Inspiratif, Trik Brand Kecantikan Capai Sukses di Era Pandemi

Ilustrasi produk kecantikan.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Kendati di Indonesia masih tengah berjuang dalam menghadapi pandemi COVID-19, namun kondisi tersebut justru mampu menjadi peluang bagi sejumlah produk-produk nasional untuk masuk dan bersaing dalam pasar industri. Tak terkecuali juga untuk produk brand kecantikan dan kesehatan kulit.

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Skema pemasaran jitu yang mengedepankan aspek keunggulan-keunggulan serta strategi promosi dalam upaya merebut hati konsumen produk kecantikan akan jadi penentu hasil penjualan brand tersebut.

Ada pun salah satu medium yang cukup potensial untuk digarap dengan strategi promosi yang tepat adalah pemasaran melalui media sosial, market place dan e-commerce.

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

Langkah tersebut itu pula yang telah coba dilakoni produk brand kecantikan ‘EFOSH Beauty’ yang mulai dipasarkan pada tahun 2020 lalu. EFOSH adalah singkatan dari Everyday FOr Skin Healthy yang memiliki arti mengajak konsumen dan calon konsumen memilih produk yang tepat dan aman untuk mendapatkan kulit sehat setiap hari.

Memulai produksi pertama dengan produk bodywash (dengan dua varian, yaitu Vanilla dan Papaya) juga produk Collagen Body Serum yang di-launching pada Juli 2020 lalu di Hotel GH Universal di kota Bandung.

2 Keuntungan Bisa Didapat Konsumen dari Konsep Ini

Ilustrasi kosmetik

Photo :
  • Pixabay/CC0 Public Domain

EFOSH Beauty menjalankan promosi untuk menaikkan brand awarness produk-produknya melalui ads di Facebook dan Instagram. Selain itu, tak ketinggalan juga jejaring TikTok yang membidik semakin banyaknya pihak yang tertarik bermitra dan semakin mudah para mitra menjual produk EFOSH Beauty.

"Jaringan mitra distributor, agen dan reseller EFOSH Beauty tersebar di banyak kota di Indonesia. Ini adalah bagian dari kewajiban karena kedepan konsumen akan lebih dimudahkan dalam memperoleh produk begitu juga para mitra juga bisa menjual dengan mudah di seluruh wilayah Indonesia dan bahkan luar negeri," ungkap founder & CEO CV EFOSH Indonesia, Didiet T Prasetyo.

Dan dengan mulai cenderung meredanya kekehawatiran akan momok pandemi COVID-19 di Tanah Air, pasar industri Indonesia pun turut mengalami dampak positifnya.

"Alhamdulillah penjualan produk semakin bagus karena di setiap mendekati high season kecenderungan semakin banyak permintaan produk EFOSH Beauty, mungkin karena konsumen berlomba-lomba menjaga kesehatan kulit dan tampil percaya diri saat momen-momen terbaik," ujar Didiet.

“Justru di kondisi awal pandemi EFOSH Beauty lagi-lagi mendapat omzet yang luar biasa dan ini sebuah berkah, saat itu di bulan November 2020 terjual lebih dari 10 ribu paket produk barunya yaitu paket skincare yang diluncurkan diantaranya paket Ageless (anti aging) dan Acnespot (anti jerawat),” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya