5 Tips Manajemen Waktu Saat Bekerja dari Rumah

Ilustrasi work from home (WFH).
Ilustrasi work from home (WFH).
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Manajemen waktu merupakan tantangan selama dalam kondisi waktu yang normal. Sekarang pandemi telah memperkenalkan serangkaian masalah baru, termasuk berbagi ruang kerja dengan orang penting kita dan mengelola kebutuhan pendidikan anak-anak kita dari rumah. 

Pada bulan Mei saja, 42% orang Amerika berusia 20-64 yang berpenghasilan lebih dari $20.000 per tahun bekerja dari rumah penuh waktu, menurut survei Universitas Stanford, dibandingkan dengan hanya 2% sebelum pandemi. 

Sementara kantor di seluruh dunia sudah mulai dibuka kembali, karyawan kemungkinan akan bekerja dari rumah dalam beberapa kapasitas hingga setidaknya tahun 2022. Dengan menerapkan strategi manajemen waktu ini, Anda akan dapat meningkatkan produktivitas Anda sambil tetap menjaga kewarasan dikutip dari Forbes

Temukan ruang Anda sendiri

Sekarang kita berada di dalamnya untuk jangka panjang, saatnya untuk menentukan ruang kerja Anda sendiri. Anda berhak memiliki area pribadi yang dapat dibuat sendiri. Cobalah untuk menemukan lokasi yang tenang, bebas dari gangguan dan cukup terpisah sehingga Anda dapat merasa tidak nyaman di penghujung hari.

Kelola energi Anda

Kemampuan untuk mengelola energi Anda sangat penting untuk produktivitas maksimum. Kita semua memiliki ritme internal yang berbeda. Beberapa dari kita adalah burung hantu malam, sementara yang lain adalah burung awal. Kapan Anda paling fokus dan efektif? Jika masih pagi, jadwalkan proyek besar Anda agar selaras dengan jangka waktu tersebut. Salah satu manfaat bekerja dari rumah adalah menambah fleksibilitas. Fokus pada apa yang dapat Anda kendalikan dan atur aktivitas Anda untuk memanfaatkan waktu energi tinggi dan rendah alami.