Pahami Lagi, Ini Adab Islam Jika Kamu Suka Tertawa Berlebihan

Ilustrasi tertawa
Sumber :

VIVA – Tertawa merupakan salah satu aktivitas yang akrab dalam kehidupan keseharian manusia. Tertawa merupakan sebuah bentuk atau ungkapan biasanya menandai hal-hal yang sifatnya lucu.

Makan Kacang Secara Berlebihan Bisa Berdampak Buruk pada Kesehatan, Apa Saja?

Tertawa menjadi sebuah patokan bagaimana kondisi psikologis seseorang. Dijelaskan juga bahwa hidup manusia di dunia hanya sekedar sementara dan tidak bolehlah terlalu berlebihan.

"Ketawa boleh, tersenyum boleh, Rasul sendiri juga begitu.. cuma yang kebanyakan itu yang tidak boleh, terus menerus, itu yang dilarang. Yang tertawa aja, tiap ngobrol mencari bahan biar orang tertawa," ungkap Mama Dedeh dalam video 'Rumah Mamah Dedeh' di channel YouTube VDVC Religi.

Terpopuler: Penampilan Baru Muhammad Fardana, Respons Kocak Mamah Dedeh Nonis Berburu Takjil

"Berpikir gimana caranya tiap ngomong biar orang ngakak orang ketawa, itu yang dilarang dalam Islam, tertawa yang berlebihan akan mematikan hati kita. Makanya jangan berlebihan," lanjutnya dalam memberikan tausiyah dalam tema: 'Tertawa Berlebihan'.

Respons Kocak Mamah Dedeh Soal Tren Berburu Takjil Nonis Sebelum Jam 3 Sore

Lantas bagaimana cara mensiasati agar kita dapat mengelola rasa bahagia dan kegembiraan dengan cara yang tidak berlebihan?

"Yang harus kita ketahui, ketenangan batin kebahagiaan kita tidak diukur dengan 'hanya bercanda yang terus-menerus', dengan 'hanya tertawa yang sangat banyak' tapi ketenangan batin kita diturunkan oleh Allah dengan Keimanan kita," ucap Mamah Dedeh.

"Makanya, jangankan kita, Nabi besar kita Muhammad SAW pun dia tersenyum, dia kadang tertawa, dia kadang bercanda, artinya dibolehkan. Jadi biar hidup kita nggak terlalu bete, nggak terlalu jenuh, nggak monoton, ada selang-seling. Kadang tersenyum, kadang tertawa, kadang kita bercanda itu boleh," ujar Mamah Dedeh.

"Karena Rasul sendiri kadang bercanda, cuma bercandanya jujur. Jangan bercanda menghina fisik. Jangan bercanda menghina orang. Jangan bercanda sambil ngebohong ngarang-ngarang itu yang dilarang," jelasnya.

Rasulullah bersabda: “Surga dan neraka ditampakkan kepadaku, maka aku tidak melihat tentang kebaikan dan keburukan seperti hari ini. Seandainya kamu mengetahui apa yang aku ketahui, kamu benar-benar akan sedikit tertawa dan banyak menangis”.

Simak tausiyah Mamah Dedeh dengan pembahsan tersebut selengkapnya dalam video berikut ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya