8 Fakta Unik Perayaan Thanksgiving, Ada Menu Kalkun

Thanksgiving
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Hari Thanksgiving (pemberian syukur) merupakan perayaan yang ditujukan sebagai ungkapan rasa syukur pada akhir musim panen. Di Amerika Serikat dan Kanada, Thanksgiving Day telah ditetapkan sebagai hari libur nasional. Setiap tahunnya, perayaan ini jatuh pada hari Kamis keempat di bulan November. Biasanya, para anggota keluarga akan menyempatkan diri untuk berkumpul dan makan bersama seperti halnya di Indonesia yang merayakan Hari Lebaran.

Legenda Sepakbola Brasil Romario Umumkan Comeback di Usia 58 Tahun

Tahukah kamu apa yang disajikan pada pertama kali pada hari Thanksgiving? Bagaimana dengan berapa banyak kalori yang dikonsumsi rata-rata pada Hari Thanksgiving? Berikut adalah sembilan fakta menyenangkan tentang Thanksgiving untuk dibagikan di meja makan.

1. Perayaan Thanksgiving Pertama Kali 

Kena Veto Amerika Serikat, Palestina Gagal Jadi Anggota Penuh PBB Usai Ajukan Resolusi

Hari syukur ini dirayakan pertama kali 26 November 1621 selama tiga hari festival panen. Para sejarawan meyakini bahwa hanya lima wanita yang hadir.

2. Menu Utama Kalkun?

Kanye West Dilaporkan Akibat Diduga Meninju Pria yang Melecehkan Istrinya, Bianca Censori

Menu thanksgiving

Photo :
  • Viva / Linda Hasibuan

Ternyata, kalkun tidak ada di menu pada Thanksgiving pertama. Daging rusa, bebek, angsa, tiram, lobster, belut, dan ikan kemungkinan besar disajikan, bersama labu dan cranberry (tetapi bukan pai labu atau saus cranberry).

3. Hari Libur Nasional November

Ilustrasi-Berlibur

Photo :
  • Pixabay/Engin_Akyurt

Presiden AS Abraham Lincoln mengumumkan Thanksgiving sebagai hari libur nasional pada 3 Oktober 1863. Sarah Josepha Hale, wanita yang menulis “Mary Had A Little Lamb,” meyakinkan Lincoln untuk menjadikan Thanksgiving sebagai hari libur nasional setelah menulis surat selama 17 tahun.

4. Alasan Kalkun Ada di Meja Makan Thanksgiving

Daging kalkun

Photo :
  • VIVAlife/Tasya Paramitha

Sejarahnya,  presiden AS John F. Kennedy, adalah orang pertama yang menyantap kalkun di hari Thanksgiving. Presiden-presiden selanjutnya mengikuti tradisi pelepasan kalkun ke kebun binatang. Seperti Richard Nixon dan George H.W. Bush.

5. Permintaan Kalkun Tinggi

Daging kalkun

Photo :
  • VIVAlife/Tasya Paramitha

Butterball melayani lebih dari 100.000 permintaan memasak unggas berbobot besar itu selama bulan November dan Desember

6. Konsumsi Kalori Tinggi

Jumlah rata-rata kalori yang dikonsumsi pada hari Thanksgiving adalah 4.500.

7. Tradisi Sepakbola pada 26 November

Tradisi sepak bola pada Thanksgiving dimulai pada tahun 1876 dengan pertandingan antara Yale dan Princeton. Permainan NFL pertama dimainkan pada Thanksgiving pada tahun 1920.

8. Momen Mudik

Berbeda dengan orang Indonesia yang mudik di hari raya, lebih dari 54 juta orang Amerika diperkirakan akan melakukan perjalanan selama liburan Thanksgiving tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya