Hari Disabilitas Internasional Dirayakan dengan Mengukir Karya

Hari Disabilitas Internasional
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menjadi seorang pengrajin batik mungkin tidak akan terpikirkan oleh Trimah, salah satu wirausaha penyandang disabilitas yang membuat karya batiknya menggunakan kaki dari Minomartani, Sleman, DI Yogyakarta. 

Bawaslu Catat 12.284 TPS Pemilu 2024 Tak Punya Alat Bantu Disabilitas Netra

Trimah, yang lahir di Magelang pada 15 April 1990, dan kini juga menjadi seorang ibu bagi anaknya yang berusia 18 bulan, juga tidak menyangka rasa penasarannya dapat menuntunnya hingga hari ini. Dengan membatik menggunakan kaki, Trimah juga mendapatkan nilai kehidupan yang hingga saat ini terus ia jalankan.

"Saya mulai membatik sejak 2014, namun sudah mulai belajar sejak 2010 untuk membatik menggunakan kaki. Dengan membatik saya mendapatkan treatment untuk mengendalikan emosi dan temperamen. Saya juga bisa menghasilkan dan membantu perekonomian," ujar Trimah dalam keterangannya, Senin 6 Desember 2021. 

Hak Disabilitas, Kematian Petugas hingga Netralitas Aparat dalam Pemilu Disorot Komnas HAM

Trimah mengungkapkan banyak kegagalan yang harus dilewati, tetapi rasa penasaran mampu mengalahkan rasa menyerah yang dialami serta membangun kepercayaan dirinya. Ia juga bertekad untuk mendapatkan pendapatan untuk dirinya sendiri, sehingga dapat hidup mandiri. 

"Perasaan saya menjadi pembatik itu bangga, karena tanpa disadari saya ikut nguri-uri (melestarikan) kebudayaan Jawa. Menurut saya merawat anak dan membatik itu hampir sama, karena keduanya menggunakan hati yang tulus, lapang, juga ikhlas,” ungkap Trimah.

SOIna Dapat Dukungan 'Senjata' Baru, Atlet Disabilitas Siap Harumkan Indonesia

Hingga kini, Trimah telah mampu menghasilkan batik tulis yang ditulis menggunakan kakinya sendiri dengan brand Batik Samparan. Ia juga berkarya sebagai mitra dampingan dari Pusat Rehabilitasi Yakkum (PRY). 

Karya batik ini dikenal orang dengan metode mulut ke mulut, serta dijual melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook. Karya-karya batik tulis dari Trimah sendiri juga dapat dipesan motif dan warnanya, sehingga dapat menyesuaikan keinginan dari para pembelinya. Trimah berharap, karya yang ia ciptakan dapat menginspirasi banyak orang untuk tidak menyerah dan terus berkarya.

Kreativitas Batik Hermanto 

Perjalanan Hermanto dalam menerima dirinya menggunakan kursi roda memiliki proses yang panjang. Hermanto bercerita, dia dilahirkan dengan kondisi yang normal, namun saat usianya 18 tahun ia mengalami kecelakaan yang sempat membuatnya patah semangat dalam menjalani kehidupan. 

Akhirnya, Hermanto memutuskan untuk datang ke Yogyakarta dan menimba ilmu di Pusat Rehabilitasi Yakkum (PRY). Keputusan ini membuatnya bangkit serta merasa terlahir kembali, karena melihat semangat rekan-rekan disabilitas lain dalam pusat rehabilitasi dalam menjalani kehidupannya.

Sosok laki-laki yang lahir pada 11 Maret 1990 itu, mulai berkenalan dengan dunia menggambar ketika kecil, sebagai bekalnya dalam membuat motif batik tulis yang menuntutnya untuk berkarya lebih baik lagi. 

Memutuskan untuk menekuni batik sejak 2015, Hermanto menghasilkan karya batik tulis, serta beberapa kreasi fungsional lainnya seperti kotak tisu batik, tatakan gelas batik, sampul bantal, serta produk lainnya yang berhubungan dengan pengembangan karya batik tulis. Warna-warna yang halus dan pengerjaan batik yang teliti menjadi nilai tambah dari karya Hermanto, sehingga produknya terasa spesial.

"Yang namanya disabilitas ini sebenarnya butuh partner kerja, karena kita mengalami kesulitan dalam mengangkat barang berat, dan risikonya tinggi. Kadang saat merebus dan pewarnaan. Saat ini saat produksi sudah memiliki partner, seperti pada pembuatan kotak tisu batik, pembatikannya di tempat saya, nanti proses pembuatan kotaknya di tempat teman," ujar Hermanto.

Saat ini karya batik tulis dari Hermanto dapat diperoleh melalui rumahnya di kawasan Candi Sambisari, Purwomartani, Sleman. Untuk pemasaran dilakukan oleh Hermanto masih melalui pesanan dan mulut ke mulut. Kreasi batik tulis yang ia diciptakan dapat menjadi bukti dirinya bekerja keras dan terus berkarya, meskipun hidup dengan keterbatasan. Karena Hermanto yakin keterbatasan bukanlah hal untuk berhenti berkarya.

Karya kolaborasi perajin batik tulis difabel dengan wirausaha muda Kita Muda Kreatif

Karya batik tulis dari Trimah dan Hermanto ditampilkan dalam Gelar Karya Virtual Hari Disabilitas Internasional yang disiarkan secara live melalui YouTube Kita Muda Kreatif pada 4 Desember 2021. 

Karya mereka ditampilkan melalui busana dengan sentuhan perancang muda Rony Billiardo dengan brand Billiardo yang menampilkan seri busana wanita. Beberapa busana yang ditampilkan terinspirasi dari batik tulis Sisik Ikan hasil karya Hermanto serta lurik Jogja dengan judul Sikan Outer dan Monosikan Pants, Sikan Sackdress, serta Sikan Longdress Kutu Baru Style. 

Sedangkan kolaborasi Rony Billiardo dan Trimah dengan Batik Samparan menghasilkan karya kimono dengan judul Senja Kimono, Senja Olanye Pants, Ijemku Pants, serta Senjaku Pants. Selain menampilkan kolaborasi dari mereka bertiga, acara ini juga menampilkan karya inspiratif dari penyandang disabilitas lainnya di Indonesia. Acara tersebut juga menampilkan pasar virtual, di mana produk kreatif hasil karya para pengrajin penyandang disabilitas ditampilkan dan dijual secara online. 

"Saya sangat apresiasi sekali dengan Mas Hermanto dan Mba Trimah, dengan keterbatasannya mereka mampu berkarya khususnya untuk memberikan contoh dengan yang lain. Meskipun tidak memiliki kesempurnaan, mereka bisa berkarya dan bisa berkarya dengan mandiri," ujar desainer Poppy Dharsono yang juga Founder and President of Indonesian Entrepreneur Fashion Designer Association. 
    
"Kreativitas itu sejatinya juga harus bisa menjadi inklusif, Program Kita Muda Kreatif dari UNESCO Jakarta telah mulai mengidentifikasi kolaborasi dengan para penyandang disabilitas. Di mana kami juga sangat terinspirasi dari hasil karya dan ketekunan mereka. Kami sudah melihat potensi kuat akan terjadinya kolaborasi antara para wirausaha muda kreatif dampingan program Kita Muda Kreatif dan para penyandang disabilitas ini di tahun 2022 nanti," tambah Moe Chiba, Kepala Unit Budaya, UNESCO Jakarta. 

Sementara itu, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, Puni A. Anjungsari, mengatakan, menciptakan lingkungan yang inklusif bagi para penyandang disabilitas adalah tanggung jawab kita semua. 

"Mereka perlu memiliki kesempatan kerja agar mampu mandiri secara ekonomi, tanpa terbatasi oleh faktor apapun. Prinsip inilah yang dianut oleh Citi melalui inisiatif Diversity & Inclusion," tuturnya. 

"Oleh sebab itu, kami sangat bangga dengan program Kita Muda Kreatif yang mampu merangkul para penyandang disabilitas dan memperlihatkan karya-karya kreatif mereka. Saya berharap program serta kegiatan ini mampu menghadirkan peluang kerja bagi para penyandang disabilitas dan menjadi inspirasi bagi para wirausaha lainnya untuk menciptakan kolaborasi inklusif serupa," imbuh Puni A. Anjungsari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya