9 Tips Sabar dan Ikhlas Supaya Tidak Cepat Marah Serta Hidup Tenang

Ilustrasi bersabar, tangan
Sumber :
  • Pixabay/ Jackson David

VIVA – Tips sabar dan ikhlas memang mudah untuk diucapkan, tapi sangat sulit untuk dilaksanakan dalam kehidupan yang nyata. Saat cobaan dan masalah datang bergantian, terkadang hati tidak sanggup untuk bisa menahannya. Bahkan, tidak jarang kamu terlarut dalam emosi, marah sampai menyudutkan orang lain dan menyalahkan takdir. Sebetulnya sifat ini tidaklah benar dan tidak dianjurkan.

Cari Suami Idaman? 4 Zodiak Ini Bisa Jadi Pilihan Tepat

Ketika kamu menuruti hawa nafsu, tidak sabar, dan mudah marah, tentu akan merugikan diri sendiri. Selain itu, kamu juga dapat merusak hubungan dengan orang lain. Maka dari itu, kamu wajib untuk mengetahui dan mempraktikkan sejumlah tips sabar dan ikhlas dalam berbagai hal. Dengan demikian, diharapkan kamu akan menjadi orang yang lebih baik. Menyadur dari berbagai sumber, berikut adalah ulasan mengenai tips sabar dan ikhlas.

Lantas, Apa Saja Tips Sabar dan Ikhlas?
1. Lakukan relaksasi

4 Pasangan Zodiak Ini Dianggap Cocok Untuk Cinta Abadi, Siapa Saja Mereka?

Ilustrasi meditasi di rumah

Photo :
  • vstory

Tidak mudah untuk dapat sabar dalam menghadapi beberapa karakter orang. Tak jarang juga ekspektasi kita tidak dapat terpenuhi, bahkan di dalam hal-hal sederhana sekalipun. Hal ini tentu saja akan membuat kita tidak sabar dan cara yang paling sederhana untuk menghadapinya adalah dengan menarik napas secara dalam.

Gak Cocok dengan Rizky Irmansyah, Begini Pasangan Ideal Buat Nikita Mirzani Menurut Dinar Candy

Hal ini merupakan salah satu cara untuk melakukan relaksasi yang paling sederhana. Kamu cukup menarik napas dan membuangnya secara perlahan. Lakukan rangkaian tersebut selama tiga sampai empat detik dan buat jeda sebelum mengambil napas selanjutnya.

2. Lihat permasalahan dalam berbagai sisi

8 Masalah Kesehatan Akibat Sifat Pemarah

Photo :
  • U-Report

Kadang-kadang kamu akan mendapatkan ketidakpastian dari orang lain. Ketika melamar pekerjaan, contohnya. Sesudah menunggu lebih dari seminggu untuk mendapatkan jawaban balik dari perusahaan, mungkin saja kamu menjadi orang yang tidak sabar untuk segera mengetahui hasil dari wawancara.

Akan tetapi, sebelum menyimpulkan bahwa perusahaan tersebut menolak, ada baiknya untuk melihat terlebih dahulu dari berbagai sisi. Umumnya, panggilan belum diterima karena orang yang menentukannya tengah berada di luar kota, atau pelamarnya sangat banyak, sehingga membutuhkan waktu yang lama.

3. Menerima ketidaknyamanan dengan terbuka

Ilustrasi Tidak Nyaman

Photo :
  • Tidak Nyaman

Untuk menguji kesabaran, macet contohnya, tidak banyak yang dapat dilakukan untuk mengubahnya. Jadi, ketimbang kamu menekan klakson beberapa kali berharap kendaraan depan dapat maju, lebih baik menerima dan menunggu dengan tenang. Sebab, kamu dan orang lain sudah telanjur terjebak macet.

4. Ganti kata ‘tidak’ dengan ‘belum’

Ilustrasi kurang sabar.

Photo :
  • U-Report

Walaupun terdengar sederhana, tapi kata tidak dan belum dapat mengubah cara pandang kita ketika menghadapi sebuah hal dan membuat kamu menjadi semakin sabar. Bahkan, ini juga akan menjadi sugesti positif untuk diri kita.

Pikirkan bahwa saat ini kamu bukan tidak berhasil namun belum berhasil. Bukan tidak sampai pada tujuan, tapi belum sampai pada tujuan. Bukan tidak menemukan pasangan yang cocok, tapi belum menemukan pasangan yang cocok.

5. Mengalihkan perasaan frustrasi

Ilustrasi pekerja yang frustasi

Photo :
  • U-Report

Saat kamu terpaksa untuk menghadiri rapat dan mesti menunggu pengundang untuk tiba di lokasi, tentu saja kamu akan merasa dongkol. Mengeluh dan marah pada situasi tersebut memang sangat manusiawi, tapi tidak akan memperbaiki situasi.

Sehingga sambil menunggu, akan lebih baik bila mengalihkan perhatian dan waktu dengan mengerjakan hal lain yang lebih berguna. Balaslah email pekerjaan lain yang belum sempat kamu balas dan lanjutkan untuk mengetik pekerjaan sambil menunggu.

6. Tidur yang cukup

Ilustrasi menguap, mengantuk, bangun tidur

Photo :
  • Pixabay/ victoria_borodinova

Kurang tidur akan membuat kamu menjadi mudah marah, tidak sabar, dan tegang. Maka dari itu, supaya hati dan pikiran kamu menjadi lebih tenang dan sabar, pastikan waktu istirahatnya terpenuhi. Untuk bisa memperoleh tidur yang cukup, dianjurkan untuk menghindari pemakaian ponsel selama 30 menit sebelum tidur dan batasi konsumsi kafein.

7. Jangan hanya diam

Bujangan berdiam sendiri.

Photo :
  • U-Report

Menunggu dalam diam dapat membuat waktu berjalan menjadi semakin lambat. Jadi, ketika kamu sedang menunggu teman yang akan datang ketika janjian, kamu dapat melaksanakan peregangan ringan atau bisa juga berjalan-jalan menikmati keindahan sekitar.

8. Jangan terburu-buru

Ilustrasi pebisnis yang buruk.

Photo :
  • U-Report

Dalam dunia yang serba cepat seperti saat ini, kita seringkali mempunyai ekspektasi bahwa seluruhnya mesti bergerak dalam irama yang sesuai dengan keinginan. Sehingga ketika sesuatu berjalan lebih lambat dari seharusnya yang membuat kamu menjadi tidak sabaran.

Walau kecepatan kadang menguntungkan, tapi tak ada salahnya untuk sesekali mulai menekan hidup kita dan melakukan berbagai hal secara perlahan untuk membantu tubuh mengisi energi. Mulai dengan sesuatu yang sederhana, contohnya sisihkan waktu 5-10 menit untuk tetap berada di kasur setelah bangun tidur.

9. Banyak Bersyukur

Ilustrasi tidak bersyukur dalam hidup.

Photo :
  • vstory

Bersyukur merupakan sebuah hal yang paling sulit untuk dilakukan dalam hidup. Akan tetapi, ketika sudah mulai bersyukur, yakinlah hidup akan lebih ringan termasuk dalam hal kesabaran. Ketika berada dalam sebuah kesulitan, coba untuk selalu bersabar dan bersyukur.

Memang, hal ini tidak dapat membantu menyelesaikan masalah, tapi sedikitnya kamu bisa lebih tenang. Hal ini tentu saja dilakukan untuk kebaikan diri sendiri. Karena, melatih kesarabaran dapat mengurangi risiko seseorang terkena depresi di kemudian hari.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya