5 Tips Manajemen Waktu Saat Bekerja dari Rumah

Ilustrasi work from home (WFH).
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Manajemen waktu merupakan tantangan selama dalam kondisi waktu yang normal. Sekarang pandemi telah memperkenalkan serangkaian masalah baru, termasuk berbagi ruang kerja dengan orang penting kita dan mengelola kebutuhan pendidikan anak-anak kita dari rumah. 

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Pada bulan Mei saja, 42% orang Amerika berusia 20-64 yang berpenghasilan lebih dari $20.000 per tahun bekerja dari rumah penuh waktu, menurut survei Universitas Stanford, dibandingkan dengan hanya 2% sebelum pandemi. 

Sementara kantor di seluruh dunia sudah mulai dibuka kembali, karyawan kemungkinan akan bekerja dari rumah dalam beberapa kapasitas hingga setidaknya tahun 2022. Dengan menerapkan strategi manajemen waktu ini, Anda akan dapat meningkatkan produktivitas Anda sambil tetap menjaga kewarasan dikutip dari Forbes

DPR Beri Respons Positif soal Kinerja Menteri BUMN yang Mampu Capai Target

Temukan ruang Anda sendiri

Sekarang kita berada di dalamnya untuk jangka panjang, saatnya untuk menentukan ruang kerja Anda sendiri. Anda berhak memiliki area pribadi yang dapat dibuat sendiri. Cobalah untuk menemukan lokasi yang tenang, bebas dari gangguan dan cukup terpisah sehingga Anda dapat merasa tidak nyaman di penghujung hari.

Muncul Wabah Langka dan Mematikan di Jepang, 21 Orang Meninggal

Kelola energi Anda

Kemampuan untuk mengelola energi Anda sangat penting untuk produktivitas maksimum. Kita semua memiliki ritme internal yang berbeda. Beberapa dari kita adalah burung hantu malam, sementara yang lain adalah burung awal. Kapan Anda paling fokus dan efektif? Jika masih pagi, jadwalkan proyek besar Anda agar selaras dengan jangka waktu tersebut. Salah satu manfaat bekerja dari rumah adalah menambah fleksibilitas. Fokus pada apa yang dapat Anda kendalikan dan atur aktivitas Anda untuk memanfaatkan waktu energi tinggi dan rendah alami.

Ambil istirahat strategis

Ilustrasi WFH

Photo :
  • U-Report

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu tantangan utama bekerja dari rumah adalah jam kerja lebih banyak dari biasanya. Dan ketika Anda bekerja tanpa henti, Anda kehilangan fokus dan konsentrasi. 
Untuk mengatasi ini, pastikan Anda mengambil istirahat strategis dan menjadwalkannya di kalender Anda. Beberapa contoh termasuk bermeditasi,  bermain dengan anak-anak Anda atau hanya melamun sehingga Anda dapat mengistirahatkan pikiran. 

Berkolaborasi dengan pasangan

Anda dan pasangan sama-sama bekerja dari rumah selama pandemi. Jadi bagaimana Anda menghabiskan hari demi hari bersama tanpa membebani hubungan? Salah satu strategi manajemen waktu adalah membuat kalender bersama (seperti Google Kalender), sehingga Anda dapat melacak jadwal kerja satu sama lain. 

Tip bermanfaat lainnya: putuskan seperti apa "jam kerja" Anda dan siapa yang akan mengawasi anak-anak di berbagai titik di siang hari. Juga, tentukan area tenang yang dapat Anda kunjungi saat Anda membutuhkan privasi untuk menerima panggilan.

Tetapkan batasan yang sehat

Apakah Anda mendapati diri Anda bekerja lebih lama selama pandemi? Penelitian terbaru dari Microsoft mengatakan ya. Sebuah studi yang dilakukan oleh sekelompok ilmuwan data menemukan bahwa karyawan bekerja rata-rata empat jam lebih seminggu. 

Matikan komputer dan nonaktifkan notifikasi kerja di ponsel agar Anda dapat fokus pada waktu pribadi. Anda bahkan mungkin mempertimbangkan untuk memasukkan jam kerja Anda dalam tanda tangan email Anda sehingga klien dan kolega tahu kapan waktu yang tepat untuk menghubungi Anda.

Menjelang memasuki penghujung Tahun, Natal dan Tahun baru. Merencanakan momen kebersamaan bersama keluarga, sahabat dan orang tersayang adalah pilihan yang tepat di tengah pandemi. Sembari merencanakan momen tahunan bersama orang tercinta. 

Saat mengaur waktu, Anda membutuhkan jam yang tentunya cocok bagi keseharian Anda. PT Kami Gawi Berjaya, distributor resmi Olivia Burton kembali menyuguhkan koleksi terbaru Olivia Burton, Lucky Bee Mini Tank Collection bagi penggemar brand dan jam tangan di Indonesia. 

Koleksi terbaru ini hadir menyusul keberhasilan peluncuran Mini Tank Collection pertama yang pernah dikenakan oleh artis cantik Korea, Kim Hye Yoon pada Maret 2021 silam.  Kini, Olivia Burton merilis koleksi terbaru Mini Tank Collection dengan tampilan gold mesh dan rose gold bracelet yang makin mempercantik penampilan melalui pergelangan tangan. 

“Kami sangat excited dengan peluncuran model terbaru dari Lucky Bee Mini Tank collection. Dengan dua pilihan strap, gold mesh dan rose gold bracelet ditambah dengan dial yang dilapisi mother of pearl, semakin menambah sisi mewah di pergelangan tangan Anda. Hadirnya koleksi terbaru sebagai kelanjutan Mini Tank Collection pertama menunjukkan animo penggemar yang luar biasa pada brand Olivia Burton sebagai bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia,” kata Yuki Meliana, Brand Manager Olivia Burton Indonesia dalam keterangannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya