Jangan Tunda untuk Donor Darah

Ilustrasi donor darah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA – Donor darah memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain untuk tubuh, donor darah juga dapat membantu orang yang sedang membutuhkan darah.

Ajak Warga Sumut Sukseskan PON 2024, Usung Tagline 'Apa yang Kau Bisa Mainkan'

Kebutuhan darah di Indonesia masih belum terpenuhi oleh jumlah kantong darah yang didapatkan. Kurangnya ketersediaan atau stok darah disebabkan karena rendahnya kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya.

Darah merupakan komponen terpenting di dalam tubuh manusia. Satu orang mendonorkan darahnya dapat menyelamatkan tiga nyawa sekaligus.

Barang Kiriman TKI Bebas Pajak Bakal Naik Jadi Maksimal US$2.800 per Tahun

Tidak hanya bagi penerima darah, kamu sebagai pendonor juga mendapatkan manfaat yang dapat dirasakan, yaitu badan yang terasa lebih segar, dan dapat secara rutin memeriksa kesehatan, khususnya untuk empat jenis penyakit seperti HIV, Hepatitis B, Hepatitis C dan Sifilis.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta Rustam Effendi berharap perusahaan dan lembaga atau instansi lainnya melakukan donor darah secara rutin setiap dua bulan sekali. Dengan demikian, kebutuhan stok darah di PMI DKI Jakarta 1.000 – 1.200 kantong per hari dapat terpenuhi.

Prilly Latuconsina Ketahuan Masak Pakai LPG 3 Kg, ESDM Beri Sindiran Menohok

“Unit Donor Darah PMI DKI Jakarta selama masa pandemi COVID-19 mengalami krisis stok darah. Sementara kebutuhan permintaan darah dari rumah sakit terus ada. Karena memang pasien dengan penyakit seperti thalassemia, kanker, hemofilia secara rutin membutuhkan transfusi darah," tuturnya, Jumat, 3 Desember 2021.

Ilustrasi donor darah.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Selain itu, Direktur PT Itama Ranoraya Tbk Dodi Nurzani menjelaskan bahwa kegiatan kemanusiaan ini merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan donor darah agar ketersediaan darah terjaga optimal sehingga dapat menekan angka kematian akibat kekurangan darah.

"Target yang dipatok untuk sekali kegiatan donor darah berkisar antara 200 sampai 300 kantong darah. Karena itu, selain diikuti oleh para karyawan di seluruh Indonesia, kegiatan ini juga dapat diikuti oleh masyarakat umum," ungkap dia.

PT Itama Ranoraya Tbk (IRRA) berkolaborasi dengan PMI DKI Jakarta dalam kampanye Be the 1TM mengadakan kegiatan donor darah. Be the 1TM adalah kampanye global untuk menciptakan gerakan donor darah dalam upaya meningkatkan serta memastikan ketersediaan suplai darah dan plasma.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya