Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2021 Resmi Dibuka

Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2021.
Sumber :
  • Instagram @pekankebudayaannasional

VIVA – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan, kembali menyelenggarakan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2021. Pada penyelenggaraan tahun ketiga ini, PKN digagas dengan tema yang menjawab tantangan kehidupan masa kini, khususnya di bidang pemenuhan kebutuhan hidup dasar: sandang, pangan, papan

Luhut Ungkap Rencana China Tanam Ratusan Hektare Padi di Kalimantan

Dengan memanfaatkan kekayaan potensi budaya setempat, dapat diperoleh solusi yang lebih berkelanjutan bagi masalah-masalah dunia hari ini. Untuk itu, PKN 2021 mengangkat tema ‘Cerlang Nusantara, Pandu Masa Depan.’

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek, Hilmar Farid menjelaskan, sudah waktunya Cerlang Nusantara itu menjadi pandu kita bersama menuju masa depan pasca-pandemi. Kearifan lokal dari segenap warisan budaya kita akan menjadi terang yang membimbing jalannya bangsa Indonesia mencipta kewajaran baru yang tidak sekedar mengulang kewajaran lama. 

Daftar Harga Pangan 22 April 2024: Cabai hingga Telur Ayam Naik

Dengan itu, keanekaragaman budaya menjadi sarana untuk memecahkan aneka persoalan bangsa, memberikan jaminan keselamatan hidup bagi segenap warga bangsa. Keselamatan ini harus terwujud dalam segi-segi kehidupan yang paling mendasar: sandang, pangan, papan.

“Keseluruhan khazanah tradisi hari ini adalah buah dari adaptasi, inovasi dan hibridisasi yang membuat kita sebagai bangsa semakin berketahanan dalam menghadapi aneka tantangan hidup,” kata Hilmar Farid dalam pembukaan PKN 2021, Jumat, 19 November 2021.

Kinerja Seluruh Sektor Lapangan Usaha Kinclong Kuartal I-2024, BI Kasih Buktinya

Hilmar menambahkan, PKN 2021 hadir untuk menghimpun upaya bersama menggali kearifan lokal sebagai solusi untuk tantangan dunia masa kini. Sebagai platform bersama, PKN menghimpun aneka inisiatif dari bawah untuk mengubah tatanan Normal Lama yang tidak berkelanjutan dan menggantikannya dengan tatanan hidup baru yang bertopang pada Cerlang Nusantara. 

PKN 2021 adalah sebuah festival-dengan-misi: menjadikan kebudayaan sebagai pandu menuju Normal Baru. Kebudayaan Nusantara telah dihasilkan lewat praktik sosial selama ribuan tahun dan terbukti membuat kita bertahan hingga hari ini. Ke sana kita perlu menengok untuk mencari jalan keluar dari dilema hari ini.

“Melalui PKN 2021 kita akan menoleh pada praktik sosial sehari-hari yang terbukti secara turun-temurun menghasilkan tata hidup berkelanjutan. Aneka lokakarya, simposium, konferensi, kompetisi, dan pergelaran dihadirkan untuk menyajikan visi masa depan alternatif sebagai pengalaman langsung kepada kita semua,” jelas Hilmar.

Kuratorial dari PKN 2021 ini dikerjakan secara gotong royong oleh tiga kurator yang masing-masing sudah lama berkecimpung di dalam isu sandang, pangan, papan yakni Samuel Wattimena, Helianti Hilman, dan Yori Antar.
Siaran perdana PKN 2021 dapat disaksikan di indonesiana.tv dan konten lengkap- nya bisa dilihat kapan saja di pkn.id. Terdapat 17 kompetisi budaya, 23 lokakarya, 11 sesi simposium, 60 pergelaran, pameran dan tidak kurang dari 20 sesi konferensi. 

Selain itu, terdapat lebih dari 70 pemerintah daerah yang berpartisipasi aktif menyelenggarakan Pekan Kebudayaan Daerah yang merupakan rangkaian kegiatan pendahuluan menuju PKN 2021. Tidak kurang dari 3.000 pelaku budaya ambil bagian secara aktif di dalam rangkaian kegiatan pendahuluan maupun pada puncak PKN pada 19 - 26 November 2021. 

Beberapa musisi papan atas seperti Slank, Andien, Dere, Diskoria, Shine of Black, Godbless, Viky Sianipar, dan Voice of Baceprot terlibat di dalam kegiatan ini. Para sutradara seperti Hanung Bramantyo, Riri Riza dan beberapa nama lain pun tidak ketinggalan. 

PKN 2021 hadir untuk mengawali perubahan gaya hidup: putar haluan dari segala cara hidup lama yang tidak berkelanjutan, temukan arus kebudayaan dari bawah yang akan melontarkan kita ke masa depan, maju ke cara hidup baru yang berkelanjutan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya