11 Hewan Paling Setia pada Pasangan, Salah Satunya Buaya

Burung merpati hias. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • tvOne/Ari Wibowo

VIVA – Umumnya hewan tidak menunjukkan loyalitas kepada pasangan. Setelah kawin, mereka bisa saja berganti pasangan dengan bebas. Namun, lain hal dengan sejumlah hewan paling setia berikut ini.

Nasib Tragis Kucing Okin: Dikabarkan Mati, Rachel Vennya Ungkap Fakta Mengejutkan!

Ada beberapa hewan yang menjalin ikatan dengan pasangannya, bahkan bisa langgeng seumur hidup. Mereka sangat setia pada pasangan dan tidak akan mencari pasangan lain, kecuali pasangannya mati. Karenanya, tidak heran jika mereka disebut hewan paling setia.

Berikut beberapa satwa yang paling setia pada pasangannya. 

Mengungkap Makna Simbol Telur Paskah, Lebih dari Sekadar Telur

1. Buaya

Satwa reptil satu ini kerap diasosiasikan sebagai buaya darat, yang berarti gemar main perempuan. Padahal faktanya, tidak seperti itu. Sebanyak 70 persen buaya akan memilih pasangan yang sama di musim kawin, walaupun dia bisa saja mendapatkan pasangan baru. Bahkan, hewan ini akan kawin satu kali sebagai bentuk kesetiaannya. 

Bukan Cuma Mahal, Konsep Pernikahan Harvey Moeis dan Sandra Dewi di Disneyland Kembali Disorot

Dalan budaya Betawi, buaya juga menjadi simbol kesetiaan atau hanya bersama satu pasangan seumur hidup. Karena tradisi pernikahan Betawi selalu menghadirkan roti buaya dalam kenduri, dengan harapan agar pasangan selalu saling setia hingga maut memisahkan. 

2. Angsa

Bukan tanpa alasan, angsa kerap dijadikan hiasan dalam dekorasi kamar hotel, terutama untuk pasangan yang berbulan madu. Rupanya, angsa merupakan simbol kesetiaan. 

Angsa tidak berpaling dan akan selalu bersama pasangan yang sama hingga pasangannya mati. Namun, angsa mungkin akan meninggalkan pasangannya, jika pasangannya tidak bisa bereproduksi alias gagal bersarang. 

Ilustrasi merpati.

Photo :
  • U-Report

Merpati termasuk hewan paling setia. Tak heran jika burung merpati menjadi simbol kasih sayang dan loyalitas. Merpati akan bersama pasangan yang sama hingga salah satu dari mereka mati. 

Tak hanya setia, merpati juga punya sifat mau bekerja sama dengan pasangannya. Mereka akan membangun sarang bersama dan meneteskan telur di sana. 

Ingin mengetahui hewan-hewan lain yang dikategorikan paling setia pada pasangan? Klik pada tautan ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya