9 Tips Bangun Pagi untuk Kamu yang Selalu Kesiangan

Ilustrasi bangun tidur.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Tips bangun pagi diperlukan untuk beberapa orang yang bekerja di pagi hari atau ingin melakukan aktivitas lain. Tapi, bangun pagi bukan perkara mudah, untuk sebagian orang ini adalah cara yang sangat sulit sampai harus menghalalkan berbagai cara. Terlebih, bangun pagi juga akan membuat kamu merasa lebih bahagia. Selain itu, kesusahan bangun pagi juga biasanya disebabkan oleh susah tidur di malam hari.

Bangun Tidur Jangan Ngeluh, Senyum Yuk Agar Mood Happy!

Jelas, kondisi tersebut akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan, dampaknya akan memengaruhi suasana hati hingga bikin susah konsentrasi. Selain itu, tidak jarang aktivitas atau rencana yang sudah dibuat pun menjadi kacau karena bangun terlalu siang. Tips bangun pagi ini sebenarnya cukup mudah, kamu hanya perlu mengubah kebiasaan buruk sebelum dan setelah bangun tidur. Nah, berikut adalah tips bangun pagi yang disadur dari Herzing Univeristy.

Lantas, Bagaimana Tips Bangun Pagi?

Kemenkumham DKI Bantah Ada Biaya Alas Tidur di Lapas Cipinang

1. Atur Waktu Tidur Lebih Awal

Ilustrasi menguap, mengantuk, bangun tidur

Photo :
  • Pixabay/ victoria_borodinova
Viral Guru Rekam Muridnya Lagi Tidur

Melatih tubuh kamu untuk tertidur lebih awal dapat membantu kamu bangun lebih awal setiap pagi. Kebanyakan orang dewasa harus berusaha untuk mendapatkan antara tujuh dan sembilan jam tidur setiap malam. Karena bila kurang dari itu dapat menyebabkan kamu lebih susah untuk bangun lebih awal pagi. Kamu harus memahami berapa jam tidur yang dibutuhkan. Selain itu, kamu juga harus tetap tidur dalam jadwal yang sudah ditentukan, termasuk hari libur, dan tubuh kamu akan lebih terbiasa untuk bangun tidur lebih pagi.

2. Cabut Ponsel Sebelum Tidur

Ilustrasi bermain ponsel.

Photo :
  • U-Report

"Mencabut" dari ponsel dan laptop sekitar 30 menit sebelum tidur dapat berkontribusi pada tidur malam yang lebih baik. Menurut The Sleep Judge, cahaya biru yang dipancarkan dari layar dapat mengubah kadar melatonin alami tubuh kamu, membuatnya lebih sulit untuk tertidur. Waktu tidur lebih awal tanpa gangguan teknologi dapat membuat kamu merasa lebih bahagia dan lebih berenergi keesokan harinya.

3. Hindari Ngemil Larut Malam

Wanita ngemil makanan ringan.

Photo :
  • U-Report

Sementara beberapa penelitian memperlihatkan bahwa ngemil menjelang waktu tidur dapat membantu mengurangi rasa lapar yang mungkin muncul dalam semalam, yang lain menunjukkan bahwa itu dapat menyebabkan gejala yang kurang menyenangkan seperti refluks asam. Sangat mudah untuk mengacaukan rasa lapar dengan kelelahan, jadi alih-alih, buang camilan dan simpan selera makan kamu untuk sarapan.

4. Hindari Minuman Energi Manis Dan Kopi

Minum kopi

Photo :
  • vstory

Minuman manis dan kopi mungkin memberi dorongan ekstra yang dibutuhkan untuk belajar. Tetapi, menelan gula atau kafein dalam jumlah besar sebelum tidur dapat membuat kamu lebih sulit untuk tertidur dan tidur pulas. Membatasi konsumsi soda manis, minuman energi, dan kopi telah terbukti menghasilkan kebiasaan tidur yang lebih sehat. Cobalah beralih ke air tawar sebelum tidur agar kamu tetap terhidrasi.

5. Senyapkan Ponsel

Ilustrasi ponsel.

Photo :
  • Freepik

Matikan dering telepon KAMU atau aktifkan mode "jangan ganggu" sebelum tidur. Notifikasi dapat membangunkan KAMU di tengah malam dan menggoda untuk memeriksa ponsel, yang akan mengganggu siklus tidur. Pesan teks atau meme lucu itu akan tetap ada di pagi hari, jadi bantulah diri kamu sendiri dan putuskan sambungan ponsel sebelum tidur.

6. Hindari Begadang

Pria begadang hingga dini.

Photo :
  • U-Report

Melewatkan tidur malam untuk menyelesaikan tugas bukanlah pilihan yang bijaksana. Tidak hanya dapat menyebabkan kelelahan keesokan paginya, kurang tidur juga dapat menghambat kemampuan tubuh kamu untuk berfungsi dengan baik. Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, melaporkan bahwa seseorang yang pergi semalaman tanpa tidur akan sering berakhir dengan gangguan kognitif dari seorang individu yang minum hingga batas legal.

Ini membuktikan betapa pentingnya tidur bagi tubuh kita. Jika kamu memiliki tenggat waktu yang semakin dekat, hindari menunda-nunda sehingga tidak perlu bekerja semalaman untuk menyelesaikan pekerjaan. Kamu akan segera menyadari bahwa kurang tidur tidak sepadan.

7. Tidur dengan Tirai Terbuka

Ilustrasi wanita tidur digangu jin atau setan

Photo :
  • pixabay.com

Biarkan tirai atau gorden kamu sedikit terbuka sebelum tidur. Dengan cara ini, sinar matahari dapat menembus dan membantu kamu bangun lebih alami. Pada hari-hari cerah, ini bisa menjadi strategi yang efektif sebagai tips bangun pagi.

8. Jaga Pola Makan

makanan sehat

Photo :
  • Times of India

Pola makan yang sehat juga bisa menjadi tips bangun pagi dan cepat tidur untuk penderita insomnia. Makanan sehat bisa meningkatkan energi dan juga menjaga kualitas tidur. Sementara itu, makanan tinggi lemak jenuh dan tidak sehat justru akan menguras energi. Usahakan untuk memenuhi gizi seimbang dan juga makan sehat seperti buah, sayur, makanan tinggi lemak omega 3, dan lain sebagainya.

9. Letakkan Alarm Jauh dari Tempat Tidur

Ilustrasi alarm.

Photo :
  • U-Report

Untuk menghindari menunda alarm, letakkan ponsel atau jam alarm jauh dari tempat tidur kamu. Dengan cara ini, ketika alarm berbunyi, kamu akan dipaksa untuk bangun dari tempat tidur untuk membungkamnya. Tanpa godaan untuk menunda alarm, kamu akan bangun dan tepat waktu. Melatih tubuh Anda untuk bangun pagi akan memakan waktu, jadi jangan berharap bisa bangun jam 5 pagi setiap hari dulu.

Cobalah menerapkan perubahan kecil ke dalam rutinitas kamu untuk membuat bangun pagi menjadi layak, seperti mengatur waktu tidur lebih awal, memindahkan lokasi jam weker atau membuang makanan ringan serta minuman manis sebelum tidur. Dengan perubahan kecil ini, tubuh kamu akhirnya akan terbiasa bangun pagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya