6 Tips Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah Agar Tetap Stylish

Wanita Berkacamata
Sumber :
  • Pixabay/ Pexels

VIVA – Ada beberapa tips memilih kacamata sesuai bentuk wajah yang wajib dipahami oleh semua orang, khususnya perempuan. Meski tidak memiliki gangguan penglihatan, banyak orang memakai kacamata sebagai aksesoris pelengkap penampilan. Hanya saja, tidak semua bentuk kacamata cocok dengan beberapa bentuk wajah.

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

Selain itu, salah memilih kacamata juga akan berdampak pada penampilan. Itulah sebabnya, bentuk kacamata harus disesuaikan dengan bentuk wajah supaya menjadi pas. Karena bila kamu memilih kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah, maka penampilan kamu akan semakin stunning karena fitur ini lebih tertonjol. Nah, berikut adalah tips memilih kacamata sesuai bentuk wajah yang disadur dari berbagai sumber.

Lantas Bagaimana Tips Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah?

Terkuak, Ini Identitas Mayat Perempuan dengan Wajah Hancur di Dermaga Pulau Pari

1. Bentuk Wajah Bulat

Wajah bulat.

Photo :
  • U-Report
Biar Aman dan Terpercaya, 5 Faktor Ini Wajib Dipertimbangkan saat Pilih Klinik Kecantikan

Ciri utama dari wajah yang berbentuk bulat adalah mempunyai dahi yang luas, dagu bulat, dan pipi yang chubby. Ketika akan memilih kacamata, pemilih bentuk wajah bulat dianjurkan untuk memilih kacamata dengan frame yang berbentuk kotak atau mempunyai sudut tegas dan klasik yang bisa memperlihatkan ilusi wajah lebih ramping.

Sementara itu, frame yang wajib dihindari oleh orang dengan bentuk wajah bulan adalah frame yang berukuran sempit dan kecil. Selain itu, jangan menggunakan frame dengan bentuk bulat akan karena akan membuat wajah kamu tampak semaki chubby.

2. Bentuk Wajah Oval

Gaya rambut selebriti untuk bentuk wajah oval

Photo :
  • msnbc.msn.com

Wajah dengan bentuk oval adalah salah satu bentuk wajah paling fleksibel dalam menentukan bentuk kacamata. Ciri utama dari wajah oval ini adalah mempunyai tulang pipi tinggi dan juga garis rahang yang lembut.

Wajah dengan bentuk ini akan tampak stylish ketika menggunakan berbagai bentuk kacamata, mulai dari kotak sampai bulat. Walaupun demikian, pemilik wajah ini dianjurkan untuk menghindari bentuk kacamata yang oversize karena bisa membuat fitur wajah menjadi ‘tenggelam’.

3. Bentuk Wajah Persegi

Bentuk wajah persegi Angelina Jolie

Photo :
  • U-Report

Wajah dengan bentuk persegi mempunyai garis wajah yang tegas dengan ciri utamanya adalah dahi dan rahang yang biasanya mempunyai lebar serupa. Dengan fitur wajah yang tegas dan kuat tersebut, bentuk wajah ini ada baiknya memilih bentuk frame kacamata yang dapat memperhalus garis wajah. Namun, harus menghindari bentuk frame dengan sudut tajam dan mempunyai warna terang.

4. Bentuk Wajah Segitiga

Alis dengan wajah segitiga

Photo :
  • Dokumentasi shopee

Supaya wajah tampak lebih lebar dan menutupi bagian bawah yang mencolok, dianjurkan untuk memilih kacamata hitam dengan bingkai besar pada bagian atasnya. Selain itu, bagian bawah kacamata juga dianjurkan tidak berbentuk garis persegi atau tajam.

Kacamata dengan kaca bulat, mata kucing dengan lensa transparan, dan kacamata tanpa bingkai cocok untuk muka segitiga. Tapi, sebaiknya dihindari bentuk kacamata mata kucing dengan lensa gelap, kacamata dengan bingkai persegi panjang, sempit, dan kecil.

5. Bentuk Wajah Kotak

Wanita berwajah kotak

Photo :
  • Pixabay

Kacamata dengan bingkai bulat bermanfaat untuk menyeimbangkan proporsi muka supaya tampak lebih elegan. Hindari pemakaian kacamata dengan sudut tajam, bingkai kecil, sempit, dan mungil serta bentuk bingkai yang lebih lebar dari ukuran wajah.

Akan lebih baik bila memilih kacamata dengan garis frame yang besar, bingkai selebar wajah, bingkai berwarna, bentuk oval, bulat, atau seperti tetesan air mata. Tapi kacamata tanpa bingkai dan juga kacamata kucing boleh digunakan.

6. Bentuk Wajah Hati

Gaya rambut selebriti untuk bentuk wajah hati

Photo :
  • msnbc.msn.com

Mempunyai ciri bentuk dagu yang lebih lebar dengan dagu lancip, wajah hati memang paling cocok memakai kacamata dengan bentuk bulat dan oval dengan frame tipis dan half-frame serta mempunyai warna yang cerah. Pemilik bentuk wajah ini harus menghindari kacamata dengan frame tebal dan mempunyai sudut yang tajam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya