6 Misteri Candi Borobudur yang Masih Belum Terungkap, No 6 Memang Aneh

Candi Borobudur
Sumber :
  • http://e-knowledge99.blogspot.com

VIVA – Candi Borobudur merupakan salah satu bangunan paling bersejarah di Tanah Air. Terdapat banyak sejarah dibalik kemegahan yang dimiliki Candi Borobudur. Bahkan, Borobudur menjadi Candi Buddha yang terbesar di dunia. Dibalik kemegahan yang dimiliki oleh Candi Borobudur, nyatanya masih menyimpan berbagai misteri yang masih belum bisa terungkap. Diketahui, Candi Borobudur pertama kali ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles tahun 1814, salah seorang gubernur jenderal Inggris yang kala itu memerintah di Jawa.

Mengungkap Misteri Kelahiran Damien dalam Film The First Omen

Diperkirakan Candi Borobudur dibangun selama 100 tahun. Sampai saat ini, bagaimana candi tersebut dibangun juga masih belum dapat dijelaskan dengan pasti. Akan tetapi, menurut penelitian arkeolog, mulanya candi ini mempunyai 1 stupa raksasa di tengahnya. Lantaran khawatir runtuh karena tekanan yang terlalu berat, maka stupa tersebut kemudian diubah menjadi 1 stupa berukuran besar dengan 3 tingkat stupa kecil di sekitarnya. Menyadur dari berbagai sumber, berikut adalah ulasan mengenai misteri Candi Borobudur yang masih belum terungkap.

Lantas, Apa Saja Misteri Candi Borobudur yang Masih Belum Terungkap?

Misteri Terpecahkan Setelah Penyelam Guernsey Menemukan U-boat Jerman yang hilang

1. Danau Purba Candi Borobudur

Candi Borobudur di Indonesia

Photo :
  • allwomenstalk.com
Sederet Fakta Tentang Misteri Menghilangnya Kate Middleton

Menurut kabar yang beredar, tempat yang saat ini dibangun menjadi Candi Borobudur merupakan wilayah bekas danau purba. Hal ini menurut penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa jenjang S3 Departemen Geografi, Universitas Gadjah Mada, Helmy Murwanto. Ia mengatakan bahwa danau purba tersebut sudah berusia 10 ribu tahun. Ia memperkirakan bahwa danau itu terbentuk saat zaman pleistosen.

Danau purba tersebut, kata Helmy, hilang karena mengalami pendangkalan secara alamiah dan intervensi manusia. Hasil penelitiannya, ia menerangkan bahwa pendangkalan tersebut dapat diteliti dari material penutup endapan danau berbentuk hasil aktivitas vulkanis, gerakan massa tanah dan batuan, serta tektonis.

2. Relief Tersembunyi

Relief Tersembunyi

Photo :
  • U-Report

Terdapat sebuah relief yang tersembunyi di kaki candi yang dikenal dengan sebutan Karmawibhangga. Relief tersebut melukiskan adegan kriminal yang cukup sensitif, mulai dari pemerkosaan, pembunuhan, sampai aktivitas kekerasan yang lain. Tak ada yang tahu menahu mengenai relief tersebut disembunyikan.

3. Jam Raksasa

Candi Borobudur.

Photo :
  • U-Report

Bukan hanya sebagai tempat beribadah, candi ini juga mempunyai misteri mengenai jam raksasa. Borobudur mempunyai 72 stupa dengan bentuk lonceng terbalik. Stupa utama berada di tengah yang berfungsi untuk jarum jam, kemudian stupa kecil di sekelilingnya adalah penanda. Sinar matahari akan menciptakan bayangan stupa besar dan melewati stupa di bawahnya, tapi belum diketahui secara pasti cara untuk membaca waktu di jam raksasa tersebut.

4. Mitos Kunto Bimo

Candi Borobudur

Photo :
  • http://e-knowledge99.blogspot.com

Bila diperhatikan, Candi Borobudur ada sejumlah stupa berlubang yang di dalamnya ada arca Kunto Bimo dengan bentuk Dharmachakra. Mitos yang beredar bila menyentuh patung tersebut lewat lubang stupa, maka seluruh keinginannya akan tercapai. Bagi pria, disarankan menyentuh jari kelingking, dan wanita disarankan menyentuh jari kaki.

5. Ukiran UFO

Candi Borobudur

Photo :
  • U-Report

Salah satu peninggalan purbakala yang memiliki relief melukiskan penampakan UFO atau piring terbang adalah Candi Borobudur. Akan tetapi, belum bisa dipastikan mengapa dibuat pola seperti itu. Mungkin saja itu adalah simbol UFO atau bisa juga simbol yang lain. Sejumlah ahli mengatakan bahwa piring terbang tersebut menjadi simbol dari 7 permata kerajaan dalam kosmologi Buddha.

6. Singa Urung

Candi Borobudur, Magelang.

Photo :
  • U-Report

Patung dengan bentuk singa tersebut terletak di sebelah kiri dan kanan tangga saat masuk ke area candi. Dalam bahasa Jawa, singa urung adalah harimau gagal dan mempunyai mitos cukup seram. Kabarnya, bila pengunjung yang akan menaiki patung dan berkata kasar, maka ia akan didatangi singa dan kerap dihantui dalam mimpi. Bahkan, bila sepasang kekasih mendekatinya maka akan putus atau gagal menikah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya