Raksasa, 10 Pesawat Terbesar dan Terpanjang di Dunia Sepanjang Sejarah

Pesawat An-225 Mriya
Sumber :
  • http://mashable.com

VIVA – Terdapat beberapa pesawat terbesar dan terpanjang di dunia yang masih mengudara sampai saat ini. Selain itu, terbang dengan menggunakan pesawat yang besar menjadi pengalaman yang berkesan untuk sebagian orang. Pesawat dengan badan besar ini mempunyai tingkat kenyamanan yang beda dengan pesawat yang memiliki bodi lebih kecil. Alat transportasi terbesar di dunia ini dibuat oleh pabrikan Airbus, Boeing, sampai Antonov.

Layani Angkutan Lebaran Perdana, Bandara Kertajati Angkut 1.900 Orang per Hari

Pesawat yang berbadan besar ini biasanya dipakai untuk pesawat kargo. Sementara itu, untuk pesawat penumpang mesti mempertimbangkan kapasitas dan fasilitas yang tersedia di dalamnya. Kemudian pembagian kelas juga akan memengaruhi banyak sedikitnya daya angkut penumpang di dalam pesawat. Menyadur dari berbagai sumber, berikut adalah ulasan mengenai pesawat terbesar dan terpanjang di dunia.

Lantas, Apa Saja Pesawat Terbesar dan Terpanjang di Dunia?

Tiket Pesawat Melambung Tinggi, Pemudik Pilih Gunakan Kapal

1. Antonov An-225 Mriya

Pesawat An-225 Mriya

Photo :
  • http://mashable.com
Viral Penumpang Pesawat Lion Air Jakarta-Makassar Ricuh Lantaran Delay Selama 9 Jam Lebih

Pada sebagian besar metrik, alat transportasi udara ini merupakan sebuah pesawat terbesar dan terpanjang di dunia. Biro Desain Antonov Ukraina hanya memproduksi satu unik dari monster ini. Pesawat ini memegang gelar dari kedua pesawat terberat yang pernah dibuat. Dengan mengusung mesin enam buah, pesawat ini masih menjadi yang terpanjang.

Pesawat ini mempunyai bobot lepas landas maksimal 710 ton. Ini juga memegang rekor untuk total muatan terbesar sekitar 254 ton. Selain itu, pesawat ini juga mempunyai lebar terpanjang dari setiap pesawat terbang yang ada saat ini, yaitu 88,4 meter.

2. Airbus A380-800

Pesawat Etihad Airways Airbus A380.

Photo :
  • U-Report

Pesawat A380 ini adalah sebuah pesawat double deck yang dirancang untuk meningkatkan kapasitas penumpang. Secara teoretis, pesawat ini bisa menampung sampai 850 orang, tapi sebagian operator hanya memasukkan 450 sampai 550 penumpang. Saat ini, A380 sukses di sebuah maskapai asal Dubai. Akan tetapi, pesawat yang memiliki bobot kosong sekitar 277 ton ini dinilai gagal dalam penjualannya. Panjang A380 sekitar 72,72 meter dan lebarnya 79,75 meter.

3. Aero Spacelines Super Guppy

Pesawat ini sudah dipensiunkan oleh semua institusi di dunia kecuali satu yang masih diterbangkan oleh NASA. Badan antariksa Amerika Serikat menemukan dimensi lebar Guppy sempurna untuk mengangkat komponen pesawat ruang angkasa dan roket. Super Guppy pertama dibangun dari pesawat Boeing C-97 Stratofreighter dan pertama kali terbang tahun 1965.

4. Boeing 747-8

Setelah masuk pada layanan awal tahun 1970 dan selama lebih dari 30 dekade, Boeing 747 sudah dijuluki ‘Queen of the Skies’. Pesawat dengan total berat kosongnya 220 ton ini dilampaui oleh Airbus A380 dalam kapasitas penumpang. Sementara generasi terbaru, Boeing 747 dan 747-8 sukses mempertahankan posisinya dalam buku rekor pesawat terpanjang karena mencapai 76,3 meter.

5. Antonov An-124 Ruslan

Antonov An-124.

Photo :
  • U-Report

Pesawat berikutnya yang dirancang dan dibangun oleh Biro Desain Antonov adalah An-124 Ruslan. Ini merupakan pesawat yang dioperasikan oleh Angkatan Udara Rusia dan menjadi pesawat militer terbesar di dunia. Selama hampir 30 tahun, pesawat yang dikenalkan sejak tahun 1984 ini dikatakan sebagai pesawat kargo terbesar dan terberat di dunia.

Akan tetapi, pada tahun 2011, Boeing 747-8F menyalip dominasi dari An-124 Ruslan. Kapasitas muatan dari pesawat ini mempunyai berat 175 ton ini dengan panjang yang mencapai 68,96 meter dan lebar sayap yang mencapai 73,3 meter. Pesawat yang dipakai oleh Angkatan Udara Rusia ini dipakai untuk memindahkan kargo yang berat dan besar.

6. Boeing 747 Dreamlifter

Tahun 200-an, Boeing memerlukan pesawat kargo dengan ruang kargo yang begitu besar untuk mengangkut komponen 787 Dreamliner yang duku cadangnya telah dibuat di seluruh dunia. Dengan luas yang mencapai 65.000 kaki kubik, pesawat ini mempunyai kargo terbesar di dunia dan bisa membawa volume kargo Boeing 747-400F.

7. Boeing B-52 Stratofortress

VIVA Militer: Pesawat pembom Amerika Serikat, B-52 Stratofortress

Photo :
  • DefPost

Pesawat ini masuk layanan tahun 1955 dan jenis yang satu ini mengawali debutnya sejak tahun 1961. Pesawat ini bisa membawa 38.000 kg senjata mulai dari bom konvesional dipandu sampai hulu ledak nuklir. Angkatan Udara ingin melengkapi B-52 yang andal dengan mesin baru supaya meningkatkan efisiensi dan jangkauan.

8. Airbus Beluga XL

Beluga Airbus

Photo :
  • Instagram aviationlyf

Tentunya di atas langit masih ada langit, tentunya ini juga berlaku untuk pesawat. Dikembangkan sejak tahun 2014, ia menerbangkan operasional pertamanya tahun 2020 dengan 200 penumpang. Setelah itu, pesawat akan resmi menjadi armada raksasa Airbus. Sesudah resmi bergabung dengan armada raksasa, pesawat ini digunakan unruk memindahkan kargo ke seluruh dunia.

9. Boeing 777-9

Pesawat ini adalah sebuah pesawat komersial dengan mesin ganda terbesar dan terpanjang yang ada di dunia. Setelah mulai beroperasi, setelah beroprasi, pesawat dengan panjang 251 kaki ini akan mengangkut 425 penumpang dalam penerbangan jauh. Mesin kembar pesawat ini yaitu General Electric GE9X yang bisa menghasilkan 150.000 daya dorong dan menjadi mesin paling kuat di dunia.

10. Strolaunch

Stratolaunch Paul Allen tentunya menjadi salah satu pesawat terbesar dan terpanjang di dunia. Pesawat ini menggunakan komposit dengan enam mesin dan merupakan pesawat kembar yang mempunyai lebar sayap terpanjang di dunia yang mencapai 117 meter dari ujung ke ujung. Bila kamu menempatkan pesawat ini di lapangan sepak bola, maka akan memanjang melewati tiang gawang dengan jarak 39 meter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya