Sejarah Hari Disabilitas Internasional Secara Lengkap dengan Temanya

Hari Disabilitas Internasional 2021
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – Sejarah Hari Disabilitas Internasional sudah semestinya diketahui oleh semua orang. Sebab kita harus meningkatkan simpati terhadap para penyandang disabilitas dan juga meningkatkan kesadaran dalam memberikan ruang aman untuk mereka. Hari Disabilitas Internasional ini diperingati tanggal 3 Desember setiap tahunnya.

Berapa Lama Rata-rata Umur Hidup Orang Indonesia? Ternyata Sampai Angka Ini

Tujuan adanya peringatan ini supaya tidak ada lagi orang yang mendiskriminasi kepada para penyandang disabilitas dalam memperoleh pekerjaan, kebutuhan sehari-hari, dan kesehatan yang sama. Hak dan juga kesejahteraan penyandang difaebl adalah sesuatu yang kadang dilupakan oleh masyarakat luas. Padalah semuanya mempunyai kesempatan yang sama guna mencapai mimpinya. Nah, beriktu adalah ulasan mengenai sejarah Hari Disabilitas yang disadur dari berbagai sumber.

Lantas, Bagaimana Sejarah Hari Disabilitas Internasional?

Buka Bersama Perhimpunan Tionghoa, Istri Gus Dur Ingatkan Kemajemukan Indonesia

Sejarah Hari Disabilitas Internasional

Ilustrasi penyandang disabilitas.

Photo :
  • Pixabay/Stevepb
Berprestasi di Ajang Internasional, Atlet NPC Sumut Diguyur Bonus Rp3,1 Miliar

Resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa tahun 1992 secara resmi mengumumkan peringatan Hari Disabilitas Internasional. Hari ini ditetapkan untuk meningkatkan kesadaran akan tantangan yang harus dihadapi para penyandang disabilitas. Saat itu, penyandang disabilitas sering mendapatkan didiskriminasi dan cemoohan di mana-mana.

Mereka juga sulit mendapatkan kesempatan yang sama dalam banyak aspek seperti mencari pekerjaan. Melanjutkan perjuangan, pada tahun 2006 kemudian Konvensi Hak Penyandang Disabilitas semakin sering digaungkan. Pada tahun memasuki era digital saat ini, penyandang disabilitas diharapkan memiliki kesempatan yang sama tanpa batas.

Konvensi Hak Penyandang Disabilitas memberikan prioritas untuk melindungi hak dan kesejahteraan penyandang disabilitas. Dalam Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan dan kerangka pembangunan internasional lainnya, hak-hak penyandang disabilitas juga menjadi prioritas. Selama bertahun-tahun, 3 Desember telah dirayakan sebagai Hari Disabilitas Internasional untuk seluruh masyarakat di dunia.

Di hari ini, 3 Desember 2021, masyarakat turut mendorong untuk meningkatkan andil penyandang disabilitas dalam lingkungan masyarakat. Selain itu, masyarakat juga harus mengakhiri diskriminasi dan membuat kesempatan yang sama walaupun untuk para penyandang disabilitas.

Pengertian Disabilitas

penyandang difabel berolah raga/Ilustrasi.

Photo :
  • DIFFA/Sigit D Pratama

Selain itu, penyandang disabilitas yang paling sederhana diartikan sebagai fungsi atau sebuah kondisi apa saja yang dianggap mengganggu secara jelas. Kondisi tersebut muali dari penyakit kronis, penyakit kejiwaan, gangguan intelektual, gangguan kognitif, gangguan sensorik, dan gangguan fisik.

Tema Hari Disabilitas 2021

Hari Disabilitas Internasional 2021

Photo :
  • Tangkapan Layar

Kementrian Sosial Republik Indonesia merilis tentang tema khusus untuk Hari Disabilitas tahun 2021. Tema yang digaungkan adalah “Kepemimpinan dan partisipasi penyandang disabilitas menuju dunia pasca-Covid-19 yang inklusif, mudah diakses, dan berkelanjutan". Fokus ini dipilih oleh Kemensos Republik Indonesia dengan tujuan untuk membentuk lingkungan yang ramah difabel setelah pandemik.

Terdapat banyak sekali perubahan dalam masa pandemi ini yang harus jadi dorongan untuk berbagai sektor industri dalam memberikan akses untuk para penyandang disabilitas. Selain itu, para penyandang disabilitas berhak untuk memperoleh kesempatan yang sama dengan orang lain, dan mereka juga sama berharganya.

Twibbon Hari Disabilitas Internasional 2021

Ilustrasi penyandang disabilitas

Photo :

Untuk menyemarakan Hari Disabilitas Internasional, kamu bisa menggunakan beberapa twibbon berikut ini.

https://www.twibbonize.com/haridisabilitasinternasional2021

https://www.twibbonize.com/rk-hdi2021

https://www.twibbonize.com/hdidinsosjabar

https://www.twibbonize.com/hdi21

https://www.twibbonize.com/hdi3des2021

https://www.twibbonize.com/vslase

https://www.twibbonize.com/hdi2021-4

https://www.twibbonize.com/haridisabilitas

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya