Kantor Konsep ABW, Karyawan Lebih Produktif Bebas Pilih Tempat Kerja

Ilustrasi kerja.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Mengusung nama Danone Space Jakarta, kantor baru Danone Indonesia dirancang dengan mengusung konsep smart office dan hadir sebagai lingkungan kerja yang sehat, nyaman, dan aman.

Ratusan Karyawan PT PRLI Demo Lagi, Minta MA Lakukan Penggantian Majelis Hakim

Kantor ini juga dirancang dengan mengedepankan nilai sustainability melalui penggunaan material daur ulang untuk beberapa fasilitasnya serta penyediaan fasilitas pengelolaan sampah yang mumpuni, sesuai dengan visi mereka One Planet.

Selain itu, untuk mewujudkan visi One Health, Danone Indonesia berkomitmen menghadirkan hidrasi dan nutrisi yang baik bagi karyawannya disertai dengan fasilitas kantor yang mendukung gaya hidup aktif seperti: penyediaan tangga internal untuk mendorong karyawan lebih aktif bergerak serta meja kerja yang dilengkapi dengan alat olah fisik seperti walking pad.

Wanita Tewas Bersimbah Darah di Ruko, Karyawan: Korban Tinggal Bersama Pacarnya

Dalam membangun kantor pusat barunya ini, Danone Indonesia juga menerapkan Activity-Based Working (ABW) sebagai new way of working yang dirancang untuk membantu karyawan menjadi kapten dalam lingkungan kerjanya - leluasa dalam memilih tempat kerja yang dapat meningkatkan produktivitas, kolaborasi, dan inovasi sehingga pada akhirnya dapat tercipta budaya kinerja tinggi (high-performing culture) dalam perusahaan.

High-performance culture banyak diterapkan perusahaan saat ini karena dapat membantu perusahaan dan karyawan untuk menghasilkan performa kinerja yang maksimal. Diperlukan struktur organisasi yang lebih horizontal (tidak hierarkis) untuk mendorong terciptanya inovasi dan kolaborasi. Perusahaan pun perlu menyediakan tempat kerja yang dibangun menggunakan mindset yang mengarah pada masa depan, yaitu yang mempertimbangkan kebutuhan karyawan yang beragam dan terus berkembang," ujar People Development Practitioner Dwi Sutarjantono dalam keterangan yang diterima VIVA.

Digosipkan Mualaf, Celine Evangelista Berangkatkan Umrah Karyawannya Secara Gratis

Menurut data Sensus Penduduk 2020 dari BPS, mayoritas penduduk Indonesia adalah generasi Z dan milenial yang sebagian di antaranya telah menjadi bagian dari kelompok pekerja dan sebagian lainnya tengah mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. Beberapa tahun ke depan, merekalah yang akan mendominasi kelompok pekerja di Indonesia. 

Keduanya diyakini memiliki mindset dan style bekerja yang lebih terbuka dan gesit. Karenanya, Dwi menyarankan kepada para pekerja untuk terus mendorong diri menjadi karyawan yang lebih kreatif, produktif, inovatif serta mengedepankan kerja sama tim atau kolaborasi dalam memecahkan masalah, agar sukses dalam menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif. 

Demi mendukung karyawan mengasah potensi dan kreativitasnya dalam berinovasi serta menciptakan konektivitas dan kolaborasi, area kerja kantor pusat baru memiliki format semi open-space dan dilengkapi dengan teknologi terkini untuk memberikan karyawan keleluasaan dalam memilih area kerja sesuai dengan kebutuhan produktivitasnya.

Konsep ABW merupakan perpaduan antara open space dan focus space. Konsep ini dirancang untuk membantu setiap individu untuk lebih fokus terhadap hasil, baik saat mereka ingin berkolaborasi, membuat keputusan berbasis data, melakukan virtual sharing, atau pun saat membutuhkan tempat tenang untuk bisa fokus bekerja.

“Untuk dapat berkontribusi secara aktif dalam mewujudkan kehidupan yang lebih sehat bagi masyarakat, Danone Indonesia percaya bahwa penguatan semangat ini perlu dimulai dari lingkungan internal khususnya kantor sebagai lingkungan tempat bekerja yang merupakan ‘rumah kedua’ bagi karyawannya,” ujar Corporate Communications Director Danone Indonesia Arif Mujahidin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya