11 Tips Traveling untuk Pemula Supaya Tidak Mengecewakan

Ilustrasi Liburan.
Sumber :

VIVA – Tips traveling merupakan sesuatu yang wajib diketahui oleh semua orang terutama saat ini menjelang libur Natal dan Tahun Tahun baru 2022. Liburan dan perjalanan yang luar biasa merupakan perjalanan yang sudah dipersiapkan secara matang. Selain menyenangkan, traveling juga memiliki berbagai manfaat, mulai dari menambah wawasan, menambah teman, dan tentunya akan membuat pikiran menjadi semakin fresh.

Homestay di 21 Desa Wisata Sudah Disuntik SMF Rp 13,5 Miliar

Untuk orang yang sudah terbiasa melakukan traveling, tentunya tidak akan bingung dengan apa saja yang harus dipersiapkan. Akan tetapi, untuk kamu yang baru ingin memulai, tentu saja akan ada kebingungan, terlebih bila berliburnya sendirian. Banyak dari pemula yang melakukan traveling tidak menyenangkan dan malah memberikan dampak negatif untuk tubuh seperti kecapean. Menyadur dari berbagai sumber, berikut adalah ulasan mengenai tips traveling.

Lantas, Apa Saja Tips Traveling?

5 Tips Untuk Para Ibu Dalam Mengelola Keuangan Keluarga Supaya Tepat dan Efektif

1. Tentukan Destinasi Wisata

Tempat wisata tertinggi dunia.

Photo :
  • U-Report
Tips Olahraga yang Aman dan Efektif Saat Berpuasa

Sepanjang kasus Covid-19 belum memperlihatkan angka penurunan yang pasti. Akan lebih baik bila memilih tempat wisata atau daerah liburan yang tidak terlalu terdampak Covid-19 atau masih zona hijau. Traveling atau liburan di tempat wisata yang masih berada dalam zona hijau bisa menurunkan risiko kamu beserta keluarga untuk terpapar Covid-19.

2. Siapkan Persyaratan

Ganti paspor lama menjadi e-Paspor

Photo :
  • U-Report

Sesudah kamu mengetahui destinasi wisata yang tepat, contohnya adalah tempat yang berada di luar negeri. Tentu saja kamu mesti mempersiapkan syarat khusus, mulai dari pembuatan visa serta pembuatan paspor.

3. Ketahui Harga Transport dan Penginapan

Ilustrasi Pesawat Batik Air.

Photo :
  • VIVAnews/Sherly

Saat ini apa pun yang kita lakukan sudah dipermudah dengan kehadiran teknologi. Jadi, kamu tidak perlu susah atau kebingungan dalam mencari informasi mengenai harga transportasi ke destinasi wisata tujuan. Kamu hanya perlu membuka beberapa aplikasi pesan tiket secara online. Dalam aplikasi tersebut, kamu sudah bisa memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan selama berangkat dan pergi.

4. Buat Jadwal Perjalanan

Ilustrasi liburan

Photo :
  • UNIQLO

Tahukah kamu bahwa dengan membuat jadwal, traveling kamu akan jauh lebih mudah dan juga teratur, apalagi jika traveling dilakukan secara sendirian. Kamu diharuskan untuk membuat rute perjalanan yang akan dilaksanakan selama berada di tempat liburan.

5. Catat Nomor Penting

Ilustrasi nomor telepon.

Photo :
  • U-Report

Tips traveling berikutnya adalah dengan mengetahui berbagai nomor penting saat kamu berada di tempat wisata tujuan. Mulai dari nomor polisi, nomor rumah sakit atau kesehatan, dan lain sebagainya. Kamu dapat mencari informasi tersebut melalui Google. Selain itu, pastikan juga bahwa sebelum berangkat ke tempat wisata, nomor telepon tersebut harus dapat dihubungi.

6. Cari Tahu Informasi Dasar Tentang Daerah Tujuan

Ilustrasi Liburan.

Photo :

Layaknya orang asing, kamu tentu dianjurkan untuk mempelajari bahasa, kebudayaan, dan juga kebiasaan mereka dalam menyambut orang baru. Hal ini tentu saja akan mempermudah kamu dalam bergaul dengan masyarakat sekitar. Setidaknya kamu dapat berkomunikasi dengan masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut, sejarah, atau apa saja yang berhubungan dengan lokasi tempat kamu berwisata.

7. Siapkan Barang Bawaan

Tips Liburan Hemat dengan Budget Minimal Tanpa Menguras Dompet

Photo :
  • U-Report

Jangan lupa untuk membawa barang bawaan seperlunya saja. Sebab, tujuan kamu hanyalah untuk berlibur bukan untuk pindah rumah. Selain itu, pastikan juga bahwa barang bawaan kamu telah sesuai dengan apa yang akan kamu butuhkan di destinasi wisata.

8. Bawa Alat Komunikasi

Ilustrasi seorang menelepon di pesawat

Photo :
  • telegraph.co.uk

Alat komunikasi merupakan salah satu tips traveling yang sangat penting. Jadi, pastikan kamu tidak menanggalkan atau melupakan alat komunikasi, contohnya adalah ponsel. Sebab, kamu pasti akan membutuhkan barang tersebut bila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

9. Siapkan Alat Pembayaran

Kartu Kredit BRI

Photo :
  • Humas BRI

Sebelum kamu pergi ke tempat wisata, kamu harus memastikan memiliki alat pembayaran yang telah dipersiapkan. Meski kamu telah mempunyai kartu kredit sekalipun. Jika ini merupakan awal dari perjalanan kamu, bisa saja kamu pertama kali menginjakkan kaki untuk makan yang mana tempat tersebut tidak dapat memakai sistem pembayaran debit.

10. Datang Pagi atau Siang Hari

Daftar wisata terhits dan populer di pulau bali berdasarkan pengalaman pribadi selama liburan 2 pekan di pulau dewata.

Photo :
  • vstory

Supaya kamu tidak merasa kebingungan, usahakan untuk datang di tempat wisata pada pagi hari atau siang hari. Sebab, pada jam tersebut masih banyak jasa atau orang yang hendak membantu kamu. berbeda apabila kamu sampai di tempat wisata pada jam 2 pagi, maka kamu harus menunggu di bandara atau terminal sampai pagi. Apabila pada jam tersebut tidak menemukan alat transportasi.

11. Kurangi Pemakaian Gadget

Ilustrasi bermain ponsel.

Photo :
  • U-Report

Tips traveling yang terakhir adalah dengan mengurangi penggunaan gadget atau ponsel. Waktu liburan kamu tentunya sangat berharga, jadi pastikan setiap detiknya kamu manfaatkan untuk menjelajahi tempat wisata yang unik dan menarik. Nikmati juga bersama dengan orang-orang yang berada di sekeliling kamu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya