Yuk, Belajar Bahasa Korea Bareng BTS

Ilustrasi belajar dari rumah
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Bahasa Korea menjadi semakin diminati setelah banyaknya karya-karya seni berupa lagu dan serial yang populer di Tanah Air. Terlebih, salah satu grup paling disukai, BTS, juga sudah mendunia yang membuat warga dunia ingin mempelajari bahasa Korea.

Fokus Kejar Target Sebelum Masa Tugas Berakhir

Sejalan dengan gelombang kepopuleran budaya Korea (hallyu) yang menyebar luas di banyak negara, termasuk Indonesia, minat pembelajaran terhadap Bahasa Korea semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Aplikasi bahasa Duolingo memiliki lebih dari 7,9 juta pengguna aktif yang mempelajari bahasa Korea melalui aplikasi. 

Bahasa Korea pun menjadi bahasa dengan pertumbuhan jumlah murid tercepat setelah Bahasa Hindi. Program studi Bahasa dan Kebudayaan Korea di Universitas Indonesia ikut mencatatkan lonjakan minat para pelajarnya, hingga menjadi program bahasa kedua yang paling diminati setelah Sastra Inggris. 

Dear Mom, Ini Pentingnya Memperkenalkan Emosi pada Anak

Meski bahasa Korea terbilang cukup sulit, namun apa jadinya jika kalian diajarinya dengan grup kesayangan, BTS? Pastinya makin semangat, bukan? Nah, program belajar bahasa Korea dengan BTS ini diluncurkan Zenius melalui materi dari buku "Learn! KOREAN with BTS”, yang merupakan buku belajar bahasa Korea yang dikembangkan langsung oleh HYBE EDU, bagian dari HYBE Corp, manajemen dari grup K-pop BTS. Seperti apa ya?

"Melihat minat terhadap Bahasa Korea yang semakin meningkat, Zenius ingin memberikan wadah untuk model pembelajaran yang efektif namun menyenangkan bagi siapapun. Oleh karena itu, semua orang - terlepas dari batasan usia - bisa ikut bergabung dalam program ini, asal mereka sudah cukup familiar dengan film, lagu, dan bahasa Korea standar," tutur Chief Executive Officer Zenius, Rohan Monga, dalam keterangan persnya.

Ketua KPU Buka Suara soal Isu Aplikasi Sirekap Terafiliasi dengan Alibaba

Program yang hadir di platform Zenius Live ini meliputi live class yang dibina langsung oleh tutor lokal dan native speaker dari Korea Selatan.  Program “Zenius Live: Learn! KOREAN with BTS” dirancang untuk membentuk sesi pelatihan yang interaktif dan bersifat dua-arah. Desain kurikulumnya memberikan kesempatan bagi penggemar untuk belajar Hangeul dasar, serta budaya korea dengan mendengar dan meniru ungkapan sehari-hari yang sering dipakai anggota BTS. 

Misalnya, selain mendapatkan buku materi pembelajaran utama, pengguna juga akan mendapatkan ‘MotiPen’, yaitu sebuah pen elektronik yang bisa berbicara, agar mereka terbantu dalam berlatih pengucapan melalui audio yang disuarakan langsung oleh ketujuh member BTS favorit dan native speaker profesional. Set buku “Learn! Korean with BTS” juga dilengkapi dengan dua stiker keyboard Hangul. 

“Dalam proses belajar bahasa, sangat penting untuk konsisten berlatih dan membiasakan diri untuk terus terpapar pada materi. Untuk itu, paket belajar Zenius Live dirancang semenarik mungkin melalui pengalaman belajar bersama native speaker dan tutor lokal, serta pengalaman belajar mandiri yang didukung oleh buku materi dan MotiPen untuk menambah semangat dan motivasi pengguna dalam berlatih,” tambah Rohan. 

Paket bundle book dan live class terdiri dari 4 set buku Learn! Korean with BTS dan 1 batch live class di Zenius Live. Setiap 1 batch live class akan berlangsung selama 6 minggu dengan total 24 jam pelajaran untuk membahas 1 buku secara penuh. Seluruh materi live class juga akan direkam agar dapat diakses ulang oleh pengguna. 

“Nantinya, di akhir program, diharapkan para siswa sudah bisa berbicara, mendengarkan, menulis, serta mempelajari sebagian kosa kata dan ekspresi Korea yang umum digunakan sehari-hari,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya