8 Tips Hidup Tenang, Bahagia, dan Damai, Untukmu yang Sering Kegerahan

Hidup tenang.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tips hidup tenang, bahagia, dan damai merupakan sebuah impian untuk banyak orang. Tapi kadang, masalah yang menghampiri di dalam hidup sering menghalangi kebahagiaan yang akan datang. Sungguh sangat manusiawi apabila kita merasa bahwa masalah yang terjadi semakin terasa berat dan membuat kita berpikir tidak bisa lagi untuk melewatinya.

Detik-detik Bharada Richard Eliezer Pindah Agama Jelang Menikah dengan Ling Ling

Selain itu, hidup merupakan serangkaian kejadian yang direncanakan dan spontan. Kita tidak usah mengeluh apabila impian tidak sesuai dengan kenyataan, karena kita berhak hidup tenang dan bahagia. Tepis rasa ketidaktenangan dan ketidakbahagiaan dengan pilihan hidup yang tepat. Nah, berikut adalah ulasan mengenai tips hidup tenang yang disadur dari berbagai sumber.

Lantas, Apa Saja Tips Hidup Tenang?

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

1. Bersyukur

Ilustrasi bersyukur.

Photo :
  • U-Report
Terpopuler: Negara Paling Bahagia di Asia sampai Ramalan Zodiak

Tips hidup tenang yang utama dalam hidup sebetulnya adalah tetap bersyukur pada apa saja yang terjadi di dalam hidup. Menikmati seluruh pemberian Tuhan dengan tetap bersyukur akan membuat kita terhindar dari rasa kekurangan terhadap sesuatu hal. Rasa syukur yang terus ditanamkan dalam diri akan membuat kamu terus merasa tenang dalam menjalankan kehidupan.

Tanamkan dalam diri bahwa segala sesuatu sudah diatur sebagaimana mestinya. Mengucapkan rasa syukur terhadap nikmat-Nya, bahkan dalam setiap hembusan napas adalah sebuah langkah awal yang dapat dilakukan guna meraih ketenangan dalam menjalani kehidupan di dunia.

2. Sabar dan Ikhlas

Ilustrasi orang bersabar dan rendah hati.

Photo :
  • U-Report

Tetap bersyukur atas pemberian Tuhan tentunya akan semakin lengkap apabila disertai dengan selalu sabar dan ikhlas atas cobaan Tuhan. Sabar dalam melakukan beratnya kehidupan, dan ikhlas lapang dada terhadap takdir dan ujian dalam kehidupan merupakan tips hidup tenang.

Mungkin saja hal tersebut sudah sering kita dengan dan bahkan sudah bosan dengan hal tersebut karena tak bisa mengubah kehidupan. Harus diketahui bahwa hal ini sangat manusiawi. Begitu pula kamu harus terus bersabar dan ikhlas walaupun apa yang terjadi tidak sesuai dengan harapan. Dengan begitu, kamu akan lebih relaks dalam menghadapi setiap kemungkinan yang akan terjadi.

3. Jangan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Ilustrasi membandingkan diri dengan yang lain

Photo :
  • U-Report

Rasa tidak tenang dan resah kerap terjadi saat kita melihat pencapaian yang telah didapatkan oleh seseorang. Hal ini tentunya akan muncul karena kita terlalu fokus dalam membandingkan pencapaian orang dengan apa yang sudah dijalankan. Tapi, perlu diketahui juga bahwa setiap manusia sudah dipilih untuk menjalankan perannya masing-masing.

Selain itu, setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Waktu yang diberikan untuk bisa sukses juga sangat berbeda-beda untuk setiap orang. Oleh karena itu, jangan biarkan hidup kamu menjadi rumit dan tak tenang hanya karena kamu membandingkan diri dengan pencapaian orang lain.

4. Jangan Terlalu Memikirkan Omongan Orang Lain

Ilustrasi kritikan.

Photo :
  • U-Report

Manusia memang hidup di lingkungan sosial dan sering berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Tentu saja, ini akan sulit bagi kita untuk terhindar dari kritikan dan omongan orang lain mengenai diri kita. Ya, memang betul omong orang lain bisa membantu kita untuk membangun kehidupan.

Akan tetapi, selama yang kamu lakukan tidak merugikan orang lain di sekitar, maka jangan jadikan kritikan negatif menjadi tekanan pikiran. Respons saja orang tersebut seperlunya dan katakan sama sekali tidak benar. Dengan begitu, hidup kamu akan jauh lebih tenang ketimbang harus melayani satu per satu omongan orang mengenai diri kamu.

5. Berpikir Positif

Ilustrasi berpikir positif

Photo :
  • unsplash

Akar masalah yang membuat hidup menjadi tidak tenang adalah adanya banyak pikiran negatif, bahkan pada sesuatu yang belum pasti terjadi. Pikiran negatif ini hanya akan membuat kamu sulit untuk bisa berkembang menjadi seseorang yang lebih baik. Sebab, apa yang akan kamu lakukan akan dibatasi oleh pemikiran yang buruk. Untuk menghilangkannya kamu hanya perlu menikmati perjalanan hidup dan selalu berpikir positif.

6. Jangan Dendam

Ilustrasi pendendam.

Photo :
  • U-Report

Tips hidup tenang berikutnya adalah jangan dendam. Sering menyimpan rasa dendam merupakan sebuah penyakit hati yang akan membuat kamu menjadi tidak bahagia dan semakin tertekan. Pemantik utama beban terberat bila menyimpan sebuah hal di dalam hati dan memiliki niat untuk membalasnya, karena belum tentu kamu memiliki kesempatan untuk membalasnya dan menjadi sakit hati yang bekepanjangan.

Oleh sebab itu, buanglah jauh-jauh rasa dendam karena tidak ada gunanya untuk kehidupan. Kini, kamu harus tetap bahagia tanpa harus membalas perlakuan negatif dari orang lain. Pakailah energi tersebut untuk selalu melakukan hal yang positif.

7. Jangan Bawa Masalah Ketika Tidur

Ilustrasi menguap, mengantuk, bangun tidur

Photo :
  • Pixabay/ victoria_borodinova

Salah satu penelitian di Beijing, Cina, menjelaskan bahwa sebuah kenangan negatif atau tidak baik yang di bawa ke dalam tidur akan membawa dampak yang buruk untuk kesehatan, terutama otak. Jadi, ketika sedang dilanda rasa marah dan kecewa kemudian membawa semua masalahnya ke dalam tidur, maka kamu akan lebih mudah stres dan teringat terus menerus.

8. Dekati Tuhan

Ilustrasi beribadah.

Photo :
  • U-Report

Tips hidup tenang terakhir adalah mendekati Tuhan. Ini adalah sebuah cara yang bisa dilakukan untuk menjamin rasa aman dan nyaman. Bukan hanya itu, kebahagiaan yang hakiki juga bisa diperoleh ketika dekat dengan Tuhan. Selain itu semakin dekat dengan Tuhan, maka kamu akan dijauhkan pula dengan sifat-sifat negatif yang semakin memperburuk keadaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya