tidak bisa membaca Al-Quran sebagaimana mestinya, pertama-tama kamu perlu belajar Al Quran dengan tajwid.

4. Siapkan Jadwal Hafalan Al Quran

Sorot ghirah - Umat muslim membaca Alquran di Masjid Raya Sumatera Barat, Padang

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi

Tetapkan tanggal di mana kamu ingin menyelesaikan hafiz Quran. Bagilah menjadi tujuan menghafal tahunan, bulanan, mingguan, dan harian. Ini akan membuat misi kamu jauh lebih mudah dan kamu akan merasakan pencapaian setiap hari sepanjang perjalanan.

5. Konsistensi & Komitmen pada Jadwal Menghafal

rahasia membaca Alquran

Photo :
  • U-Report

Konsisten dan berkomitmen pada jadwal menghafal kamu dan jangan lewatkan satu hari pun kecuali ada keadaan darurat. Jika kamu harus melewatkan satu hari karena hal-hal yang mendesak, gantilah pada hari berikutnya dengan menghabiskan lebih banyak waktu untuk tips menghafal Al Quran. Ingatlah selalu bahwa ingatan itu seperti otot. Semakin sering kamu menghafal, makan semakin bisa hafal, dan semakin mudah jadinya.

6. Ulangi Apa yang Telah Dihafal Lagi dan Lagi

Membaca Alquran.

Photo :
  • U-Report

Selalu awali tugas menghafal Al Quran kamu dengan bacaan dan pengulangan dari apa yang telah dihafal sebelumnya. Misalnya, sebelum menghafal bagian baru Al Quran, hafalkan apa yang telah dihafal sehari sebelumnya. Di akhir minggu, ucapkan semua yang telah kamu hafal dalam seminggu sekaligus. Di akhir bulan, lakukan proses yang sama, dan seterusnya. Ini akan menyempurnakan hafalan Quran kamu dan tidak melupakannya.

7. Bacalah Apa yang Telah Kamu Hafalkan Saat Sholat

Membaca Alquran.

Photo :
  • U-Report

Untuk berlatih lebih jauh tentang apa yang telah kamu hafal dari Quran, bacalah ayat-ayat setiap hari dalam sholat lima waktu. Jika kamu mengetahui bahwa kamu lupa sebuah ayat, segera pergi setelah sholat ke Al Quran untuk mengingat ayat tersebut.

8. Memahami Makna Ayat Al Quran

Anak membaca Alquran.

Photo :
  • U-Report

Jika kamu tidak memahami apa yang dibaca dengan baik, maka kamu juga tidak dapat menghafalnya dengan baik. Sangat penting untuk memahami arti dari ayat-ayat yang dihafal, dan mengetahui bagaimana ayat-ayat tersebut saling terkait. Jadi, kamu harus membaca tafsir atau penjelasan dari ayat-ayat yang kamu hafalkan dan harus mengingat artinya saat membacanya.

9. Pilih Lingkungan yang Bebas Gangguan

Membaca alquran.

Photo :
  • U-Report

Sama halnya dengan memilih waktu yang tepat saat pikiran tenang dan jernih, sebaiknya pilihlah tempat yang tertutup dengan sedikit atau tanpa gangguan sama sekali termasuk ponsel kamu. Ini akan meningkatkan fokus dan menghafal Quran yang lebih baik.

10. Belajar Menghafal Quran dengan Guru Profesional

Membaca alquran.

Photo :
  • U-Report

Untuk membuat misi tips menghafal Quran kamu lebih mudah dan lebih cepat, kamu bisa mendapatkan bantuan dari seorang guru profesional. Dia akan membantu dan juga membimbing kamu selangkah demi selangkah di sepanjang perjalanan hingga kamu menjadi Hafiz Quran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya