Kisah Transpuan Anggun Pradesha, Korban Diskriminasi Gender

Transpuan Anggun Pradesha dan Nova Eliza
Sumber :
  • Youtube/VDVC seleb

VIVA – Apa pandangan kamu tentang transpuan? Transpuan atau perempuan transgender atau wanita transgender merupakan seorang wanita yang jenis kelaminnya saat lahir adalah laki-laki. Episode Di Sudut Ruang kali ini akan membahas tentang transpuan bersama Nova Eliza. Bercerita tentang kisah Anggun Pradesha, seorang transpuan yang pernah mengalami korban diskriminasi gender.

Kisah Sukses di Usia Emas, Mom Selly dan Perjalanan Kariernya di Industri Pertambangan

Apa itu Transpuan?

Transpuan Anggun Pradesha

Photo :
  • Youtube/VDVC seleb
Mahasiswi dan IRT Jual Diri di Michat Demi Kebutuhan Hidup, Sekali Kencan Rp 200 Ribu

Menurut Anggun Pradesha, transpuan merupakan transgender perempuan yang dulunya dinamakan waria. Sebelum itu, Gubernur DKI juga pernah menamai dengan sebutan wadam, wanita adam. Dan lebih dikenal orang dengan sebutan terminologi negatif banci atau bencong. Penamaan transpuan ini merupakan suatu gerakan dari teman-teman transgender perempuan sendiri untuk menamai namanya sendiri. Menurut Anggun, selama ini nama wadam, waria, banci, dinamai oleh orang diluar trans. Ini lebih ke otoritas teman-teman transpuan sebagai yang mempunyai identitas, dan jadilah nama transgender perempuan. 

Awal Anggun Jadi Transpuan

Deretan Kisah Mistis yang Terjadi dalam Perang Dunia

Transpuan Anggun Pradesha

Photo :
  • Youtube/VDVC seleb

Anggun adalah seorang transpuan yang aktif diberbagai organisasi dan menjadi seorang pembicara. Ia pernah menjadi Badan Pengurus Organisasi Transgender Muda di Jakarta 5 tahun. Ia lalu pindah berorganisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan. Kemudian ia membuat organisasi INTAN (Inklusi Trans Perempuan) yang saat ini menuju legalitas. Tujuan Anggun membuat organisasi tersebut karena ingin membela tentang kesetaraan.  

Pernah Alami Kekerasan

Transpuan Anggun Pradesha

Photo :
  • Youtube/VDVC seleb

Rupanya ia pernah mengalami kekerasan di Bandung tahun 2010. Hal itulah yang membuatnya berhenti bekerja sebagai prostitusi. Saat itu ia ditawari 3 brondong yang ingin main dengan dirinya. Singkat cerita ada tujuan rupanya ketiga brondong tersebut. Brondong tersebut memukul kepala Anggun dan ingin merampas tas miliknya. Bahkan kepalanya sampai pecah, darah mengucur deras dari kepala Anggun akibat dipukul dari salah satu brondong tersebut. Akhirnya ada motor lewat yang menolongnya dan dibawa ke Rumah Sakit. Kepalanya dijahit hingga 18 jaitan. Meski mengalami kejadian tersebut, ia tak berani melaporkan kejadian itu.

Pesan Anggun untuk mereka yang memiliki hal serupa adalah menjadi transpuan gak harus feminim, terima diri apa adanya, jangan salahkan diri sendiri, karena transpuan adalah bagian dari manusia juga yang tetap menjalani hidup. Bergabunglah dengan banyak organisasi untuk support sistem. 

Masih ada keseruan dan cerita yang belum terungkap dari sosok Anggun Pradesha lho. Yuk tonton Di Sudut Ruang bersama Nova Eliza di kanal youtube VDVC seleb. Jangan lupa subscribe channelnya, like, komen, dan share konten ini ya. Tunggu keseruan kisah lainnya hanya di VDVC seleb.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya