Profil Parag Agrawal, CEO Baru Twitter Gantikan Jack Dorsey

Parag Agrawal
Sumber :
  • Twitter @paraga

VIVA – Parag Agrawal menempati posisi baru sebagai CEO Twitter pada Senin malam, yang sebelumnya dijabat oleh Jack Dorsey. Diketahui jika sebelumnya Parag Agrawal menjabat sebagai Chief Technology Officer (CTO) Twitter. Berikut profil CEO terbaru Twitter, Parag Agrawal.

Facebook dan Instagram Down, Pengguna Ramai-ramai Ngeluh di X: Sudah Beberapa Jam Tumbang Semua!

Profil Parag Agrawal, CEO Baru Twitter

Parag Agrawal

Photo :
  • Twitter @paraga
Difitnah Jadi Aktor Konspirasi Hasil Pilpres 2024, Qodari Bilang Begini

CEO baru Twitter Parag Agrawal, berusia 37 tahun. Ia telah menjadi CEO termuda yang memimpin perusahaan S&P 500, hanya sedikit lebih muda dari CEO Meta Platform Inc Mark Zuckerberg. Agrawal, lulusan Institut Teknologi India-Bombay angkatan 2005, menggantikan salah satu pendiri Twitter Jack Dorsey, yang mengundurkan diri dari peran eksekutif. Setelah menyelesaikan gelar Sarjana Ilmu Komputer dan Teknik dari Institut Teknologi India, Bombay, Agrawal mengejar gelar doktor dari Universitas Stanford di bidang filsafat dan ilmu komputer. 

Perjalanan Karier Parag Agrawal

Netizen Bingung: Ini Tempat Pemilihan Umum atau Acara Pernikahan

Parag Agrawal

Photo :
  • Tangkapan Layar

Diketahui jika Agrawal sudah mulai bekerja di perusahaan teknologi besar seperti Microsoft selama empat bulan. Kemudian ia melanjutkan ke divisi penelitian di Yahoo dan AT&T. Barulah pada tahun 2011 Agrawal memulai karirnya di Twitter, beberapa bulan setelah Dorsey ditunjuk kembali jadi CEO Twitter. 

Saat memulai karir di Twitter, Agrawal mengerjakan sebuah proyek terkait peningkatan relevansi tweet pengguna pada timeline dan pertumbuhan audiens di platform. Disanalah, ia mendapatkan gelar "distinguished engineer" dari Forbes berkat kinerjanya pada pertumbuhan audiens Twitter. Parag Agrawal kemudian diangkat sebagai CTO Twitter pada 2018, setelah tujuh tahun berdedikasi di Twitter.

Selama menjabat CTO, Agrawal fokus pada penerapan skala machine learning dan pendekatan kecerdasan buatan (AI) untuk mendeteksi akun bot hingga memberi label konten berpotensi berbahaya yang tersebar di Twitter. Diketahui jika Agrawal juga mengasuh tim Crypto Twitter, dimana tim itu langsung melapor kepadanya saat masih menjadi CTO. Kemudian pada 2019, Agrawal terlibat dalam Bluesky. Ini merupakan sebuah proyek yang didanai Twitter untuk menciptakan media sosial bersifat desentralisasi.

Agrawal Adalah Kepercayaan Jack Dorsey

Parag Agrawal

Photo :
  • Twitter @paraga

Dalam surat pengunduran diri, Dorsey mengaku bahwa Agrawal ditunjuk sebagai CEO oleh dewan Twitter. Ia juga menjadi tangan kanan Dorsey saat melakukan keputusan penting selama menjadi CEO. Jack Dorsey mengatakan jika dirinya memberikan kepercayaan pada kepemimpinan Agrawal. Menurutnya Agrawal ada di setiap keputusan penting perusahaan selama ini.

Diberitakan sebelumnya bahwa Jack Dorsey mengumumkan mundur dari jabatan CEO Twitter. Ia akan digantikan oleh Parag Agrawal yang tadinya menjabat sebagai Chief Technology Officer (CTO).
Twitter mengatakan pengunduran diri Jack Dorsey ini segera berlaku, tetapi ia masih duduk di dewan direksi perusahaan sampai pertemuan pemegang saham pada 2022 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya